Manfaat Air Tajin Untuk Bayi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Air tajin merupakan air rebusan dari beras merah maupun beras putih, dan ika kita perhatikan secara bersama air tajin ini sangat mirip dengan susu. Pastinya untuk ibu rumah tangga yang sudah mempunyai anak tentu tidak asing lagi dengan ari tajin ini. Air tajin sendiri juga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Bukan hanya itu, air tajin juga memilki kandungan mineral, protein, lemak, zat besi, kalsium, folat, natrium, fosfor, kalium, magnesium serta vitamin B yang sangat berguna untuk kesehatan sang buah hati.

    Sejak dulu para ibu telah menggunakan air tajin untuk sang buah hati sebagai salah satu makanan pendukung dari ASI, Karna air tajin mempunyai rasa yang cukup enak dan juga bergizi.

    Berikut merupakan manfaat dari Air tajin:

    • Mengobati diare pada bayi

    Bayi akan sangat umum terkena diare. Diare sendiri terjadi akibat usus terlalu bergerak secara berlebihan, sehingga menyebabkan bayi terus buang air sampai lebih dari 4 atau 6 kali selama sehari. Diare juga dapat menyebabkan dehidrasi dan lemah pada bayi, jika tidak segera diatasi, oleh karena itu alangkah baiknya jika para ibu memberikan air tajin pada bayi, karena air tajin mampu mengatasi diare pada bayi dan karena air tajin ini memiliki kandungan serat, natrium, dan juga karbohidrat yang mampu mengurangi gerakan pada usus.

    Tidak hanya itu, air tajin juga dapat di gunakan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang agar sang bayi tidak terkena dehidrasi, karan dengan berkurangnya gerakan usus pada bayi dan juga cairan tubuh nya yang terganti ini mampu membuat bayi kembali bertenaga dan gejala diare menjadi lebih ringan.

    • Mampu menjaga kesehatan rambut

    Meskipun masalah rambut jarang terjadi pada bayi, akan tetapi masalah rambut tersebut bisa sangat mungkin terjadi pada bayi. Agar bayi mempunyai kesehatan rambut yang terjaga, para ibu bisa menggunakan manfaat dari air tajin ini untuk melakukan perawatan pada rambut bayi, karena pada air tajin terdapat kandungan inositol yang dapat memperkuat rambut, dan menjaga kesehatan pada rambut agar rambut tidak bercabang.

    • Mencegah panas dalam

    Selain bisa mengatasi diare air tajin juga dapat digunakan sebagai obat alami guna mengatasi panas dalam. Panas dalam pada bayi biasanya terjadi karena tubuh si bayi kekurangan cairan. Jika kita rutin memberikan air tajin pada bayi, akan sangat membantu untuk meghindarkannya dari timbulnya panas dalam, karena air tajin yang memiliki kandungan air dan mineral yang sang bermanfaat bagi tubuh sang bayi agar tidak mudah terkena panas dalam yang membuat sang bayi merasa tidak nyaman.

    • Menjaga kesehatan kulit

    Air tajin sendiri juga sengat baik di gunakan untuk menjaga kesehatan kulit pada bayi, dan air tajin ini juga bisa digunakan untuk masker alami untuk merawat kulit wajah, karena air tajin ini mampu membuat kulit menjdai halus dan berseri. Ini terjadi karena air tajin mengandung zat oryzanol yang berfungsi untuk meregenerasi sel-sel kulit yang mati dan rusak.

    • Alternatif saat diet

    Dengan memiliki kandungan nutrisi, air tajin ini sangat bermanfaat untuk siapapun yang akan melakukan program diet. Karna air tajin tidak akan menambah berat badan jika kita mengkonsumsi nya secara rutin, selain itu air tajin ini juga berguna sebagai pengganti karbohidrat yang biasa di dapat pada nasi.

    • Sebagai MPASI untuk diperkenalkan pada bayi yang sudah disapih

    Jika para ibu suda mulai memperkenalkan makanan padat pada sang bayi, ibu juga bisa mempertimbangkan dahulu untuk memberikan air tajin pada bayi sebagai MPASI. Karna air tajin kaya akan energi dan juga sangat mudah di cerna oleh bayi. Alangkah baiknya sebelum memberikan air tajin, ibu berikan dahulu makanan padat pada bayi untuk menyiapkan pencernaannya. (Doni)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Air Tajin Untuk Bayi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar