Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia atau biasa di sebut STIMLOG adalah konsentrasi Logistik dan Rantai Suplai Logistik Universitas STRATA-1 (S-1) di Indonesia, didirikan oleh Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (YPBPI).

    Berdasarkan pemikiran strategis, diyakini bahwa sistem logistik nasional yang efektif dan efisien dapat mengintegrasikan daratan dan laut menjadi satu kesatuan yang berdaulat. 

    Harapannya menjadikan Indonesia "sisi pasokan" yang mampu memberi makan dunia dengan kekayaan sumber daya alam dan produk industri olahannya, dan menjadi pasar besar atau "sisi permintaan" dalam rantai pasokan global, karena populasinya yang besar.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Namun kenyataannya, kinerja sistem logistik nasional saat ini masih belum optimal. Ini terbukti dari studi yang diterbitkan oleh Indeks Kinerja Logistik Bank Dunia 2010 (Logistik Kinerja Indeks).

    Indonesia berada di peringkat ke-75 dari 155,55 responden survei dan hasil dari beberapa negara ASEAN, Singapura (ke-2), Malaysia (ke-29), Thailand (ke-35) dan bahkan Filipina (ke-44).) Dan Vietnam (2.) 53). 

    Alasan buruknya kinerja logistik nasional adalah a) rendahnya pasokan infrastruktur baik dari segi kuantitatif maupun kualitatif, b) biaya tidak resmi dan biaya transaksi, yang menyebabkan biaya tinggi, c) layanan ekspor-impor yang tinggi d) Kapasitas dan layanan jaringan penyedia layanan logistik nasional masih terbatas, dan e) kompetensi logistik nasional dari departemen SDM tetap lemah. 

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pelita Nusantara

    Pada saat yang sama, Indonesia perlu mempersiapkan integrasi layanan logistik ASEAN pada 2013 dalam kerangka Pasar Internal ASEAN pada 2015 dan integrasi pasar dunia.

    Mengetahui keadaan di atas, PT Pos Indonesia (Persero) - Dr. Ing. , Psi., MM. (Ketua); Djoko Setia Budiantoro, SE, Ak., MM (Sekretaris); Husen, SE. yang kemudian oleh Hasanuddin, SE, Ak. telah diganti. (Bendahara) untuk mendirikan College of Logistics.

    Berikut Visi dan Misi Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia :

    Visi

    Pada tahun 2030, menjadi universitas terkemuka dan terkenal di bidang pendidikan, penelitian dan layanan kota dalam manajemen logistik dan transportasi dalam rantai pasokan global terpadu.

    Misi

    Sangat berkontribusi pada pengembangan ilmu logistik dan transportasi dalam rantai pasokan terpadu untuk kebaikan masyarakat melalui pendidikan, penelitian, dan kegiatan masyarakat, sangat inovatif dan berkualitas tinggi, disesuaikan dengan perubahan global dan tantangan lokal.

    Berikut Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia :

    Program Studi

    Strata

    No. SK

    Tahun SK

    Peringkat

    Tanggal Daluarsa

    Manajemen Transportasi

    S1

    4977/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2017

    2017

    B

    2022-12-27

    Manajemen Logistik

    S1

    4978/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2017

    2017

    B

    2022-12-27

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Pada 30 November 2012, proyek dikirim ke Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan surat pengantar yang ditandatangani oleh Menteri Koordinasi Ekonomi Hatta Rajasa. Pada 23 Maret 2013, Djoko Santoso, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, menanggapi surat itu, yang menyatakan: "Mengakui dan mengklarifikasi bahwa logistik adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan bahwa itu bisa menjadi program studi dalam Ilmu keluarga terapan (6 Keluarga dalam UU No. 12 tahun 2012) ".

    Menurut Deklarasi Undang-Undang 12/2012, keluarga ilmu terapan mengacu pada keluarga ilmu pengetahuan dan teknologi yang menyelidiki dan meneliti penerapan ilmu pengetahuan untuk kehidupan manusia, termasuk pertanian. 

    Arsitektur dan Perencanaan, Perdagangan, Pendidikan, Teknik, Kehutanan dan Lingkungan, Keluarga dan Konsumen, Kesehatan, Olahraga, Jurnalisme, Media dan Komunikasi Massa, Hukum, Perpustakaan dan Museum, Angkatan Darat, Administrasi Publik, Layanan Sosial Pekerja dan Transportasi.(Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia
    Sangat Suka

    66%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    33%

    Komentar