Tips Memulai Bisnis Ternak Lele

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Budidaya merupakan salah satu bentuk budi daya perairan yang di khususkan membudidayakan ikan di kolam maupun di tangki, yang biasanya untuk menghasilkan makanan, ikan hias dan pemancingan (rekreasi). Ikan yang paling banyak diminati untuk di budi daya adalah ikan mas, ikan salmon, ikan lele, dan ikan nila. Peternak ikan air tawar biasanya akan memelihara ikan yang sangat popular dan sangat diminati oleh masyarakat sekitar, seperti ikan lele, karena ternak ikan lele atau budidaya ikan lele merupakan salah satu peluang bisnis yang sangat menguntungkan yang dapat kita manfaatkan. Yang di mana ikan lele merupakan salah satu ikan air tawar yang paling banyak diminati, khususnya warga Negara Indonesia.

    Membudidayakan ikan lele ini pun tidak sulit, karena ikan lele ini, merupakan ikan yang mudah kita dapatkan dan cara perawatannya pun lebih mudah dibanding ikan-ikan air tawar lainnya. Ikan lele ini pertubuhan nya relative lebih cepat dibanding ikan jenis lainnya, ikan ini sangat banyak di budidayakan oleh para peternak ikan, tidak sampai bertahun–tahun untuk memanen ikan lele ini, hanya butuh waktu 3 bulan saja ikan ini siap untuk di panen dan di konsumsi.

    Terdapat banyak sekali jenis–jenis kolam yang di gunakan untuk membudidayakan ikan air tawar seperti ikan lele, diantaranya kolam tanah, kolam terpal, kolam semen, dan lainnya. Untuk saat ini yang sangat trend di gunakan adalah kolam terpal, lebih mudah perawatannya. Tetapi lebih baik kita memilih kolam yang sesuai dengan lingkungan sekitar dulu. Persiapkan kolam yang di pakai, baik dari terpal maupun lainnya, lakukan pengeringan dulu, yang bertujuan untuk mematikan jamur dan penyakit, takutnya ikan nya terkena serangan tersebut. Setelah itu bisa lakukan pengapuran dan pemupukan. Pengapuran bertujuan untuk membasmi mikroorganisme jahat, dan pemupukan bertujuan untuk membuat pakan alami yang terbuta dari pupuk organic, seperti pupuk kompos dan kandang.

    Berikut tips yang lebih tepat untuk memulai membudidayakan ikan lele :

    Atur lah air kolam dari ketinggian air itu sesuai yang biasa dilakukan beternak ikan lele, dari pupuk yang telah di tebarkan, setelah beberapa hari air kolam akan berubah menjadi kehijauan, itu menandakan pakan alami tersebut sudah siap. Bibit ikan lele siap untuk di masukkan, Banyak jenis ikan lele yang di pasarkan di setiap jenis bibit nya dan mempunyai keunggulan masing–masing. Yang tergolong bibit ikan lele yang berkualitas mempunyai tanda–tanda :

    • Tahan, Kuat Untuk serangan hama dan penyakit.
    • Gerakannya Gesit, Cepat
    • Anggota tubuh lengkap

    Dan berikut inilah tips-tips yang lebih tepat untuk memulai bisnis ikan lele:

    • Pilihlah Bibit – Bibit Unggul

    Dalam memilih bibit ikan lele ini kita tidak boleh asal asalan, anda harus memilih jenis jenis ikan yang sulit terserang oleh hama dan penyakit, besar dan sehat, bibit yang unggul untuk ikan lele adalah gesit, cepat dan agresif saat memberi ikan makan.

    • Pisahkan Ikan Yang Ukurannya Kecil Dan Besar

    Ikan lele merupakan ikan kanibal, ketika ia lapar dan tidak ada makanan ikan lele itu akan memakan temannya sendiri, Memakan sesame jenis. Untuk menghindarkan resiko tersebut anda cukup memisahkan ikan yang besar dengan yang kecil.

    • Perhatikan Proses Penebaran Bibit

    Kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula adalah menebar bibit ikan langsung secara bersamaan ke kolam, hal itu bisa membuat ikan lele menjadi stress, sehingga dapat menyebabkan kematian pada ikan. Maka gunakan ember lalu masukkan ikan lele kedalam ember lalu masukkan ke kolam selama 30 menit  agar ikan lele nya dapat keluar sendiri.

    • Sortir Ikan Lele                                                            

    Setelah bibit ikan lele tersebut berumur 20 hari, anda perlu melakukan penyortiran dengan bak untuk memisahkan ikan yang berukuran kecil dengan yang besar.

    • Atur Kualitas Air Kolam.

    Air yang baik untuk memelihara ikan lele adalah berwarna hijau

    • Perhatikan Kedalaman Kolam

    Air pada kolam akan berkurang karena penguapan, dan anda harus siap rutin menambahkan air.

    • Perhatikan Pakan Ikan Lele

    Ikan lele harus diberi makan 3 kali sehari yaitu pagi, sore dan malam.

    • Pencegahan Hama & Penyakit

    Jangan sampai hewan liar masuk kedalam kolam. Dan siapkan obat obat pencegah hama di toko ikan.

    • Proses Panen

    Ikan lele siap dipanen setelah 3 bulan dari ikan lele mulai disebar.

    • Pasca Produksi

    Sebelum anda menebar bibit baru, lebih baik anda membersihkan kolam. Agar tidak ada ikan yang tersisa, karena jika masih ada yang tertinggal dan anda sudah menebar bibit baru, habislah ikan itu dimakan dengan ikan yang sudah besar. (Ikwan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Memulai Bisnis Ternak Lele
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar