Bayar Pajak di Siak Bisa Melalui Aplikasi Online Cash Register

Daftar Isi

    Foto: Humas

    LancangKuning.Com, SIAK - Untuk melihat kepatuhan pengusaha dalam membayar pajak ke daerah, Pemkab Siak dalam hal ini Badan Keuangan Daerah (BKD) bekerjasama dengan Bank Riau Kepri (BRK) Cabang Siak memasang alat Cash Register ke sejumlah tempat usaha di Negeri Istana.

    "Hal ini sebagai upaya optimalisasi sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui potensi objek daerah seperti Hotel, Hiburan dan Usaha Restoran," kata Kepala BKD Siak Yan Prana Jaya, Selasa (3/9/19) saat ditemui di Launching alat Cash Register di Queen Star Water Park Siak.

    "Setiap pelaku usaha, bisa kita ketahui langsung, berapa pendapatan dan berapa PAD yang masuk ke kita. Jadi alat ini akan digunakan untuk semua pencatatan transaksi ke tempat usaha itu," katanya.

    Mantan Kepala Bappeda Siak itu menghimbau, agar wajib pajak (pengusaha) bersedia untuk di pasangkan alat tersebut, dan bisa menjaganya serta merawat dengan baik, karena alat tersebut berstatus pinjam pakai dan apabila tutup usaha dapat dikembalikan lagi ke BKD.

    "Dengan dipasangkannnya alat itu, dapat mengetahui tingkat kepatuhan wajib pajak dalam menyampaikan Surat Pemberitahuan Pajak Daerah (SPTPD) sesuai dengan nilai transaksi," jelasnya.

    Pada tahun 2019 ini, atau tahap pertama ditargetkan sebanyak 61 wajib pajak yang merupakan pelaku usaha hiburan, hotel dan restoran, akan di pasang alat Tapping Box atau Mobile Pos untuk monitoring transaksi harian para pelaku usaha tersebut

    Yan mengatakan, pihaknya melakukan itu dalam rangka menindakjanuti kerjasama antara pemerintah Kabupaten Siak dan PT Bank Riau Kepri no 27/HK/PK/XI/2018/067/PKS/2018 tentang layanan penerimaan pembayaran pajak, melalui teknologi Host to Host dan, layanan penyedia alat perekaman data transkasi usaha, tanggal 28 November 2018 di Batam disaksikan oleh pimpinan KPK.

    "Sebelumnya, wajib pajak membayar secara manual, namun dengan adanya alat ini kita bisa langsung bisa melihat, berapa transaksi perhari dan berapa yang masuk ke PAD, tentu kita ingin PAD dalam bidang tersebut bisa maksimal," katanya.

    Pada Launching tersebut hadir Kepala Cabang Bank Riau Kepri Siak Indra Gunawan, Kasatpol PP SIak Kaharudin, dan darai Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Siak, tempat yang menjadi sample adalah Queen Star Water Park, Hotel Harmoni 21 dan Kedai Pangsit Prona. (Rls/LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bayar Pajak di Siak Bisa Melalui Aplikasi Online Cash Register
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar