Definisi dan Jenis Animasi Pada Stop Motion

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pada kali kita akan membahas suatu yang sangat menarik yaitu tentang definisi animasi pada stop motion dan jenisnya. Tetapi apakah sudah ada yang tau apa itu animasi? dan apakah sudah ada yang tau animasi stop motion itu apa?

    Animasi ialah merupakan berupa gambar yang bergerak, yang asalnya dari suatu kumpulan-kumpulan objek yang sudah di susun dengan sedemikian baik dan akan bergerak mengikuti proses yang sudah di buat atau sudah di tetapkan dalam hitungan waktu. Lalu apakah itu stop motion? Animasi Stop Motion ialah suatu teknik yang sudah dioperasikan secara fisik supaya agar bergerak sendiri.

    Sehingga akan terciptanya suatu ilusi gerakan ketika kumpulan frame dimainkan dengan berurutan secara baik. Mengapa disebut dengan stop motion? Karena pada animasi tersebut sering memanfaatkan tanah liat atau plastisin untuk objek yang akan digerakkan. Animasi tidak bisa dibuat dengan waktu yang sangat singkat. Mengerjakan animasi teknik stop motion ini sebenarnya tergolong sederhana dan sangat kuno.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Pada animasi stop motion tidak diperlukan suatu keahlian yang khusus dalam membuatnya, yang paling dibutuhkan pada saat pengerjaan nya ialah harus teliti. Dan setiap ada nya sebuah pergerakan akan direkam melalui video atau bisa juga dengan di foto saja. Dan hasil rekaman tersebut akan disusun dengan cara berurutan, maka akan tercipta kesan yang seolah-olah objek tersebut bergerak dengan sendirinya.

    Bagaimanakah dengan jenis-jenis animasi pada stop motion? apakah kalian sudah tahu apa-apa saja jenis animasi pada stop motion? Mari kita bahas.

    Ini ialah jenis animasi pada stop motion :

    1. Animasi Cut Out
      Pada jenis animasi cut out ini merupakan suatu teknik yang berguna untuk membentuk suatu animasi, cara pembuatannya dengan membuat suatu potongan gambar yang sudah cocok dengan rupa yang akan diinginkan. Ini dibuat dengan menggunakan suatu alat dan karakter yang datar. Untuk latar belakang nya akan menggunakan kertas atau lainnya sesuai dengan yang akan dibutuhkan. Jenis yang seperti ini sering di produksi dengan PC atau komputer, yang di lakukan biasa nya gambar akan di scanning.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Bandar Lampung

    1. Animasi Siluet atau Silhoutte Animation
      Pada jenis animasi yang satu ini akan di gunting dan dirangkai menjadi bayangan hitam atau gambar yang gelap. Pada jenis animasi ini kadang-kadang digunakan juga untuk sebagai karya seni.
    2. Animasi Objek
      Pada jenis animasi objek yang memanfaatkan suatu benda seperti kaleng, balok atau lainnya, dimana benda itu tidak kayak tanah liat yang gampang saja dibentuk dan lunak.
    3. Animasi Grafis
      Variasi pada animasi grafis ini ialah merupakan variasi yang lebih abstrak dibandingkan dengan animasi yang tradisional bidang datar dan animasi pada jenis cut out ini. Akan tetapi dengan teknis yang jenis nya animasi ini menggunakan foto untuk objek animasi nya.
    4. Animasi Pixilation
      Pada jenis animasi pixilation ini akan menggunakan aktor yang hidup, dimana aktor hidup tersebut bertingkah seperti boneka. Pada pelaksanaan pemotretan, seorang aktor akan bergaya berulang-ulang kali untuk satu atau banyak frame akan di ambil dan akan bergerak sedikit. Pada frame berikutnya akan seperti gaya bentuk boneka yang digerakkan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Animasi Puppet
      Pada jenis animasi puppet ini biasanya akan melibatkan wayang, boneka atau tokoh yang lainnya yang digunakan untuk penyederhanaan dari bentuk alam yang ada. Tokoh atau boneka yang dibuat dari suatu bahan yang memang dari bahan lunak dan mudah digerakkan pada saat melakukan sesi pemotretan bingkai demi bingkai. Untuk bahan biasanya digunakan ialah kayu yang mudah untuk di ukir, kain, tanah liat dan lainnya. Yang penting menciptakan karakter yang tidak kaku.
    2. Animasi Clay
      Pada jenis animasi clay ini menggunakan bahan tanah liat atau dengan bahan-bahan lunak yang mudah dibentuk, untuk sebagai objek yang akan di gerakkan.

    Jadi stop motion tersebut merupakan suatu objek yang sudah dirancang secara jasmani agar bisa terlihat bergerak dengan sendirinya tanpa ada alat bantuan yang terlihat.

    Dan tadi sudah dijelaskan berbagai macam tentang jenis animasi stop motion yang ada. Jenis animasi apa saja yang akan kalian buat? Selamat mencobakan jenis animasi stop motion.(Nada)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Definisi dan Jenis Animasi Pada Stop Motion
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar