Air Terjun Batu Basurek, Wisata Padang Pariaman yang Menyimpan Cerita dan Keindahan

Daftar Isi

    Lancangkuning.com - Mengisi masa liburan bersama keluarga tentulah hal yang sangat menarik dan menyenangkan apalagi jika berwisata ke alam terbuka dengan keindahan alam lingkungan yang dipancarkannya. Kali ini kita akan menelusuri salah satu wisata air terjun yang ada di Kabupaten Padang Pariaman, tepatnya wisata Air Terjun Batu Basurek di kecamatan Sungai Geringging. Jika sudah sampai di kecamatan Sungai Geringging maka kita mesti ke Korong Ladang Rimbo Nagari Sungai Sirah. 

    Sekitar satu jam mencapai lokasi air terjun. Akan ditemui semak belukar selama perjalanan menuju Air Terjun Batu Basurek dengan jalan yang relatif landai dan juga terdapat jalan yang sudah dibuka untuk mempersingkat jarak ke Air Terjun Batu Basurek. Pemandangan yang eksotik dengan alam yang sangat asri akan memanjakan mata kita selama menuju tempat lokasi air terjun. 

     

    Air Terjun Batu Basurek terdiri dari tiga tingkat dengan keunikan tersendiri pada masing-masing tingkat. Untuk mencapai ke tingkat tiga butuh perjuangan, karena medannya lebih berat dengan jalan harus memutar. Dari informasi yang berkembang, Air Terjun Batu Basurek konon menyimpan misteri hingga masyarakat setempat menamainya Batu Bersurek. Misteri ini dikabarkan berkaitan dengan kedatangan Bujang Sembilan ke air terjun dan meninggalkan pesan tertulis pada sebuah batu.

     

    Legenda Bujang Sembilan disebutkan berkait dengan cerita tentang asal-usul terjadinya Danau Maninjau di Kabupaten Agam yang tidak begitu jauh dari lokasi Air Terjun Batu Bersurek. Namun batu bersurek itu tidak bisa kita lihat. Yang bisa melihatnya adalah orang yang hilang di kawasan itu, hilang dilarikan si bunian. Setelah ditemukan kembali beberapa hari kemudian, orang itulah yang bercerita kalau dia melihat ada batu bersurek. Sejauh mana mengenai kebenarannya, maka masyarakat dan yang mengalaminya saja yang mengetahui.

     

    Warga setempat juga memiliki komitmen untuk menjadi pemandu bagi para pengunjung untuk menuju objek wisata Air Terjun Batu Basurek dengan membentuk kelompok Pemuda Sadar Wisata baik di Lambeh maupun di Ladang Rimbo. Air terjun ini terletak di atas bukit sirih atau warga setempat menamakan "gunung" batu basurek. Wisata Air Terjun ini banyak dikunjungi warga, baik warga lokal maupun daerah luar padang pariaman. Lokasinya yang berada di dalam hutan lindung Kabupaten Padang Pariaman memang menjadikan air terjun ini tidak seterkenal lubuk nyarai yang ada di lubuk alung ataupun air terjun lembah harau yang ada di lembah anai. (Nay)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Air Terjun Batu Basurek, Wisata Padang Pariaman yang Menyimpan Cerita dan Keindahan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar