Cara Agar Cerita di Wattpad Bisa Diterbitkan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Apa itu wattpad? Wattpad adalah sebuah media online atau juga bisa disebut dengan media social bagi para penulisnya. Di dalam wattpad terdapat juga banyak sekali tulisan cerita atau pun novel baik fiksi sampai yang non fiksi dari berbagi jenis genre nya misalnya cerita cinta, romantis, horror, adventure, dan lain-lain nya. Dan wattpad sangat cocok bagi kalian yang hobi membaca. Dan juga bisa dikatakan bahwa wattpad ialah tempat bagi para penulis yang baru ingin memulai karirnya hingga penulis yang telah terkenal. Kini wattpad telah hadir dalam bentuk aplikasi android, IOS, dan terdengar kabar akan tersedia di windows phone.

    Wattpad berfungsi sebagai sarana membaca maupun menulis buku. Dan di wattpad pun tersedia juga jutaan jenis cerita dengan berbagai macam bahasa ( termasuk bahasa Indonesia ) yang terdiri dari beberapa genre. Wattpad juga menyediakan berbagai macam fitur-fitur seperti untuk memvote buku (vote), untuk mengomentari buku (comment), untuk berbagi (share), untuk menyimpan buku bisa dibaca secara online (library), untuk mengikuti orang seperti di instagram atau twitter (follow), untuk mendedikasikan pengguna yang lainnya (dedicate) dan masih banyak fitur yang keren lainnya.

    Dengan adanya wattpad kita bisa membaca dan menulis buku secara gratis, misalnya kamu ingin menulis buku di wattpad, dan kamu juga sering memvote buku orang lain, secara otomatis kamu akan menjadi terkenal. Jika kamu telah dikenal maka buku kamu akan bakalan banyak yang baca. Dan apabila buku kamu itu bagus dan otomatis bakalan banyak yang memvote. Dan jika buku kamu banyak yang vote dan comment nya, dan secara otomatis buku tersebut akan menjadi terkenal dan juga mendapatkan peringkat satu pada genre buku yang kamu tulis. Dan sekarang sudah banyak cerita yang di wattpad diterbitkan menjadi buku, dan ada juga yang sudah dijadikan sebagai film.

    Cara mendaftar aplikasi wattpad di android, IOS, WP

    Untuk mendaftar aplikasi wattpad bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, bisa melalui android, IOS, atau bisa juga dengan PC dengan mengunjungi halaman website www.wattpad.com. Dan berikut caranya:

    1. Kamu tinggal buka playstore lalu cari aplikasi wattpad
    2. Setelah itu kamu tekan instal dan tunggu prosesnya sampai selesai
    3. Setelah terinstal, lalu buka aplikasi wattpad tersebut dan tekan daftar, supaya lebih mudah daftarlah menggunakan akun social media, yakni facebook dengan menekan simbol facebook
    4. Lalu masukan email atau nomor handphone dan password facebook lalu masuk dan lanjutkan
    5. Dan setelah itu wattpad bisa digunakan

    Tips cara agar Wattpad bisa diterbitkan

    1. Memilih ide cerita yang menarik

    Dengan kamu menentukan ide cerita, dan demikian pula penerbit akan melihat apa ide cerita yang kamu buat. Kamu harus mencari ide semenarik mungkin, ide bisa datang dari ragam film yang ada. Dan ide pun bisa datang dari mana saja.

    1. Menentukan judul

    Hal yang sangat penting dalam menulis cerita ialah menentukan judul. Kamu harus menentukan judul semenarik dan seunik mungkin, agar penerbit tertarik untuk menerbitkan cerita kamu.

    1. Menentukan sampul cerita

    Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam menulis di wattpad ialah sampul cerita kamu. Hal ini sangat penting untuk menarik minat pembacamu sekaligus memberitahukan identitas pada ceritamu. Sebaiknya kamu memilih sampul yang bersih dan tidak terlalu banyak elemen. Jadi pilihlah latar sampul yang tidak terlalu ramai supaya pembaca lebih bisa fokus untuk judul cerita kamu.

    1. Menentukan nama karakter

    Dan jangan lupa untuk menentukan nama tokoh-tokoh yang ada dalam ceritamu. Lebih pentingnya, nama tokoh juga bisa membantu dalam membangun imajinasi pembaca dalam mengikuti alur cerita kita, mulai dari pembawaannya, bentuk fisiknya, sampai bentuk karakternya.(Iksan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Agar Cerita di Wattpad Bisa Diterbitkan
    Sangat Suka

    15%

    Suka

    5%

    Terinspirasi

    52%

    Tidak Peduli

    26%

    Marah

    0%

    Komentar