Makanan Khas Riau

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Berbicara mengenai makanan khas tentu saja setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas tersendiri. Pasalnya makanan khas ini akan menjadi identitas untuk penduduk setempat jika ada para wisatawan yang berkunjung ke daerah mereka. Makanan khas akan menjadi incaran para wisata jika berkunjung ke suatu tempat, dan tentu saja rasanya tidak akan afdal berkunjung ke suatu daerah tanpa mencoba makanan yang menjadi khas di daerah tersebut. Begitu juga dengan Provinsi Riau yang memiliki ragam makanan khas yang sangat melegenda.

    Riau merupakan salah satu provinsi di Indonesia dimana provinsi ini terletak di Tengah Pulau Sumatera sehingga dikenal dengan Sumatera Bagian Tengah (Sumbateng). Provinsi ini terletak di bagian Tengah Pantai Timur Pulau Sumatera yakni di sepanjang pesisir Selat Melaka.

    Provinsi Riau ini bisa dikatakan sebagai salah satu provinsi terkaya yang ada di Indonesia, selain itu sumber dayanya juga didominasi oleh sumber alam seperti adanya minyak bumi, karet, gas alam, perkebunan serat dan kelapa sawit. Namun, luas hutan yang ada telah berkurang secara signifikan dimana pada tahun 1982 78% dan menjadi 33% pada tahun 2015. Hal itu disebabkan adanya penebangan hutang yang merajalela, dan tahun ini pun semakin merajalela tidak hanya penebangan namun juga pembakaran hutan yang mempengaruhi banyak aspek kehidupan.

    Meskipun demikian, Riau tetap saja menjadi kota yang terpadat saat ini, terutama di kota Pekanbaru. Hampir setiap saatnya ada pendatang yang tengah mencoba mencari peruntungan dengan menjadi perantau. Tidak hanya para perantau, para wisatawan juga banyak berkunjung ke Riau dan Riau juga memiliki ragam wisata yang tidak kalah bagus sekaligus memiliki makanan khas yang melegenda.

    Baca Juga : Makanan Khas Kabupaten Humbang Hasundutan

    Nah, bagi kamu yang saat ini tengah berkunjung ke Riau atau suatu saat akan berkunjung tentu saja tidak ingin melewatkan untuk mencicipi makanan khas yang ada di Provinsi Riau ini.

    Makanan Khas Riau

    Menjadi kenikmatan tersendiri ketika kita berkunjung ke suatu daerah dan bisa mencicipi secara langsung makanan yang menjadi khas dari daerah tersebut. Sebagaimana kita sama-sama tahu bahwa di Indonesia memilki kuliner yang sangat kaya. Setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki ragam kuliner yang menjadi ciri khas untuk setiap daerah tersebut yang mampu menghipnotis kita serta memanjakan lidah kita ketika mencobanya.

    Salah satu ragam kuliner yang juga harus kita cicipi adalah kuliner yang menjadi Khas di Riau alias makanan khas Riau. Untuk kamu yang saat ini tengah menikmati liburan di Riau, tentu jangan sampai tidak mencicipi menu yang melegenda di Riau ini. Berikut ini daftar makanan Khas Riau yang sayang jika dilewatkan.

    Gulai Ikan Patin

    Gulai Ikan Patin adalah makanan yang sangat terkenal di Riau, bisa dikatakan Riau terkenal dengan gulai ikan patinnya ini. Gulai ikan patin ini tentu saja menjadi pilihan yang pas untuk dinikmati bersama keluarga, baik itu untuk makan siang maupun malam. Gulai ikan patin ini menjadi makanan khas riau yang memang memang termasyhur akan kelezatannya.

    Bagi kamu yang penasaran dan bingung mendapatkannya dimana? Tidak perlu merasa khawatir, saat ini banyak rumah makan atau restoran di Riau yang menyediakannya. Bahkan ada restoran khusus menyediakan Gulai Ikan Patin ini.

    Gulai ikan patin ini memiliki ciri khas dengan kuah berwarna kuning pekat dan kental, dan sangat nikmat jika kita menyantapnya dengan nasi hangat dan juga sayur ubi yang direbus.

    Mie Sagu

    Mie Sagu adalah makanan khas Riau yang berasal olah mie yang sangat unik serta kreatif. Apabila biasanya mie diolah dari tepung terigu, namun mie sagu ini diolah menggunakan tepung sagu. Makanan khas Riau yang satu ini bisa dikatakan makanan yang sering kali diburu oleh para wisatawan yang berkunjung ke Riau.

    Mie sagu ini juga sangat cocok sekali untuk mereka yang sedang menjalankan program diet dan juga aman bagi penderita diabetes. Hal itu disebabkan kandungan kadar gula yang ada pada tepung sagu tidak tinggi bila dibandingkan dengan tepung-tepung lainnya.

    Apabila mie sagu ini dimasak lalu dilengkapi dengan tauge rebus, ikan teri sambal goreng dan daun kucai maka rasanya akan sangatlah nikmat. Tidak hanya nikmat saja, mie ini kayak akan gizi serta nutrisinya.

    Roti Jala

    Roti Jala merupakan makanan khas Riau yang juga terbuat dari tepung yakni tepung terigu. Roti ini sangat cocok dan nikmat jika disantap bersama keluarga di sore hari. Sekedar informasi bahwa roti jala ini hanya dihidangkan pada saat acara-acara tertentu saja pada awalnya, namun sekarang sudah sangat mudah menikmatinya karena sudah banyak yang menjajakan di setiap sudut kota di Provinsi Riau.

    Roti jala ini biasanya dinikmati dengan kuah yaitu kuah kari ayam, atau kari daging sapi maupun kambing. Namun, yang menjadi unik dan ciri khas yaitu dengan siraman saus atau kuah durian.

    Ikan Baung Asam Pedas

    Ikan Baung Asam Pedas merupakan makanan khas Riau lainnya yang menggunakan bahan dasar ikan dan juga akan sayang jika melewati untuk mencicipinya. Makanan ini sangat cocok juga untuk kamu yang memiliki selera tidak menyukai kuah yang begitu kental. Ikan baung asam pedas di-olah menggunakan rempah-rempah khusus yang menambah cita rasa ika baung menjadi sangatlah nikmat.

    Rasa asam yang ada pada ikan baung asam pedas ini ditimbulkan karena saat merendam ikan yang sudah dibersihkan menggunakan air asam jawa atau sebagian ada yang menggunakan asam kandis. Ikan baung asam pedas ini juga sangat aman dikonsumsi oleh anak-anak karena tekstur ikannya yang lembut dan tidak memiliki duri.

    Baca Juga : Makanan Khas Sungai Penuh, Jambi

    Nasi Lemak

    Nasi Lemak adalah makanan khas yang berasal di Provinsi Riau namun juga bisa dengan mudah didapatkan di negara tetangga yaitu Malaysia Brunei Darussalam dan Singapura. Nasi lemak sangat cocok untuk menemani kita di saat sarapan. Nasi lemak ini dimasak menggunakan santan dan daun pandan untuk menambah aroma harum nasi ini sehingga nasi lemak ini sangat gurih.

    Nasi lemak ini dilengkapi dengan lauk pauk berupa telor sambal, ikan teri goreng serta beberapa irisan mentimun. Tidak hanya itu saja, memakan nasi lemak juga bisa kita lengkapi dengan daging, tempe, sayur kacang panjang atau lainnya yang sesuai dengan selera kita.

    Miso

    Miso adalah makanan khas Riau yang terbuat dari olahan tepung yang kemudian menjadi mie kuning dan mie putih. Miso ini sangat cocok sekali untuk kamu yang mencintai segala jenis mie, sehingga kamu harus mencoba makanan khas riau yang satu ini.

    Kuah yang digunakan dalam mengiringi miso sangat segar dan gurih, dan juga dilengkapi dengan ayam yang disuwir-suwir, kerupuk kulit, tahu kering serta tulang ayam dan sawi yang direbus sehingga sangat terasa nikmat sekali ketika memakan makanan khas Riau yang satu ini.

    Gulai Belacan

    Gulai Belacan adalah makanan khas Riau berikutnya yang tidak boleh kamu lewatkan untuk mencobanya. Gulai belacan ini memiliki kuah yang kental yang terbuat dari udang segar dan menggunakan santan. Bumbu yang digunakan dalam pembuatan gulai belacan ini adalah lada, kemiri dan asam jawa. Untuk jenis udang yang digunakan bisa kamu pilih sesuai selera, baik itu udang jenis tawar atau laut namun tetap akan memiliki rasa yang sama-sama nikmat.

    Sop dan Sate Rusa

    Sop dan Sate Rusa merupakan makanan khas Riau yang juga tidak boleh kamu lewati untuk mencicipinya jika sudah berkunjung ke Riau. Jika biasanya kita sering mencicipi sate daging sapi atau sate daging ayam, tentu saja kamu penasaran bagaimana rasanya dengan sate rusa.

    Tentu saja memiliki sensasi tersendiri ketika kamu menyantap daging rusa yang empuk ditambah lagi, daging ini diolah menggunakan bahan-bahan serta rempah-rempah yang khas. Berbagai golongan usia tentu saja cocok menikmatinya daging rusa yang manis. Tidak hanya sate, kamu juga bisa menikmati Sop yang cocok untuk dinikmati dengan nasi putih hangat.

    Sop Tunjang

    Sop Tunjang adalah makanan khas riau yang sangat cocok sekali untuk dinikmati bersama keluarga dalam cuaca dingin yang ingin menghangatkan badan. Sop tunjang ini terbuat dari tulang yang dilengkapi kuah dengan rasa yang sangat gurih dan juga sangat khas.

    Tulang yang digunakan dalam membuat sop tunjang adalah tulang sapi kaki sapi yang masih segar dan masih memiliki beberapa daging yang memang sengaja untuk disikan. Rasa daging yang ada pada kakinya ini sangat lembut dan empuk karena sebelum di olah direndam terlebih dahulu dengan rempah-rempah.

    Sebagai pelengkap sop ini juga diberi irisan wortel, kentang, daun bawang serta tomat sehingga menambah cita rasa pada sop tunjang ini. Selain itu, kamu bisa menikmati sumsum yang di dalam tulang kaki sapi menggunakan sedotan, dan itu menjadi keunikan tersendiri dari sop tunjang ini.

    Ikan Selais Asap

    Ikan Selais Asap merupakan makanan khas Riau yang juga berbahan dasar ikan, dari pembahasan tadi bisa kita lihat bahwa ternyata makanan khas dari Riau banyak dari olahan ikan. Ikan selais asap ini dilakukan proses pengasapan terlebih dahulu pada ikan tersebut. Sehingga nantinya ikan ini bisa dinikmati seperti digulai atau digoreng dan olahan lainnya.

    Cita rasa khas dari ikan ini muncul karena proses pengasapan pada ikan ini selama delapan jam sehingga tekstur ikan ini tentulah sangat renyah untuk kita santap. Selain itu ikan selais ini bisa dijadikan alternatif oleh-oleh uang tahan lama.

    Cincalok

    Cincalok adalah makanan khas Riau berikutnya yang juga berbahan dasar ikan atau hasil laut. Cincalok ini terbuat dari hasil fermentasi udang kecil, sehingga cincalok menghasilkan aroma dan cita rasa yang khas. Cincalok ini sering dijadikan sebagai pelengkap sambal dan disantap dengan nasi putih hangat.

    Baca Juga : Makanan Khas Kampar

    Kue Asidah

    Kue Asidah adalah makanan khas Riau yang bisa dikatakan langka. Asidah yang cocok sekali untuk kamu yang menyukai makanan serba manis. Bahan dasar dalam membuat kue asidah ini adalah kayu manis, cengkeh serta pandan untuk penambah aroma baunya. Sehingga asidah ini menjadi kue yang mempunyai cita rasa gurih dan manis. Kue ini memiliki bentuk yang cantik bunga mulai dari daun hingga bentuk bunga mawar, sehingga menambah kesan unik pada kue ini.

    Bacah Daging

    Bacah daging adalah makanan khas Riau yang berbahan olahan daging sapi yang segar. Apabila di minang dikenal dengan rendangnya maka untuk orang Riau Bacah Daging bisa dikatakan adalah rendangnya orang Riau.

    Bacah daging ini bisa dinikmati menggunakan ketupat, dan pada saat hari raya idul fitri masakan bacah daging ini sangat mudah ditemukan karena menjadi menu utama saat hari raya tersebut bagi orang Riau.

    Ikan Cuka

    Ikan Cuka adalah makanan khas Riau berikutnya yang juga terbuat dari olahan ikan. Olahan ikan bisa kita katakan olahan yang tidak habisnya, terlebih untuk makanan khas Riau. Banyak sekali jenis makanan yang berbahan dasar ikan. Menikmati ikan cuka ini sangat mudah sekali, karena ikan cuka terlebih dahulu digoreng dan setelah itu diberi cuka sebagai kuahnya.

    Bahan cuku yang digunakan biasanya terdiri dari cabai merah iris, cabai giling, lada, pala, daun jeruk, jahe, garam dan juga serai serta sedikit gula pasit. Sedangkan ikan yang digunakan biasanya ikan tenggiri.

    Gulai Cipuik

    Gulai cipuik atau Gulai Siput adalah makanan khas Riau yang terbuat dari siput. Rasa yang ditimbulkan dari siput ini sangat lembut dan memiliki tekstur kenyal dan tentu saja akan memiliki sensasi tersendiri jika kita menikmatinya.

    Lopek Bugi

    Lopek Bugi adalah sejenis kue yang menjadi ciri khas di Riau, dan pada umumnya masyarakat di Indonesia mengenal dengan lepat yang dibuat dari ketan. Lopek bugi sangat mudah ditemukan karena banyak dijual di pasar atau gerai-gerai yang ada di kota Riau. Lopek bugi bisa dijadikan oleh-oleh untuk sanak family yang berada di kampung halaman.

    Mie Lendir

    Mie Lendir adalah makanan khas Riau yang juga berbahan dasar mie. Jika mendengar namanya, mie ini terkesan ekstrem atau bahkan sedikit menjijikan. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena secara umum mie lendir ini sama dengan jenis mie lainnya dan perbedaannya hanya terletak pad kuahnya yang begitu kental hingga menyerupai lendir.

    Kuah mie tersebut terbuat dari kacang tanah, ubi serta beberapa bumbu yang tentu saja bumbu yang menjadi khas dari Riau. Untuk mie yang digunakan dalam pengolahan mie lendir ini adalah mie kuning dan dilengkapi dengan telur rebus, tauge dan beberapa potongan cabe rawit. Nah, mendengarnya sangat mengiurkan bukan, sehingga sayang sekali jika kamu lewatkan untuk mencicipi makanan khas satu ini.

    Mie Siantan atau Tarempa

    Mie Siantan atau Tarempa adalah makanan khas Riau yang terbuat dari mie. Mie tarempa ini bisa dinikmati secara basah denga memberi kuah atau digoreng.

    Lakse Kuah

    Lakse Kuah adalah makan khas Riau yang terdiri dari mie yang dibuat dari tepung sagu lalu ditambah dengan olahan ikan laut yang masih segar. Biasanya menggunakan jenis ikan tongkol atau ikan teri yang ditumbuk hingga halus terlebih dahulu.

    Untuk menambah cita rasa dari makanan ini makan diberi kuah berbahan dasar santan yang dilengkapi dengan rempah-rempah khusus seperti adas manis, ketumbar dan rempah lainnya.

    Minuman Es Air Mata Pengantin

    Minumasn Es Air Pengantin adalah minuman khas dari Riau. Setelah kita mengupas begitu banyak makanan khas dari Riau tentu saja kita akan menutupnya dengan minuman yang segar yaitu minuman es air pengantin. Minuman ini sangat segar dimana di dalamnya ada campuran biji selasih, es batu dan blewah.

    Itulah beberapa makanan khas yang ada di Riau. Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya bahwa Riau memiliki ragam kuliner dan ragam makanan khas, sehingga ketika kamu berkunjung ke Riau tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan tersebut.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Riau
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar