Makanan Khas Kabupaten Humbang Hasundutan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Humbang Hasundutan merupakan kabupaten yang terletak di provinsi sumatera utara dengan memiliki luas wilayah sekitar 2.335,33 Kilometer2 dengan jumlah penduduk sekitar kurang lebih 182.998 jiwa. Jika anda mengunjungi ke kabupaten Humbang Hasundutan ini maka jangan sampai melewatkan makanan khas yang berasal dari kabupaten ini. Di sini saya akan memberikan macam-macam makanan khas yang berasal dari kabupaten Humbang Hasundutan ini.

    1. Manuk Na Pinadar

    Makanan khas yang pertama yaitu Manuk Na Pinadar. Manuk Na Pinadar merupakan makanan yang terbuat dari daging ayam. Proses pembuatannya dengan cara daging ayam di campur dengan darah ayam. Setelah di campur maka siapkan cabai, garam, dan bawang. Sebelum ayam di panggang, darah ayam di masak menggunakan api maupun perasan air asam kemudian di campur dengan bumbu yang sudah di sediakan sebelumnya. Manuk Na Pinadar ini sering di sebut dengan Na Margota. Makanan khas ini memiliki rasa yang lezat dan sering di sajikan sehari-hari. Anda wajib untuk mencoba makanan yang satu ini ketika mengunjungi kabupaten Humbang Hasundutan ini ketika berlibur bersama keluarga maupun bersama kawan kerabat terdekat anda.

    2. Naniura

    Makanan khas yang selanjutnya setelah Manuk Na Pinadar yaitu Naniura. Naniura ini merupakan makanan khas yang terbuat dari daging ikan. Ikan yang di jadikan sebagai makanan di sini adalah ikan mas atau ikan mujair. Setelah itu ikan kemudian di campur dengan bumbu serta perasan air asam. Naniura ini di masak sekitar kurang lebih 4 sampai 5 jam dengan bantuan air asam yang telah di campur sebelumnya. Naniura ini merupakan makanan khas yang banyak diminati wisatawan lokal maupun luar negeri karena makanan ini memiliki rasa lezat dan memiliki keunikan tersendiri sehingga makanan ini cukup popular.

    3. Lomok-Lomok

    Makanan khas yang berikutnya yaitu Lomok-lomok. Lomok-lomok merupakan makanan yang non halal karena lomok-lomok ini terbuat dari daging babi yang masih berumur 4 sampai 6 bulan sehingga dagingnya masih renyah. Lomok-lomok ini hampir sama pembuatannya dengan Saksang yang merupakan makanan yang terbuat dari daging babi yang sama-sama di beri darah. Lomok-lomok ini di sajikan pada acara tertentu di antaranya pada acara pesta pernikahan karena makanan ini di sajikan untuk tamu kehormatan jadi anda jarang menjumpai makanan yang satu ini.

    4. Tapanuli Arsik

    Setelah Lomok-lomok makanan khas yang selanjutnya adalah Tapanuli Arsik. Tapanuli Arsik ini merupakan makanan yang terbuat dari daging atau ikan yang di campur dengan kunyit, cabe, asam dan andaliman. Tapanuli Arsik ini dianggap memiliki filosofi yang tertentu. Tapanuli Arsik ini memiliki rasa yang lezat dan banyak di gemari oleh pemburu kuliner sehingga membuat makanan ini popular. Anda wajib untuk mencoba makanan yang satu ini apalagi jika anda pemburu makanan maka tapanuli arsik menjadi makanan yang cocok untuk di santap.

    5. Daun Ubi Tumbuk

    Makanan khas yang terakhir yaitu Daun Ubi Tumbuk. Daun ubu tumbuk ini merupakan makanan tradisional yang khas yang banyak di sajikan di perhotelan maupun restoran yang berbintang. Daun ubi tumbuk ini merupakan makanan yang banyak di gemari oleh para perantau maupun wisatawan lokal dan mancanegara. Biasanya daun ubi tumbuk ini di santap dengan menggunakan ikan teri medan sehingga memiliki rasa yang lezat dan memiliki keunikan tersendiri bagi yang menyantap makanan tersebut.(Arnolis)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Kabupaten Humbang Hasundutan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar