Jangan Lakukan Hal ini Saat Tubuh Kamu Demam atau Sakit

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Ketika kita demam atau sakit, tentu saja tubuh kita rasanya sangat tidak enak dan sulit melakukan apapun. Sebagian kita mungkin paham dan mengerti bahwa ketika kita sakit ada beberapa hal yang bisa kita lakukan dan yang tidak boleh kita lakukan.

    Namun, sebagian banyak yang salah kaprah. Beberapa hal dilakukan ketika sakit berharap bisa sembuh, ternyata itu membahayakan tubuhnya. Berikut beberapa hal yang harus kamu hindari dan jangan lakukan jika tubuh kamu sedang sakit atau demam.

    1. Minum Kopi

    Kebanyakan orang berpikir bahwa kopi bisa menambah energi mereka, sehingga mereka mengkonsumsinya ketika sedang sakit. Namun, kafein dan gula yang ada pada kopi ternyata berbahaya jika dikonsumsi saat sedang sakit dan bisa memperparah gejala penyakit, selain itu bisa menyebabkan dehidrasi serta menurunkan imunitas tubuh akibatnya tubuh akan lebih lama sembuh.

    1. Minum Banyak Obat

    Hal ini juga sering menjadi kekeliruan bagi sebagian orang, kebanyakan dari kita berpikir dengan mengkonsumsi obat yang banyak bisa mempercepat kesembuhan. Bahkan ada yang mengkombinasikan beberapa jenis obat agar bisa cepat sembuh, dan hal tersebut adalah kesalahan yang fatal. Akibat melakukan hal ini bisa berbahaya bagi jawa dan overdosis. Sehingganya, sangat disarankan jika tubuh dalam keadaan sakit tetaplah mengikuti instruksi dokter dalam mengkonsumsi obat dengan benar.

    1. Menggunakan Resep Dokter Lama

    Ini biasanya adalah kesalahan besar, karena merasa pernah menggunakan resep dokter sebelumnya dan kamu kembali menggunakannya dan meminum obat lama tersebut. kamu harus menghindari hal ini, karena obat-obatan memiliki masa efektif dalam mengobati penyakit. Jika kamu hanya menggunakannya sebagai pertolongan pertama bisa dikategorikan tidak masalah, namun sebaiknya kamu mendapatkan obat baru dari apotek dan terlebih penting periksakan diri kepada dokter untuk mendapatkan resep baru.

    1. Menyentuh apapun

    Ketika kita sakit tubuh akan sangat sensitif dan rentan, sehingga kita dilarang menyentuh apapun dan melakukan banyak aktivitas meskipun di dalam rumah. Virus akan besar kemungkinannya menyebar dan semakin banyak bakteri yang menempel di tangan akan memasuki tubuh jika kita semakin banyak dan sering menyentuh barang. Disarankan jangan menyentuh hewan peliharaan dan carilah ruangan khusus yang terpisah dengan anggota keluarga lainnya.

    1. Membuang Ingus Terlalu Keras

    Ketika kamu mengalami demam dan flu, jangan membuang ingus dengan keras yaitu dengan menekan hidung berlebihan. Hal itu bisa menimbulkan iritasi sehingga akan memperparah kondisi kamu, selain itu kamu bisa terkena infeksi sinus dan kondisi tubuh lebih parah jika terlalu memaksa dalam membuang ingus dari hidung.

    1. Olahraga

    Kadang kita tetap memaksakan tubuh untuk olahraga, padahal kita sedang sakit. Sebaiknya ketika sakit kamu harus memfokuskan energi di dalam tubuh untuk menyembuhkan diri, dan jangan digunakan untuk melakukan aktivitas fisik. Berolahraga akan membuat kondisi fisik kamu semakin parah dan bisa menyebabkan kamu lama sembuh.

    1. Pergi ke Luar Rumah

    Ini bisa dikatakan hal yang sangat fatal, padahal kita sadar bahwa kita sedang sakit sebaiknya kita hanya istirahat di rumah saja bukan ke luar rumah. Ketika sakit sebaiknya, istirahat dan tidur di rumah dengan benar dan mengurangi kegiatan di luar rumah, jika ingin lekas sembuh maka semaksimal mungkin istirahat total. Meskipun kamu mengkonsumsi obat, namun masih sibuk beraktivitas di luar rumah tentu saja itu tidak akan efektif.

    Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu hindari ketika tubuh kamu demam atau sakit. Apabila sebelumnya kamu melakukannya karena ketidaktahuan, akan lebih baik hal tersebut jangan diulangi. Semoga bermanfaat.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jangan Lakukan Hal ini Saat Tubuh Kamu Demam atau Sakit
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar