Cara Memperbaiki VGA  Yang Crash

Daftar Isi

    LancangKuning.com Apa itu VGA? Video Graphics Array (VGA) adalah monitor standar untung mengelola sebuah tampilan yang digunakan di oleh banyak Komputer di dalam VGA memiliki prosessor yang memiliki biasa nya disebut dengan GPU (Graphics Processing Unit) yang membutuhkan memori untuk proses kerjanya. Dan oleh sebab itu, jika monitornya kompatibel dengan VGA, dan maka komputer itu dapat bekerjasama dengan komputer lainnya. Standar VFA awalnya dikembangkan oleh IBM pada tahun 1987 dan mengacu pada sebuah resolusi layar 640x480 piksel.

    VGA adalah standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas oleh sebuah pabrik pembuat kartu grafis pada komputer. Dan yang paling utama yakni super VGA (SVGA), yang akan memungkinkan resolusi lebih tinggi dari 640x480, misalnya 800x600 atau 1024x768. Sambungan dari VGA yang standar mempunyai 15 pin dan berbentuk sebuah trapezoid. Kartu grafis (VGA) biasanya digunakan untuk menerjemahkan sebuah rakitan dari sebuah tampilan PC ke monitor.  Tampilan windows biasanya masih menggunakan modus VGA karena masih didukung oleh sebuah produsen monitor dan VGA.

    Fungsi VGA

    Fungsi VGA Card ialah sesuatu yang menghasilkan dan menampilkan sebuah bentuk gambar ke display pada komputer. Dan pada zaman ini semua motherboard mempunyai kartu VGA built-in. Fungsi VGA Card bisa dianggap tidak terlalu penting karena mayoritas sudah ditanamkan langsung pada motherboard, dan kemudian pengguna komputer hanya bisa menggunkannya untuk aktifitas misalnya  Microsoft word atau Browsing. Dan untuk itu, kita tidak perlu menggunakan VGA Card dengan spesifikasi yang tinggi.

    Cara memperbaiki VGA yang Rusak

    Apakah kamu pernah mengalami suatu hal dimana kartu grafis atau VGA kamu mengalami kerusakan (crash) sehingga komputer kamu tidak bisa digerakkan? Kartu grafis atau VGA akan bisa mengalami akibat dalam beberapa hal. Kartu grafis atau VGA ialah komponen yang ada di dalam komputer yang intinya bekerja dalam suatu pengolahan gambar supaya bisa menampilkan dengan sangat sempurna. Ada dua cara yang harus kamu coba buat memperbaiki VGA yang rusak.

    Sebelum kita membahas cara bagaimana memperbaiki VGA Card yang telah rusak, langkah pertama kita lihat terlebih dahulu tentang kerusakan yang suka terjadi pada VGA.

    • VGA card yang Artefak
    • VGA card yang tidak terdeteksi
    • VGA card yang bergaris
    • VGA card yang gambarnya pecah-pecah
    • GPU artifacts
    • Video Ram artifacts
    • Tinted screen

    Dan biasanya itulah kerusakan yang sering kali terjadi pada VGA Card, penyebab kerusakan nya pun sangat berbagai macam bentuk, dan ciri-ciri atau tanda yang sering kali kita temukan biasanya sering nya terjadi pecahnya warna secara mendadak pada saat menggunakan komputer.

    1. Cara memperbaiki VGA Card yang Artefak

    Berikut ini langkah-langkah yang dapat dicontoh untuk melakukan cara memperbaiki VGA yang Artefak

    1. Sebelum kita memulai memperbaiki VGA card yang rusak, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memulai membersihkan papan VGA card yang akan diperbaiki. Cara ini dapat kita lakukan dengan menggunakan kuas pembersih.
    2. Setelah itu buka papan VGA dari tiap-tiap bagian nya, lalu celupkan papan VGA yang telah dibuka sebelumnya tadi ke dalam ember yang bersih yang telah diisi dengan campuran air dan detergen pembersih. Lalu celupkan hingga seluruh bagian papan semua nya terendam.
    3. Rendam selama kurang lebih dari 20 menit.
    4. Jika telah selesai, bersihkan seluruh bagian papan VGA dengan cara menggosok-gosok bagian permukaan yang kotor sampai benar-benar bersih.
    5. Kemudian itu bilas papan VGA yang telah dibersihkan tadi menggunakan air yang bersih.
    6. Dan jangan lupa juga untuk membersihkan pada bagian heat sink fan dari papan VGA dengan melakukan cara yang sama.
    7. Dan yang harus kita ingat, dalam melakukan sebuah proses pengeringan lakukan lah dengan menggunakan pengering rambut atau juga bisa melakukan nya dengan cara menjemur nya di bawah sinar matahari.
    8. Setelah itu, pastikan semua komponen kering dan tidak ada lagi air yang tertinggal, lalu kemudian pasang lagi heatsink fan kedalam papan VGA.
    9. Jika semua telah selesai, pasang kembali perangkat-perangkat yang dilepaskan tadi kembalikan pada papan VGA dan jangan lupa buat mengecek kembali hasil dari perbaikan pada PC tersebut. (Iksan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Memperbaiki VGA  Yang Crash
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    50%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    50%

    Marah

    0%

    Komentar