Surga Bawah Laut Mesir, Taman Nasional Ras Mohammad

Daftar Isi

    Foto: (AFP PHOTO/EMILY IRVING-SWIFT)

    LancangKuning.Com, Semenanjung Sinai - Laut Merah memang sudah terkenal cantik. Tapi siapa sangka, di bawah lautnya, ada surga yang jarang orang tahu. Inilah Taman Nasional Ras Mohammad.

    Taman Nasional Ras Mohammad adalah salah satu surga bawah laut kepunyaan Laut Merah. Taman nasional ini berada di selatan Semenanjung Sinai, seperti yang diintip detikTravel dari berbagai sumber, Sabtu (27/10/2018).

    Wilayah Taman Nasional Ras Mohammad berbatasan dengan Teluk Suez di bagian barat dan Teluk Aqaba di bagian timur. Di bagian timur sendiri, ada dua pulau cantik yaitu Tiran dan Sanafir.

    Nah di Pulau Tiran ada sebuah gua bawah laut yang terbentuk akibat gempa bumi. Keindahan bawah lautnya pun makin beragam. Ikan-ikan karang cantik, muray, penyu sisik sampai penyu hijau bisa traveler temukan di sini.

    Nama taman nasional ini sendiri diberikan karena kawasannya mirip dengan bentuk kepala. Egyptian Environmental Affairs Agency (EEAA) menetapkan Taman Nasional Ras Mohammad sebagai kawasan bahari yang terlindungi sejak tahun 1983.

    Kawasan taman nasional ini luasnya 480 km persegi. Luas ini terbagi dari daratan 135 km persegi dan 345 km persegi. 

    Di dalam lautannya ada sekitar 220 jenis terumbu karang. Kebanyakan adalah karang seafan dan hermatypic. 

    Benar-benar dijaga, kawasan ini melarang segala aktivitas penangkapan ikan dan pembangunan massif. Hal ini dilakukan untuk menjaga ekosistem yang berlangsung di Taman Nasional Ras Mohammad.

    Saking cantik dan beningnya, kamu bisa melihat keindahan lautnya dari permukaan. Benar-benar sebening kaca!

    Traveler yang suka dengan wreck bisa menyelam ke beberapa titik, yaitu area South Bereika, Marsa Ghozlani, Old Quay, dan Shark Observatory. Di titik-titik ini ada bangkai kapal SS Thistlegorm. (*)

    Sumber.Detik.Com

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Surga Bawah Laut Mesir, Taman Nasional Ras Mohammad
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar