Cara Belajar Cerdas dan Efektif Bukan Keras dan Melelahkan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Belajar ialah suatu proses yang dilakukan setiap orang untuk mendapatkan sebuah perubahan tingkah laku, baik itu dalam segi pengetahuan, keterampilan, sikap hingga nilai positif untuk dijadikan sebagai suatu pengalaman dari berbagai macam materi yang telah dipelajari sebelumnya. Definisi belajar ini juga bisa kita jelaskan sebagai segala suatu aktivitas berupa pembelajaran yang dilakukan oleh setiap orang dan sehingga dapat merubah tingkah lakunya akan berbeda antara sebelum dan sesudahnya belajar.

    Perubahan tingkah laku ini atau bisa juga adanya tanggapan karena pengalaman yang baru, mempunyai kepandaian/ilmu yang diperoleh setelah belajar, dan aktivitas untuk berlatih lebih giat lagi. Tujuan dari belajar yakni ialah: untuk memperoleh ilmu yang bermanfaat, menanamkan konsep pemikiran dan keterampilan dalam segala hal, untuk membentuk sikap dan perilaku seseorang. Dan adapun ciri-ciri perubahan seseorang dari hasil belajar mulai dari perilaku hingga kebiasaan nya, sebagai berikut ini : perubahan itu terjadi secara sadar, yang bersifat menetap atau tidak berubah, memiliki sifat positif dan aktif, mempunyai tujuan yang terarah, dan hingga meliputi segala bentuk tingkah laku seseorang tersebut.

    Baca Juga : Cara Mudah Belajar Bahasa Arab untuk Pemula

    Dan ada beberapa cara untuk belajar cerdas dan efektif bukan keras dan melelahkan, sebagai berikut ini:

    • Menjadwalkan atau mengatur belajar secara terurut dengan target yang telah diinginkan.

    Sebelum kamu memulai untuk belajar, sebaiknya kamu mengatur terlebih dahulu jadwal waktu belajarmu agar teratur dan efektif. Yakni dengan cara merencanakannya apa pembelajaran yang akan kamu pelajari dan membuat konsep seperti target yang ingin kamu capai. Misalkan hari ini kamu ingin belajar dari jam 17.00 - 19.00 kamu akan belajar tentang fisika dan kamu ingin mencapai suatu target yang ada dipembahasan di bab pertama. Maka kamu harus melakukannya dengan sungguh-sungguh dan lebih giat. Tapi sebelum itu kamu jangan lupa juga untuk memberikan waktu jeda untuk beristirahat sejenak. Agar otak kamu saat belajar akan merasa semakin berkonsentrasi untuk melanjutkan proses belajar kamu.

    • Belajarlah ditempat yang nyaman bagi kamu

    Tempat untuk belajar tidak hanya di rumah saja, bisa saja kamu belajar ditempat les privat kamu (bagi yang mengikuti les), perpustakaan, dan bisa juga di café-café atau tempat tongkrongan yang lainnya. Tapi sekarang terserah kamu mau belajar dimana saja, asalkan tempat itu nyaman buat kamu untuk belajar. Dan jika kamu tidak bisa belajar di tempat keramaian orang, kamu bisa saja belajar di perpustakaan dan sebaliknya jika kamu tidak suka belajar ditempat yang sangat sepi, dan kamu bisa belajar misalnya di café. Dan yang paling penting pilihlah tempat belajar yang nyaman dan tidak membuat kamu cepat bosan dalam belajar.

    • Menulis dengan ulang dan lengkapi juga catatan

    Dengan kamu menulis atau merakap ulang kembali catatan kamu, kamu juga bisa melihat-lihat materi pembelajaran yang telah kamu pelajari sebelumnya. Tapi jangan pula kamu hanya sekedar untuk menyalin kembali catatan tersebut, akan tetapi kamu juga harus mengingat apa-apa saja yang telah kamu pelajari tersebut. Jika kamu nulis ulang otomotasi akan banyak menghabiskan kertas. Tapi jangan risau di jaman sekarang teknologi sudah berkembang, jadi kamu bisa mencatat nya melalui teknologi smarthphone.

    Baca Juga : Kehilangan Adalah Cara Terbaik Untuk Kita Bisa Belajar Ikhlas Tanpa Batas

    Selain itu kamu juga hemat kertas, dan ketika saat kamu diluar tapi kamu pengen belajar, kamu hanya tinggal mengeluarkan smarthphone lalu membuka catatan nya, tanpa harus ribet-ribet membawa banyak buku.

    • Tidurlah dengan waktu yang cukup

    Belajar itu tidak harus sampai 24 jam nonstop. Karna kamu juga butuh waktu tidur minimal 8-9 jam, agar tubuh kamu merasa segar dan mempunyai energi untuk menjalankan segala aktivitas di hari besoknya. Tidak perlu mempertaruhkan semua waktu kamu untuk belajar saja. Sampai-sampai kamu mengambil waktu tidur kamu untuk belajar, itu akan membuat kamu kelelahan.(Iksan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Belajar Cerdas dan Efektif Bukan Keras dan Melelahkan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    100%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar