Museum Tionghoa Objek Wisata Budaya Sejarah di Bagansiapiapi

Daftar Isi

    Museum Tionghoa adalah salah satu museum yang terdapat di Bagansiapiapi, Rokan Hilir, tepatnya di Batu Empat, Kecamatan Bangko.  Di dalam Museum terdapat berbagai hal yang berhubungan dengan kebudayaan masyarakat Tionghoa dan berisikan benda bersejarah keturunan Tionghoa.

    Di dalam Museum Tionghoa ini, banyak ilmu pengetahuan yang dapat dijadikan landasan sejarah warga Tionghoa, mulai dari sejarah kedatangan masyarakat Tionghoa, zaman colonial Belanda hingga saat ini. Pun demikian dengan sejarah ritual Bakar Tongkang yang sangat terkenal di Bagansiapiapi Rokan Hilir yang merupakan tradisi masyarakat Tionghoa yang sudah mendunia sebagai event tahunan. Museum Tionghoa ini saat ritual Bakar Tongkang akan dipadati pengunjung dari berbagai mancanegara.

    Baca Juga  : Story PKU

    Di dalam museum kita bisa menemukan berbagai koleksi khas masyarakat Tionghoa seperti patung Dewa Nasib (god of fate), Dewa Keuangan (god of finance), Dewa Keberkahan (god of blessing). Patung Dewa Harimau (god of tiger), Sempoa (alat hitung khas cina). Aneka koleksi guci dan piring antik khas Tionghoa dan berbagai macam lainnya barang-barang antik dan unik khas buatan tangan masyarakat Tionghoa di Bagansiapiapi.

    Bagansiapiapi yang terkenal dengan sebutan kota seribu kubah memang memillilki berbagai bangunan-bangunan yang bernilai seajarah. Tidak hanya Museum Tionghoa saja, masih banyak lagi museum, bangunan dan tugu-tugu yang indah di kota dengan khas oleh-oleh kacang pukul ini. Di sekitar Museum Tionghoa juga terdapat Museum Muslim Bagansiapiapi.

    Pengunjung Museum Tionghoa umumnya warga Tionghoa baik dari daerah Bagansiapiapi, Provinsi tetangga hingga mancanegara. Tentu yang datang ke Museum Tionghoa ini bagi siapapun akan menambah wawasan budaya, tidak mesti etnis Tionghoa saja, siapa pun bisa mengunjungi museum ini untuk menambah pengetahuan dan wawasan budaya yang ada. (hyAzn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Museum Tionghoa Objek Wisata Budaya Sejarah di Bagansiapiapi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar