Meskipun Salah Jurusan Kuliah, Kamu Akan Merasakan “Ada Manfaatnya Juga”

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sudah menjadi dilema bagi banyak mahasiswa Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat setelah lulus menentukan jurusan kuliah yang tepat sesuai bakat mereka. Kerap kali mereka salah mengartikan setiap jurusan yang tersedia, sehingga bukan hal yang aneh lagi jika setelah duduk di bangku kuliah mereka baru merasakan duduk di jurusan yang salah.

    Kurangnya infomasi terkait jurusan yang dipilih atau tidak terlalu aktifnya calon mahasiswa dalam mendapatkan informasi terkait jurusan kuliah menjadi faktor pemicu banyak mereka merasa bahwa salah masuk kandang. Ketika kamu mengalami hal ini, kamu tidak perlu merasa sedih karena hal ini tidak dihadapi oleh kamu saja.

    Banyak mahasiswa lainnya mengalami hal yang sama, hanya saja cara mereka menyikapi berbeda. Ada dari mereka memilih menyerah di awal pertempuran, ada pula memilih bertahan hingga titik darah penghabisan, dan ada pula yang bertahan namun di detik-detik terakhir ia melambaikan tangan karena tidak sanggup alias menyerah.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Memang sangat disayangkan sekali ketika kita mendapati jurusan kulian yang salah, dimana anda akan kurang termotivasi dalam belajar bahkan efek lainnya bisa saja sulit dalam mengikuti setiap pelajaran yang diajarkan dosen.

    Bagi kamu yang merasa harus bertahan dan memilih bertahan, penting kamu tanamkan di dalam diri bahwa memasuki jurusan kuliah yang salah bukan berarti dunia kamu berakhir. Buktinya banyak kok mereka yang salah jurusan namun malah sukses dengan jurusan tersebut. Nah, agar kamu tidak berkecil hati ada beberapa manfaat bisa kamu dapatkan ketika salah jurusan. Berikut manfaatnya :

    1. Menambah Wawasan

    Sebenarnya tidak ada salahnya dengan salah jurusan, dimana kamu bisa mengambil sisi positifnya yaitu mendapatkan ilmu pengetahuan di masa kuliah bisa kamu manfaatkan nantinya. Apapun ilmu pengetahuan yang kamu dapat tentu saja tidak akan pernah sia-sia. Dengan salah jurusan kamu bisa memperoleh ilmu lebih luas yakni di bidang berbeda dari apa yang hanya kamu ketahui sebelumnya.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Bandar Lampung

    1. Belajar Menyukai Hal yang Awalnya tidak Kamu Sukai

    Ketika kita salah jurusan otomatis disebabkan karena kita tidak menyukai dan merasa jurusan tersebut tidak sesuai dengan kita. Namun, jika kamu tetap menjalaninya tentu saja itu sudah membuat kamu terlatih dalam melakukan hal yang tidak kamu sukai. Sehingga kamu bisa terus belajar dari pengalaman tersebut untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Dengan begitu ketika memasuki dunia kerja kamu bisa denga mudah menghadapi setiap kondisi yang pada dasarnya banyak tidak kamu sukai.

    1. Kesempatan Memilih Ragam Pekerjaan

    Alasan pertama kenapa anda merasa jurusan yang anda pilih salah karena tidak sesuai dengan passion kamu. Sebenarnya hal ini justru menguntungkan untuk kamu, pasalnya kamu bisa mendapatkan kerjaan dengan ragam pilihan. Bisa bekerja sesuai passion atau bekerja sesuai jurusan kamu jalani.

    1. Belajar Lebih Bertanggung Jawab

    Ketika kamu berusaha untuk bertahan di jurusan yang dianggap salah dan tidak sesuai dengan diri kamu, maka itu merupakan proses belajar agar kamu bisa menjadi orang yang bertanggung jawab. Meskipun sulit, kamu akan berusaha dan terbiasa dengan hal tersebut sehingga ini juga faktor membantu anda dalam beradaptasi di dunia kerja nantinya.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Pasalnya di dunia kerjaan kamu akan menemukan pekerjaan tidak anda sukai, nah ketika berhadapan dengan hal tersebut kamu sudah terbiasa dan tetap bertanggung jawab mengerjakannya.

    1. Mempunyai keterampilan khusus

    Tidak saja mendapatkan ilmu baru ketika anda salah jurusan, namun kamu juga akan memperoleh keterampilan khusus dari setiap pelajaran yang tersaji pada jurusan tersebut. nah, keterampilan tersebut tentu nantinya akan bermanfaat sekali untuk membantu kamu di dunia kerja dan di kehidupan sehari-hari.

    Nah, itulah beberapa hal yang bisa dapatkan ketika kamu salah jurusan. Ternyata salah jurusan tersebut tidak membuat seluruh hidup kamu berakhir, malahan kamu akan berkata “salah jurusan, ternyata ada manfaatnya juga.” Intinya apapun jurusan yang saat ini kamu jalani di bangku kuliah cobalah untuk bertanggung jawab semampu mungkin. Sebelum menyerah coba pertimbangkan beberapa hal agar kamu tidak menyesal nantinya.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Meskipun Salah Jurusan Kuliah, Kamu Akan Merasakan “Ada Manfaatnya Juga”
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar