Manfaat Puasa Senin dan Kamis

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Puasa sunnah ini yang dilakukan pada hari senin dan kamis ialah puasa sunnah yang dianjurkan bagi umat muslim yang mampu melakukannya. Puasa sunnah senin dan kamis ini ialah jenis puasa yang sunah untuk dilaksanakan pada hari senin dan kamis. Dari penjelasan diatas tersebut puasa sunnah senin dan kamis itu tentu banyak yang ingin bertanya kenapa melaksanakan puasa pada hari-hari yang disunahkan tersebut?

    Hal ini dapat kita terangkan melalui beberapa hadits yang telah meriwayatkan bahwa salah satu puasa yang sering dilakukan oleh Rasulullah Saw ialah puasa sunnah pada hari senin dan kamis. Dan karena itu juga maka puasa ini dianjurkan untuk umat muslim agar bisa diamalkan dan ditanamkan di dalam hati. Sebagai umat muslim yang senantiasa membaca dan mengamalkan Al-Qur’an dan Sunnah.

    Sepantasnya kita sebagai umat muslim meneladani sifat-sifat yang telah diperbuat oleh nabi junjungan kita yakni Nabi Muhammad SAW. Pada sewaktu hidupnya Rasulullah sering melakukan puasa sunnah tiap senin dan kamis demikian sebagai ibadah sampingan/tambahan agar bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

    Hikmah apabila melaksanakan puasa senin kamis: semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT, dapat menumbuhkan sikap empati, pandai untuk bersyukur, bisa mencegah datangnya penyakit-penyakit dan bisa juga untuk saran diet secara alami, dapat mempertajam kecerdasan seseorang, mendapatkan pahala dari Allah SWT.

    Dan puasa senin kamis juga memiliki keutamaan juga, berikut ini keutamaan melaksanakan puasa sunnah senin kamis

    • Baginda Rasulullah SAW senantiasa mengerjakannya

    Dan sebagaimana teradapat dari dua hadist ini aisyah radhiyallahu’anha dan Zaid radhiyallahu’anha, baginda Rasulullah Saw selalu sering melaksanakan puasa sunnah ini. Dan beliau selalu menjaganya.

    • Hari senin ialah hari yang paling istimewa

    Dan Salah satu keutamaan puasa sunnah pada hari Senin ialah dikarenakan hari itu sangat istimewa. Yakni pada hari Senin tersebut Rasulullah dilahirkan dan pada hari Senin itu juga Rasulullah mendapatkan wahyu dari allah swt.

    • Amal yang akan dilihatkan pada hari Senin dan Kamis

    Pada hari Senin dan Kamis ini, amal-amalan yang diperlihatkan/dilaporkan kepada Allah SWT. Dan Maka betapa beruntungnya sebagai seorang muslim ketika saat itu sedang melakukan puasa sunnah tersebut. Dan telah dijelaskan di dalam hadits HR. Tirmidzi dan HR. Muslim. 

    Manfaat melaksanakan puasa senin kamis bagi dunia dan akhirat

    • Belajar diri untuk berdisplin

    Seorang muslim akan dilatih agar senantiasa selalu berdisiplin dalam segala hal, dan inilah tujuan berpuasa yakni, ia akan merasa bahwa Allah SWT akan selalu memantau setiap tindakan dan pebuatan yang dilakukan serta menghindarkan segala macam hal yang akan dapat membatalkan puasanya.

    • Bisa berpengaruh kepada kesehatan tubuh

    Saat ini, telah banyak para ahli yang mengungkapkan bahwa puasa itu baik bagi kesehatan yang melaksanakannya.  Karena dengan berpuasa tubuh kita akan terbersihkan dari segala macam jenis racun dan bakteri yang terdapat di dalam tubuh. Intinya di saat berpuasa saluran pencernaan dapat beristirahat dan sistem tubuh yang lain dapat bekerja dengan baik.

    • Bisa untuk perlindungan batin seseorang

    Dan Pada hakikatnya, dalam melaksanakan puasa, baik itu puasa fardhu maupun puasa sunnah yang dapat memberikan pengaruh besar kepada kondisi kejiwaan seseorang. Puasa dapat membantu seseorang melatih kesabaran, hingga bisa melatih untuk menguasai diri serta melatih diri dalam menahan hawa nafsu. Baik itu di dunia atau bertujuan untuk memperoleh keutamaan di akhirat kelak nanti.

    • Menurunkan hawa nafsu seseorang

    Dengan berpuasa juga bisa membantu seseorang dalam mengontrol hawa nafsu seperti yang telah dijelaskan di dalam sebuah hadits, Ketika Rasulullah Saw memberikan saran kepada seorang pemuda yang hendak ingin menikah namun belum mempunyai kecukupan yang pas, dan mereka dianjurkan untuk berpuasa.(Iksan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Puasa Senin dan Kamis
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar