Akreditasi Jurusan Kampus Akademi Industri Tekstil Bandung

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Jurusan  adalah bawahan dari sebuah fakultas yang dimana kita ambil diawal perkuliahan. Disetiap jurusan sudah tentu pastinya memiliki mata kuliah yang berbeda – beda, walaupun nantinya kamu berada dalam satu fakultas, dan pada kenyataannya mata kuliah yang kan dijalani itu akan berbeda atau tidak sama. Disetiap kampus pada umumnya sudah wajib memiliki sebuah akreditasi.

    Apa itu akreditasi?? Akreditasi merupakan suatu pengakuan formal yang diberikan oleh Badan Akreditasi yang ditujukan kepada kompetensi sebuah lembaga atau organisasi. Biasanya badan pemerintahan yang memberi pengakuan formal tersebut kepada setiap kampus – kampus yang ada diindonesia adalah BAN – PT.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    BAN – PT  satu-satunya badan pemeriksa akreditasi sebuah lembaga yang mendapatkan tanggung jawab dari Kementerian Pendidikan, kementrian penelitian, dan kementrian teknologi Republik Indonesia yang bertujuan untuk  menaikkan  nilai  pendidikan yang  tinggi, mengadaptasikan serta menyebarluaskan  pola pikiran yang  baru di dalam tata cara pengggerakan  pendidikan tinggi, dan meningkatkan keterkaitan pendidikan tersebut, lapisan  akademik, pengelolaan suatu lembaga, keberhasilan  dan keberlanjutan pendidikan tersebut.

    Akreditasi yang telah disepakati itu akan diperbaharui setiap 5 tahun sekali oleh perguruan tinggi. Apakah penting sebuah akreditasi itu?? Penting, karena dengan akreditasi kita bisa menilai dan menggambarkan sebuah  kampus atau perguruan tinggi  dari kurikulum setiap rangkaian instruksi  pendidikannya, keadaan mahasiswa, sarana dan prasarana pendidikan, koordinasi pelaksanaan pendidikan, jumlah berapa banyak dosen atau tenaga pengajarnya, dan kesiapan atau tidaknya administrasi akademik tersebut, pendanaan, seluruh aktivis yang ada disitu, dan keluarga  dari perguruan tinggi tersebut.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Teknologi Indonesia Tanjung Pinang

    Gunanya akreditasi bagi kampus – kampus yaitu, Karena sebuah akreditasi dapat  menjamin bahwa lembaga perguruan tingginya  telah memenuhi standart mutu yang ditetapkan oleh BAN – PT atau belum, hasil akreditasi dapat berguna  untuk dasar pertimbangan dalam transfer diperguruan tinggi yang bermanfaat untuk pemberian bantuan dan alokasi dana, serta memberi masukkan dan dorongan  kepada perguruan tinggi agar untuk terus – menerus melakukan perbaikan. Sangat banyak kampus – kampus yang ada diindonesia, salah satunya seperti Kampus Jurusan  Akademi Industri Tekstil Bandung.

    Kampus ini merupakan kampus yang favorit calon mahasiswa baru didaerah Jawa Barat. Setiap tahunnya kampus ini selalu ramai dipadati oleh calon mahasiswa baru. Untuk informasi umum, kampus Akademi Industri Tekstil Bandung berdiri pada tanggal 11 Juli 1997 No SK  38DO1997 ber - Akreditasi B. Lokasi kampus ini berada di Jalan Wartawan II no. 15 Bandung 40264 Jawa Barat, Indonesia.

    Adapun total jumlah mahasiswa saat ini sekitar 174, dengan total jumlah dosen sebanyak 11. Dengan tenaga pengajar profesional, Akademi Industri Tekstil Bandung mampu menjadikan lulusan memiliki skill dan pengetahuan yang cukup luas. Selain itu, kampus telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana pembelajar yang memadai, sehingga memungkinkan mahasiswa dapat fokus belajar demi menggapai asa. Kampus ini berperingkat 1.651 dari 4.931 kampus. Beban studi Mahasiswa Akademi Industri Tekstil Bandung (AITB) adalah 120 sks yang dapat diselesaikan dalam waktu 6 (enam) semester dan mendapat gelar Ahli Madya Tekstil (A.Md, Teks.,). Berikut adalah daftar jurusan yang telah ter - akreditasi di Akademi Industri Tekstil Bandung :

    1. Jurusan Teknologi Industri Tekstil, Akreditasi B, status masih berlaku. (D - III)
    2.  Jurusan Teknologi Kimia Tekstil, Akreditasi B, status masih berlaku. (D - III)

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Mata Kuliah unggulan dikampus Akademi Industri Tekstil Bandung :

    1. Bahasa Mandarin
    2. Pengembangan Desain
    3. Fashion Industri Tekstil
    4. Total Kualitas Manajemen dan Manajemen Efektif

    Fasilitas Kampus :

    • Fasilitas Olahraga
    • Perpustakaan
    • Sarana Ibadah
    • Free Hotspot
    • Kalender Pendidikan

    Peluang Kerja para lulusan Diploma III Akademi Industri Tekstil cukup luas antara lain :

    • Bidang industri tekstil : Teknik Pembuatan Serat, Pemintalan, Pertenunan, Perajutan, Pencelupan, Pengecapan, Penyempurnaan, Colour Matching, Pakaian Jadi (Garment) dll.
    • Perdagangan zat kimia tekstil dan mesin-mesin tekstil.
    • Bekerja di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian Perindustrian, Kementrian Tenaga Kerja, Pegawai Negeri Sipil, dll.
    • Wiraswasta di Bidang Tekstil dan Industri Fashion.
    • Bekerja di Bidang Non Tekstil.
    • Lulusan AITB 100% bekerja di berbagai perusahaan.(Fadil)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Akademi Industri Tekstil Bandung
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar