Mendagri: Kepala Daerah itu Harus Punya Tanggung-Jawab

Daftar Isi

    JAKARTA-Sebagai pemimpin daerah, baik itu Gubernur, Walikota dan Bupati harus memiliki tanggung-jawab terhadap wilayah dan rakyat yang dipimpinnya. Dan tidak begitu saja meninggalkan tugasnya, apalagi di tengah bencana kabut asap dan karhutla tengah melanda daerahnya.

    Kritikan tajam datang dari Menteri Dalam Nageri Tjahjo Kumolo, yang menilai setiap kepala daerah itu semestinya di dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dan bencana kabut asap telah berkoordinasi dengan semua pihak.

    "Kepala daerah yang punya wilayah harus punya tanggung jawab, minimal kepala daerah atau wakilnya harus ada, harus tinggal di tempat untuk mengkoordinasikan dengan semua pihak, apalagi TNI/Polri sudah masuk membantu dengan penuh," kata Tjahjo usai menghadiri peringatan HUT Ke-9 BNPP di Panti Asuhan dan Pesantren Yayasan Bahrul Ulum di Tangerang Selatan, Banten, Selasa (17/9/2019).

    Terkait teguran Presiden Joko Widodo terhadap Pemda Riau, khususnya karena kepergian Gubernur Riau Syamsuar dan Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT ke luar negeri di tengah bencana asap, Tjahjo mengatakan peringatan tersebut juga ditujukan kepadanya selaku Mendagri.

    Meski demikina, diakui Mendagri, pihaknya tidak memiliki wewenang untuk memberikan sanksi kepada kepala daerah yang abai dan lalai terhadap warganya di tengah bencana asap.

    "Sentilan Pak Presiden itu sama saja beliau nyentil saya juga karena menyangkut pemerintahan di daerah. Walaupun kami tidak punya dasar untuk memberi sanksi, tapi kami sudah mengingatkan," jelasnya seperti dilansir dari Antara.

    Imbauan terkait penanggulangan bencana sebagai dampak karhutla telah disampaikan ke seluruh kepala daerah melalui radiogram yang dikeluarkan Kemendagri. Dalam radiogram tersebut, Mendagri antara lain menginstruksikan kepada pemda untuk menganggarkan dana tidak terduga lewat APBD untuk mengatasi bencana asap tersebut. Hal itu bertujuan agar penanggulangan bencana tidak terhambat karena harus menunggu bantuan dari Pemerintah Pusat.(rie)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mendagri: Kepala Daerah itu Harus Punya Tanggung-Jawab
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar