Cara Membiasakan Diri Berperilaku Bersih Dalam Keseharian

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Perilaku Hidup Sehat dan Bersih (PHBS) adalah gambaran perilaku seseorang yang harus akrab sejak usia dini untuk mengembangkan paradigma sehat yang dapat digunakan dalam kehidupan keluarga dan masyarakat.

    Penggunaan PHBS tidak mudah, peran dan praktiknya harus selalu dibuat, sehingga orang terbiasa melakukan hal-hal baik dalam kehidupan sehari-hari, untuk menjalani perilaku yang bersih dan sehat. Hal-hal umum yang harus dilakukan adalah :

    1. Sering mencuci tangan Anda dengan air bersih dan gunakan sabun

    Perilaku ini merupakan perilaku dasar yang perlu diterapkan sejak dini. Perilaku sehat, mencuci tangan sangat bermanfaat, keuntungan teraman adalah "Hindari anak-anak mendapatkan DIARE".

    Penyakit ini adalah penyakit ISPA kedua yang paling mematikan di antara anak-anak Indonesia. Menurut data RISKEDAS dari 47% orang Indonesia masih terbiasa mencuci tangan sebelum makan atau menyentuh.

    1. Sikat gigi Anda di pagi dan sore hari

    Untuk menjaga kesehatan mulut, yang terbaik adalah menyikat gigi setidaknya dua kali sehari. Menyikat gigi memiliki banyak keunggulan. Dengan gigi yang kuat dan sehat, adalah mungkin untuk mencegah penyakit dan menggigit dan mengunyah makanan dengan sempurna, sehingga perut dapat dicerna dengan baik.

    1. Pertahankan kuku tangan dan kaki

    Yang sering diabaikan adalah penyimpanan kuku, karena kuku yang kotor adalah kumpulan kuman yang berbeda.

    1. Air minum yang bekerja keras

    Bahkan jika Anda telah membeli satu galon air, selalu baik untuk memasaknya sebelum dimasukkan ke dalam dispenser. Ini bisa dilakukan untuk menghindari konsekuensinya. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

    1. Makan makanan sehat

    Makanan alami biasanya sehat karena mereka tidak menggunakan bahan kimia dalam proses pembuatannya.

    1. Cuci rambut Anda secara teratur

    Sebagian besar anak kecil harus diajarkan mencuci rambut dua atau tiga kali seminggu. Shampo yang terlalu sering tidak benar-benar direkomendasikan karena dapat mengeringkan kulit kepala dan lebih membanggakan.

    Ketika Anda mulai menjadi remaja, hormon pubertas akan meningkat dan membuat rambut Anda terlihat lebih gemuk. Pada titik ini, ajari anak-anak untuk menggunakan sampo sesering mungkin untuk mencuci rambut mereka, dan jika perlu dorong mereka untuk mencucinya setiap hari.

    1. Mandi

    Beberapa anak kecil tidak suka mandi, yang lain menemukan kegiatan berenang yang menyenangkan. Anda bisa menikmati mandi dengan membiarkannya berendam dalam air berbusa. Siapkan juga air panas untuk dibilas di ujung bak mandi.

    1. Perhatikan kesehatan kulit

    Anak-anak prasekolah selalu membutuhkan bantuan orang tua untuk merawat kulit mereka. Kondisi kulit yang sering terjadi pada usia ini adalah ruam kemerahan, memar dan gigitan serangga. Anda bisa mengajari anak Anda untuk terbiasa dengan seluruh tubuh sebelum berpakaian. Ajari mereka untuk mencari luka atau kemerahan pada kulit yang akan dirawat.

    Sebagai seorang remaja, perubahan hormon membuat kulit wajah anak Anda terlihat lebih hijau. Peningkatan produksi minyak ini dapat menyebabkan masalah wajah seperti jerawat.

    Banyak anak-anak meremehkan jerawat di wajah mereka hanya dengan mencuci muka mereka dengan sabun dan air. Ajari anak-anak Anda untuk mencuci muka dua hingga tiga hari sehari dan tidak menekan jerawat.

    Jika anak Anda perempuan, katakan padanya bahwa berdandan dengan teman dapat menyebarkan infeksi kulit. Selain itu, tidur dengan riasan tidak baik untuk kesehatan kulit wajah.

    1. Kebiasaan pergi ke kamar mandi

    Jika anak Anda perlu ke kamar mandi sendiri, Anda juga perlu memastikan bahwa mereka dapat menangani kebersihan bagian pribadi mereka. Ajari mereka untuk membersihkan organ dan kemudian mencuci tangan mereka. Kebiasaan ini dapat mengurangi risiko iritasi dan mencegah infeksi.

    Untuk wanita muda yang telah mengalami menstruasi, mereka harus menyadari siklus menstruasi. Beri tahu mereka bahwa siklus menstruasi mereka mungkin masih tidak menentu dalam dua tahun pertama setelah periode menstruasi pertama mereka.(Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Membiasakan Diri Berperilaku Bersih Dalam Keseharian
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    100%

    Marah

    0%

    Komentar