Rumus Menghafal Al Quran

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sebagai umat islam kamu pasti tahu apa itu Al-quran, dan kamu pasti juga membacanya setiap hari setelah melakukan ibadah sholat, atau membaca beberapa ayat ketika melaksanakan ibadah sholat dan juga saat menghadiri sebuah acara pengajian kamu pasti mempelajari ilmu tentang Al-quran juga. Dan sangat keterlaluan sekali apabila kamu sebagai umat islam tidak tahu apa itu alquran.

    itu tentu sudah sering terjadi, apalagi sekarang dimana zaman nya penuh dengan fitnah akhir zaman. Al-quran ialah sebuah kitab suci bagi umat islam, dan selain itu Al-quran juga sebagai sumber hukum utama dalam ajaran islam. Dan bisa disimpulkan Al-quran ialah bacaan yang suci (jika kita membacanya akan mendapatkan nilai ibadah dan mendapatkan pahala), dan tentunya harus sesuai dengan tata cara aturan yang berlaku baik dalam pengucapan huruf perhuruf (mahroj) atau bacaan tajwidnya.

    Al-quran juga memuat aturan-aturan kehidupan manusia semasa di dunia, dan sehingga Al-quran menjadi petunjuk hidup umat islam dan sebagai pedoman semasa hidup di dunia bagi orang-orang yang beriman dan bertakwa. Di dalam Al-quran terdapat rahmat yang sangat besar dan pelajaran untuk orang-orang beriman. Al-quran juga mimiliki suatu kedudukan yang sangat tinggi untuk penganut agama islam, dan sehingga umat islam akan marah apabila ada orang lain atau pihak lain yang mencoba menghina atau melecehkan Al-quran.

    Fungsi Al-quran

    1. Sebagai petunjuk hidup dan pedoman bagi umat islam dalam mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat
    2. Sebagai rahmat atau sebagai bentuk kasih sayang Allah swt bagi umat islam
    3. Sebagai sumber utama ajaran islam
    4. Bekal amalan untuk dunia dan akhirat kelak nanti

    Sebagian banyak umat islam menganggap menghafal Al-quran dengan cepat mudah mungkin sanga sulit untuk dilakukan. Alasan yang sering disampaikan ialah umur sudah tua sehingga kemampuan untuk mengingat telah berkurang. Namun jika kamu berusaha dan sungguh-sungguh, pasti akan bisa dengan mudah nya menghafal Al-quran. Memang untuk menghafal Al-quran bukan hal yang mudah. Jika kamu tidak pandai untuk memanfaatkan waktu, maka bagaimana pun cara yang kamu lakukan hanya berakhir menjadi keinginan belaka.

    Tips cara menghafal Al-quran

    1. Meluruskan niat dengan ikhlas sepenuh hati karena Allah swt

    Niat yang benar merupakan salah satu syarat agar mudah menghafal Al-quran. Jika niat nya salah misalnya ada yang riya (pamer), ujub (membanggakan diri sendiri), atau menghafal Al-quran hanya ingin dipanggil “Al-Hafidz”, maka itu sangat mengakibatkan fatal. Menghafal Al-quran dengan niat tulus dan ikhlas karena Allah swt maka rasa malas, lelah, dan perasaan sulit untuk menghafal tidak akan menjadi penghalang dalam menghafal Al-quran

    2. Melaksanakan Sholat Hajat

    Cara muda menghafal Al-quran selanjutnya ialah dengan melaksanakan sholat Hajat. Jadi, setelah kita niat karena untuk mengharapkan ridho dan pahala dari Allah swt, sebaiknya kamu melaksanakan sholat Hajat sebelum menghafal Al-quran dengan cepat dan benar. Memohon kepada Allah swt agar dipermudahkan proses untuk menghafal Al-quran.

    3. Menanamkan Keyakinan

    Tanamkanlah pada diri kamu bahwa untuk menghafal Al-quran itu sangat mudah, maka kamu akan merasa mudah untuk meghafalnya. Namun apabila kamu menanamkan pikiran jika membaca Al-quran itu sangat sulit, justru kamu akan merasa kesulitan untuk menghafalnya. Jadi motivasi lah diri selalu agar menumbuhkan keyakinan bahwa menghafal Al-quran itu sangat mudah dan cepat.

    4. Mengakrabkan diri terhadap Al-quran

    Jika kamu akrab dengan Al-quran merupakan salah satu cara agar mudah dan cepat untuk menghafal Al-quran yang paling ampuh. Kamu tidak perlu memikirkan metode menghafal Al-quran yang sulit terlebih dahulu. Tapi kamu pikirkan lah bagaimana caranya mulai hari ini kamu bisa membaca 3-5 juz sehari atau hari ini harus hafal 5 ayat per harinya.

    5. Memperbaiki Bacaannya

    Sebelum kamu memulai untuk menghafal Al-quran, sebaiknya kamu memperbaiki bacaan nya terlebih dahulu. Hal ini sangat penting agar kamu terhindar dari kesalahan baca dan membuat kekeliruan. Dengan menghafal Al-quran memang sangat banyak keutamaan yang kamu dapat, tapi kalau cara kamu membaca Al-quran masih ada yang keliru, bisa membuat pahala kamu berkurang.(Iksan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Rumus Menghafal Al Quran
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar