Cara Sukses Memasarkan Produk UKM Atau  UMKM

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Berbicara mengenai situasi ekonomi yang ada di Indonesia selalu terkait dengan usaha kecil – kecilan yang ada di penjuru tanah air. Kenapa? karena sector dari usaha kecil inilah yang sebenarnya yang menafkahi sebagian warga masyarakat Indonesia ini. Dan usaha inilah yang terbukti tetap selalu berdiri tegak meski ekonomi bangsa Indonesia ini di landa krisis sebesar apapun. Dalam perbincangan tersebut pula usaha kecil lalu dikategorikan ke dalam jenis-jenis usaha kecil menengah, pun di kaitkan pula dengan kategori usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Kenapa terdapat 2 istilah yang apa perbedaan dari UKM Dengan UMKM? Inilah penjelasannya:

    Jadi, perbedaan UKM dengan UMKM di ambil dari undang – undang nomor 20 tahun 2018 tentang UMKM. Di situ disebutkan usaha mikro adalah usaha yang berkembang milik orang perorangan dan milik badan usaha perorangan yang sudah-sudah memenuhi kriteria usaha mikro seabagaimana di atur dalam undang-undang tersebut. Kriteria Usaha Mikro Kecil dan Menengah ini (UMKM) adalah usaha yang asset nya Rp. 50 juta Dan Maksimal Omsetnya Rp. 300 Juta.

    Sedangkan Usaha Kecil Menengah (UKM) Adalah usaha yang berekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang di lakukan oleh orang atau badan usaha yang merupakan bukan anak perusahaan yang dimiliki, yang di kuasai dan menjadi bagian baik langsung tidak langsung dari usaha menengah atau usaha besar yang sudah memenuhi kriteria usaha kecil. Usaha kecil sebagaimana yang di maksud dengan undang – undang adalah usaha yang kriterianya Rp. 50 – 100 Juta denga kriteria Omset antara Rp. 300 Juta Hingga Rp. 2,5 Milyar.

    Pada praktiknya, UKM (Usaha Kecil Menengah) juga di atur oleh beberapa seperti surat edaran Bank Indonesia Nomor 26/I/KK pada tanggal 29 mei 1993 Perihal Kredit Usaha Kecil (KUK) yaitu usaha yang mempunyai total asset Rp. 600 juta tidak termasuk tanah dan juga rumah yang sudah di tempati. Sedangkan menurut departemen perdagangan dan perindustrian, pengusaha kecil dan menengah adalah kelompok industry tradisional, industry modern dan industry kerajinan yang mempunyai penyuntikan dana (investasi), modal untuk engine–engine dengan resiko tenaga kerja Rp 625N Juta ke bawah dan usahanya juga harus dimiliki warga warga dari Negara Indonesia.

    Dan Bagaimanakah Cara Untuk Memasarkan Produk Dari UKM Atau UMKM?

    Strategi marketing yang terbaik dapat memberikan hasil yang sangat maksimal memakai biaya yang efektif, Berikut ini ada beberapa tips tips pemasaran yang dapat dilakukan UKM :

    1. SEO (Search Engine Optimization)

    SEO merupakan strategi marketing yang dapat dilakukan dengan biaya yang relative lebih rendah. Dengan melakukan optimization kepada website yang memungkinkan website anda akan muncul di halaman pencarian Search engine optimization tersebut dan mendapatkan pengunjung yang kemungkinan sangat besar menginginkan produk anda itu.

    1. SEM (Search Engine Marketing)

    SEM Mempunyai media yang sama dengan SEO Yaitu Search Engine, Tapi yang memebedakannya itu adalah ketika memakai strategi SEM sebagai pemasaran online. Posisi iklan anda berada pada paling atas.

    1. Social Media Marketing

    Sangat tidak diragukan lagi sosmed yang memiliki dampak yang sangat signifikan jika digunakan untuk melakukan pemasaran.

    1. Affiliate Marketing

    Strategi ini merupakan pemasaran daring yang saling menguntungkan. Hal ini karena anda akan berbagi pendapatan dengan pebisnis lain untuk di setiap produk yang terjual

    Strategi Pemasaran Produk Dari UMKM:

    • Buat Target Konsumen Yang Jelas Dan Fokus
    • Ambil konsumen yang sangat spesifik dan jumlahnya banyak untuk kita layani
    • Mengetahui kategori di mana bisnis kita ditawarkan
    • Kita dapat menjabarkan yang sebenarnya bisnis kita itu masuk dalam bentuk apa.
    • Mempunyai Manfaat Unik Yang Di Tawarkan. Baik produk atau apa saja yang ditawarkan, Maka dalam pemasaran itu harus mempunyai keunikan manfaat yang tidak dipunyai di tempat lain.
    • Mengetahui Kompetitor Asli Dari Bisnis Kita
    • Memastikan Apa Yang Di Tawarkan Lebih Baik Dari Kompetitor. (Ikhwan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Sukses Memasarkan Produk UKM Atau  UMKM
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar