Hadir di Muslim Fest, Global Wakaf Sebarkan Semangat Berwakaf

Daftar Isi

    Foto: ACT

    LancangKuning.Com, JAKARTA - Melalui Muslim Fest yang dihelat di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Global Wakaf mendapatkan kesempatan untuk memaparkan seluk-beluk wakaf. Jumat (30/8), diskusi bertema Wakaf: Harmony Worship and Business tersebut membahas sistem wakaf hingga manfaatnya.

    Salah satunya penjelasan wakaf sebagai pengentasan kemiskinan. Rizky Wihardi sebagai Strategic Development Director Global menjelaskan, saat ini ketimpangan ekonomi sedemikian lebar. Hal tersebut dijabarkan melalui data-data yang ia sajikan kepada audiens.


    Baca Juga: Humanity Food Car Berbagi Makanan Gratis untuk Tukang Becak di Pasar Pagatan

    "Ketimpangan ekonomi kalau kita lihat ternyata Indonesia itu masuk di peringkat 4 (di dunia). Indonesia itu angkanya 49,3% (untuk ketimpangan ekonomi). Jadi satu persen orang Indonesia menguasai 49.3% kekayaan di Indonesia," kata Rizky sambil menunjuk layar presentasi yang menunjukkan data berdasarkan Bank Indonesia, Badan Pusat Statistik (BPS), dan media Independent.co.uk yang diolah pada tahun 2016.

    Belum lagi selanjutnya, Rizky menjelaskan bahwa yang kaya kini semakin kaya, dan yang miskin semakin miskin. Pendapat tersebut didukung data dari BPS tahun 2014 yang menyatakan bahwa kenaikan pendapatan dari 12% penduduk yang berada dalam kategori prasejahtera hanya 0-2% per tahun. Sementara 20% orang kaya malah menapaki kenaikan pendapatan hingga 8% per tahunnya.

    "Bayangkan jika orang-orang kaya ini sudah berwakaf, ada sistem ekonomi yang berjalan, yang terbangun dari dana wakaf. Orientasinya bisnis, dunia, untuk akhirat. Jangan diputus (sistemnya). Insyaallah para nazir memiliki visi yang sama, walaupun fokusnya masing-masing ada perbedaan. Contoh ada nazir yang fokus pada pendidikan, ada yang fokus pada kesehatan, sementara Global Wakaf fokus pada bidang ekonomi," papar Rizky.

    Baca Juga: GPS dan Masjid Al-Muhtadin Serahkan Langsung Bantuan ke Ayah Kandung Safrul

    Ia pun mencontohkan, melalui Global Wakaf, berbagai aset dari dana wakaf pun telah dibangun. Beberapa di antaranya Lumbung Ternak Wakaf (LTW), Lumbung Pangan Wakaf (LPW), Warung Wakaf, dan Ritel Wakaf. Melalui sejumlah program tersebut, Global Wakaf tidak hanya mengkontribusikan keuntungannya untuk kemanusiaan melalui lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT), namun juga ikut menyejahterakan masyarakat yang berada di sekitar wilayah implementasi program Global Wakaf.

    Diskusi di sela acara Muslim Fest itu juga dihadiri oleh beberapa lembaga nazir lainnya dan perusahaan yang bertindak sebagai wakif. Kehadiran banyak lembaga ini kemudian memantik diskusi tentang wakaf selama berlangsungnya acara.

    Tujuan diskusi wakaf kala itu adalah untuk mengenalkan lebih jauh fungsi wakaf sebagai salah satu alat jariah, sekaligus untuk memproduktifkan wakaf sebagai pemberdayaan umat. Hal ini disampaikan oleh Satria, salah satu perwakilan dari Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI), sebagai komunitas yang menyelenggarakan acara tersebut,

    “Sehingga umat-umat atau masyarakat yang berada di bawah (prasejahtera) bisa merasakan manfaatnya, sekaligus juga mendapatkan alat jariah. Ada dua manfaat yang sekaligus bisa didapat,” ujar Satria.

    Penyelenggara sengaja menggandeng Global Wakaf pada hari itu mengingat Global Wakaf adalah mitra yang tepat karena dianggap sebagai lembaga yang sudah senior. SAtria menambahkan, pihaknya memilih Global Wakaf karena Global Wakaf berintegrasi dengan ACT sebagai lembaga kemanusiaan yang telah diketahui kiprahnya.

    “Harapannya adalah tumbuh manfaat dari wakaf-wakaf yang telah diberikan, dan tumbuh para nazir baru. Sehingga ekonomi bisa berputar, dan dapat dirasakan oleh masyarakat yang lebih banyak lagi,” ujar Satria.

    Global Wakaf dapat ditemui selama berlangsungnya Muslim Fest, yakni dari Jumat (30/8) hingga Ahad (1/9) pekan ini. Melalui booth tersebut, pengunjung Muslim Fest bisa mendapatkan edukasi tentang wakaf dan berwakaf secara langsung. Selain itu, pengunjung juga bisa mendapatkan informasi mengenai persoalan kemanusiaan sekaligus berdonasi melalui ACT dan mendapatkan penjelasan mengenai kebencanaan dari Disaster Management Institute of Indonesia (DMII). (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Hadir di Muslim Fest, Global Wakaf Sebarkan Semangat Berwakaf
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar