Prinsip Kerja Dari Sistem Pelumas Tekan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kompresor piston telah ada selama berabad-abad. Mereka dapat disuntikkan minyak atau bebas minyak, tergantung pada aplikasi dan penggunaan akhir. Dalam model yang diinjeksi oli, oli biasanya melayani tiga tujuan penting: pendinginan, penyegelan dan pelumasan. Tetapi tidak semua kompresor piston yang diinjeksi oli melumasi komponen dengan cara yang sama. Ada dua sistem umum untuk melumasi pompa dalam kompresor piston: percikan dan pelumasan tekanan.

    • Sistem Pelumasan Splash

    Dalam sistem pelumasan percikan, oli diterapkan ke silinder dan piston dengan memutar dipper pada tutup bantalan batang penghubung. Setiap kali mereka berputar, gayung melewati palung berisi minyak. Setelah berjalan melalui bak oli, gayung mencipratkan minyak ke dalam silinder dan piston untuk melumasinya.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Sementara pelumasan percikan efektif untuk mesin dan pompa yang lebih kecil, itu bukan proses yang tepat. Bagian pompa mungkin tidak cukup diminyaki atau diminyaki terlalu banyak. Jumlah minyak dalam bak sangat penting untuk operasi yang tepat. Jika tidak ada cukup oli, keausan di antara komponen-komponen penting dapat terjadi, dan terlalu banyak oli akan menyebabkan pelumasan berlebihan, yang dapat menyebabkan kunci hidrolik.

    Jenis oli yang digunakan dan viskositasnya juga penting dalam sistem splash lube. Oli harus cukup tebal untuk memberikan pelumasan yang cukup dan melekat pada dippers, tetapi tidak terlalu kental sehingga memanas saat diaduk dalam bak oli. Kemurnian minyak juga penting; oli harus disaring secara teratur dan diisi ulang bila perlu.

    • Sistem Pelumasan Tekanan

    Pelumasan tekanan adalah jenis sistem kedua yang digunakan untuk melumasi kompresor piston. Ini adalah metode yang lebih maju secara teknis dan biasanya lebih mahal, tetapi menghasilkan umur yang lebih lama untuk kompresor.

    Pelumasan tekanan adalah proses di mana pompa oli mendistribusikan oli dengan tepat ke area-area utama pompa. Biasanya, minyak dipompa melalui filter oli dan masuk ke pompa tempat minyak itu kemudian didaur ulang dan digunakan kembali; menggunakan filter oli yang dapat diganti lebih lanjut dapat meningkatkan umur oli. Minyak diangkut ke area kunci dengan menggunakan pompa minyak. Oleh karena itu, viskositas minyak tidak sepenting dengan sistem tabung splash.

    Baca juga : 4 Macam Mekanisme Katup

    Metode mana pun telah digunakan secara luas dalam berbagai aplikasi pompa dan mesin, dan keduanya cocok untuk aplikasi kompresor piston. Saat membeli kompresor piston baru, putuskan apa yang penting bagi Anda. Jika biaya di muka penting, kompresor percikan yang dilumasi mungkin adalah cara yang harus ditempuh. Tetapi jika Anda ingin berinvestasi lebih banyak dalam kompresor piston yang dilumasi tekanan, Anda akan dihargai dengan umur panjang dan keandalan yang ditambahkan.

    • Fungsi dan Prinsip Operasi Sistem Pelumasan

    Ada 3 alasan dasar untuk memasukkan oli ke dalam sistem mekanis:

    1. Untuk mendinginkan: -Panas mengalir dari yang lebih panas ke yang lebih dingin. Oli mesin yang beredar di sekitar bagian-bagian mesin yang paling panas menghilangkan panas dari bagian-bagian yang panas ini. Ketika minyak akhirnya kembali ke bak, ia menyerahkan panas ini ke dinding bah yang lebih dingin. Bah adalah reservoir, dan melakukan tugas yang hampir sama dengan reservoir dalam sistem hidrolik.
    2. Untuk menyegel: - Oli dapat bertindak sebagai segel dinamis antara komponen yang bergerak. Sebagai contoh, oli dapat bertindak sebagai penyekat antara cincin piston dan dinding silinder di dalam mesin.
    3. Untuk melumasi: - Oli bertindak sebagai pelumas dengan mencegah kontak logam ke logam antara bagian-bagian mesin yang bergerak.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Oli yang digunakan dalam mesin juga bertindak sebagai agen pembersih, mencegah penumpukan dan oksidasi yang berbahaya, menjaga partikel-partikel kontaminan dalam suspensi dan akhirnya membawa mereka ke tempat penampung, di mana mereka mengendap ke dasar dan akhirnya dikeringkan dari sistem.(Putra)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prinsip Kerja Dari Sistem Pelumas Tekan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar