Makanan Khas Kampar

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kampar merupakan salah satu kabupaten yang terkenal akan makanan yang khas di provinsi Riau. Makanan dari kabupaten Kampar ini memiliki rasa dan keunikan yang berbeda dari kabupaten lainnya.

    Makanan Khas Kampar

    Makanan Khas Kampar adalah makanan yang menjadi ciri khas di daerah Kampar. Dimana makanan ini sudah terkenal sebagai ciri khas dari Kampar. Di kabupaten Kampar ada beberapa makanan yang sangat khas dan sangat menjunjung tinggi akan rasanya yang unik dan enak, berikut beberapa makanan yang berasal dari kabupaten Kampar yang sangat khas disana:

    1. Gulai Siput Kuantan

    Gulai Siput Kuantan adalah makanan yang berasal dari kabupaten Kampar ini memiliki keunikan dan tampilan yang berbeda, keunikan dari makanan Gulai Siput Kuantan yaitu memiliki rasa yang berlendir ketika dimakan, karena makanan yang satu ini berbahan dasar Siput. Sebab bahan dasar Siput lah yang menjadikan keunikan dalam makanan yang khas satu ini.

    Cara pembuatannya pun tak terlalu sulit kita hanya memerlukan beberapa rempah-rempah masakan dan beberapa Siput yang akan di jadikan masakan. Pertama kita potong Siput di bagian ekor, kemudian Siput di rebus dengan terung asam, sembari menunggu daging Siput lembut siapkan santan dan bumbu rempah-rempah yang sudah digiling halus, kemudian angkat siput dari perebusan tadi dan masak secara bersamaan dengan bahan masakan tadi dalam kuali, tunggu masakan tersebut menggelegak, setelah menggelegak angkat dan masakan gulai siput kuantan siap untuk disajikan.

    1. Gulai Asam Pedas Ikan Patin

    Gulai Asam Pedas Ikan Patin adalah makanan yang satu ini sangatlah terkenal dan popular di kabupaten Kampar. Makanan Gulai Asam Pedas Ikan Patin memiliki rasa yang sangat enak dan juga memiliki rasa yang pedas, jika anda pecinta makanan yang berbau pedas anda harus mencoba makanan yang satu ini. Bahan yang utama dibuat dalam makanan ini yaitu ikan Patin segar, ikan Patin memiliki rasa yang sangat empuk dan enak ketika dimakan, sebab itulah ikan Patin menjadi bahan utama dalam pembuatan makanan ini.

    Cara pembuatan dari makanan ini tidak terlalu susah anda hanya membutuhkan ikan Patin segar yang sudah dibersihkan,  batang serai,  ruas lengkuas,  minyak goreng, belimbing wuluh, air 2 gelas, daun kunyit, daun jeruk 3 lembar, tomat, garam. Setelah bahan-bahan di kumpulkan kemudian pilih bumbu-bumbu yang dimasak terlebih dahulu dalam kuali, setelah air mendidih masukkan ikan Patin serta tomat, setelah agak matang kecilkan api dan makanan gulai asam pedas  ikan patin siap untuk dihidangkan.

    1. Gulai Belacan

    Gulai Belacan adalah makanan berbahan dasar utama udang besar/udang pencet yang segar dan sudah di cuci bersih. Makan gulai belacan ini sangat terkenal di kabupaten Kampar, karena rasa dari makanan ini sangat menjunjung tinggi rasa dan keunikannya tersendiri. Udang yang digunakan dalam gulai ini harus bersih dan besar, serta harus memiliki rasa dari udang tersebut empuk dan enak ketika dimakan.

    Bahan yang digunakan dalam makanan ini udang besar yang sudah di cuci bersih, papan petai, gula, garam, minyak goreng, lada, santan, asam jawa. Setelah bahan dikumpulkan masak dengan kuali dan masukkan semua bahan tersebut secara berurutan agar memperoleh hasil yang memuaskan.

    1. Pongkek Cubadak

    Pongkek Cubadak adalah makanan dari kabupaten Kampar ini sangat unik dan enak, karena berbahan dasar cubadak atau nangka yang sudah dipotong seperti dadu. Makanan ini akan sering kita jumpai di kabupaten Kampar, karena masyarakat disana sangat antusias membuat makanan ini untuk dimakan secara bersamaan dengan nasi.

    Bahan dari makanan ponggek cubadak ini berupa nangka yang sudah di bersihkan lalu di potong seperti dadu, santan, bawang merah, daun kunyit, garam, kunyit sekelingking, jahe seribu jari, bawang putih, ketumbar dan cabe merah. Setelah bahan sudah dikumpulkan lalu masak dengan kuali dan masukkan semua bahan-bahan tadi secara berurutan, tunggu beberapa menit , masakan siap untuk disajikan dan lebih enak lagi bila dimakan bersamaan dengan nasi.

    Minuman Khas Kampar

    Minuman Khas Kampar adalah minuman yang menjadi ciri khas dari daerah Kampar dan sering disajikan dalam acara di daerah kampar. Minuman khas Kampar ini juga sering dijadikan minuman pelepas dahaga pada berbuka puasa. Minuman khas Kampar yang sering disajikan adalah :

    1. Es Air Mata Pengantin

    Es Air Mata Pengantin adalah minuman yang terdiri dari agar-agar dengan warna yang banyak, selain itu minuman ini juga dilengkapi dengan biji selasih, nata de coco, dan blewah serta serutan es batu.

    2. Es Laksamana Mengamuk

    Es Laksamana Mengamuk adalah minuman yang sangat menggoda kita untuk mencicipinya, minuman ini adalah minuman dingin yang menggunakan bahan utamanya adalah buah kuini.

    3. Es Sirup Mak Inang

    Es Sirup Mak Inang adalah minuman yang kuahnya berasal dari campuran air dan buah nanas dipotong-potong kecil, lalu dimasak hingga mendidih.

    4. Es Lancang Kuning

    Es Lancang Kuning adalah minuman yang berbahan utama mangga berwarna kuning sehingga es ini dinamai dengan es Lancang Kuning.

    5. Air Tebu Nostalgia

    Air Tebu Nostalgia​ ini adalah minuman yang berbahan dasar tebu yang dicampur dengan jahe, kacang tanah, dan isi kelapa muda

    Itulah makanan dari Kabupaten Kampar yang sangat enak dan memiliki rasa yang sangat khas disana, selain rasa nya yang enak dan unik makanan dari kabupaten Kampar juga banyak di cicipi oleh masyarakat luar dari kabupaten Kampar dan menjadikan suatu kebanggaan dari kabupaten tersebut.(Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Kampar
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar