Keuntungan Sistem Pelumasan Campur

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pelumasan adalah proses atau teknik menggunakan pelumas untuk mengurangi gesekan dan keausan pada kontak antara dua permukaan. Studi tentang pelumasan adalah disiplin di bidang tribologi. Pelumas dapat berupa padatan (seperti Molibdenum disulfida MoS2),  dispersi padat / cair (seperti minyak), cairan (seperti minyak atau air), dispersi cair-cair Atau gas.

    Sistem berpelumas cairan dirancang sedemikian rupa sehingga beban yang diterapkan sebagian atau seluruhnya dibawa oleh tekanan hidrodinamik atau hidrostatik, yang mengurangi interaksi benda padat (dan akibatnya gesekan dan keausan). Tergantung pada tingkat pemisahan permukaan, berbagai rezim pelumasan dapat dibedakan.

    Pelumasan yang memadai memungkinkan pengoperasian elemen mesin yang mulus dan terus-menerus, mengurangi tingkat keausan, dan mencegah tekanan atau kejang yang berlebihan pada bantalan. Ketika pelumasan rusak, komponen dapat saling bergesekan secara destruktif, menyebabkan panas, pengelasan lokal, kerusakan dan kegagalan destruktif.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Cara Kerja Pelumasan

    Sistem berpelumas cairan

    Ketika beban meningkat pada permukaan yang bersentuhan, tiga situasi berbeda dapat diamati sehubungan dengan mode pelumasan, yang disebut rezim pelumasan:

    1. Pelumasan film fluida adalah rezim pelumasan di mana, melalui gaya kental, beban didukung sepenuhnya oleh pelumas di dalam ruang atau celah antara bagian yang bergerak relatif terhadap satu objek lain (sambungan pelumas) dan kontak solid-solid dihindari.

    • Dalam pelumasan hidrostatik, tekanan eksternal diterapkan ke pelumas dalam bantalan untuk mempertahankan film pelumas fluida di mana ia akan diperas keluar.
    • Dalam pelumasan hidrodinamik, gerakan permukaan kontak serta desain pelumas pompa bantalan di sekitar bantalan untuk mempertahankan film pelumas. Desain bantalan ini dapat aus saat dinyalakan, dihentikan atau dibalik, karena film pelumas rusak. Dasar teori pelumasan hidrodinamik adalah persamaan Reynolds. Persamaan yang mengatur teori pelumasan hidrodinamik dan beberapa solusi analitis dapat ditemukan dalam referensi.

    2. Pelumasan elastohidrodinamik: Sebagian besar untuk permukaan yang tidak sesuai atau kondisi beban yang lebih tinggi, badan mengalami regangan elastis pada kontak. Strain semacam itu menciptakan area yang menahan beban, yang menyediakan celah yang hampir paralel untuk mengalir melalui fluida. Seperti halnya pada pelumasan hidrodinamik, gerakan benda yang kontak menghasilkan tekanan yang diinduksi aliran, yang bertindak sebagai gaya bantalan di atas bidang kontak.

    Baca juga : Prinsip Kerja Sistem Pelumasan

    Dalam rejim tekanan tinggi semacam itu, viskositas fluida dapat naik secara signifikan. Pada pelumasan elastohidrodinamik film penuh, film pelumas yang dihasilkan benar-benar memisahkan permukaan. Kontak antara fitur solid yang meningkat, atau kinerja, dapat terjadi, yang mengarah pada pelumasan campuran atau pelumasan batas. Selain persamaan Reynolds, teori elastohydrodynamic mempertimbangkan persamaan defleksi elastik, karena dalam rezim ini deformasi elastis permukaan berkontribusi secara signifikan terhadap ketebalan film pelumas.

    3. Pelumasan batas (juga disebut pelumasan film batas): Efek hidrodinamik dapat diabaikan. Mayat-mayat bersentuhan lebih dekat pada kekejaman mereka; panas yang dikembangkan oleh tekanan lokal menyebabkan suatu kondisi yang disebut slip-stick, dan beberapa kekakuan terputus.

    Pada suhu tinggi dan kondisi tekanan, unsur-unsur pelumas yang reaktif secara kimia bereaksi dengan permukaan kontak, membentuk lapisan ulet atau film yang sangat tahan pada permukaan padat bergerak (film batas) yang mampu mendukung beban dan keausan utama atau kerusakan. dihindari. Pelumasan batas juga didefinisikan sebagai rezim di mana beban dipikul oleh kekasaran permukaan dan bukan oleh pelumas.

    4. Pelumasan campuran: Rezim ini berada di antara rezim pelumasan elastohidrodinamik dan batas penuh film. Film pelumas yang dihasilkan tidak cukup untuk memisahkan tubuh sepenuhnya, tetapi efek hidrodinamik cukup besar.

    Keuntungan Dengan Menggunakan Pelumasan Campur

    a. Ekonomis

    • Perlindungan peralatan jangka panjang.
    • Meningkatkan keandalan mekanik.
    • Kartrid berubah dalam waktu kurang dari 60 detik!
    • Pelumasan yang akurat.
    • Mengurangi biaya perawatan.
    • Peningkatan profitabilitas.
    • Volume pelumas yang tepat per titik.

    b. Andal

    • Terbukti dari industri: 30 tahun distribusi di seluruh dunia.
    • Fitur pengaturan yang luar biasa.
    • Desain pompa yang dipatenkan.

    c. Aman

    • Instalasi jarak jauh untuk titik akses yang sulit atau berbahaya.
    • Mengurangi downtime untuk pelumasan.
    • Mudah digunakan.
    • Verifikasi instan yang ditawarkan oleh perumahan transparan dan fungsi pemeriksaan.

    d. Ekologis

    • Dapat digunakan kembali.
    • Berbagai macam kartrid pengganti yang terjangkau dan paket daya baterai.
    • Isi ulang tidak terbatas.
    • Mengurangi dampak lingkungan.
    • Mengurangi konsumsi pelumas dan meningkatkan perlindungan peralatan produksi.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Selain mendukung beban, pelumas mungkin harus melakukan fungsi lain juga, misalnya dapat mendinginkan area kontak dan mengeluarkan produk aus. Saat melakukan fungsi-fungsi ini, pelumas terus-menerus diganti dari area kontak baik oleh gerakan relatif (hidrodinamika) atau oleh kekuatan yang diinduksi secara eksternal.

    Pelumasan diperlukan untuk pengoperasian sistem mekanik yang benar seperti piston, pompa, Cams, bantalan, turbin, perkakas pemotong, dll. Di mana tanpa pelumasan, tekanan antara permukaan dalam jarak dekat akan menghasilkan panas yang cukup untuk kerusakan permukaan yang cepat yang dalam kondisi kasar mungkin dalam kondisi kasar. secara harfiah mengelas permukaan bersama, menyebabkan kejang.

    Dalam beberapa aplikasi, seperti mesin piston, film antara piston dan dinding silinder juga menyegel ruang bakar, mencegah gas pembakaran keluar ke dalam bak mesin.(Bagas)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Keuntungan Sistem Pelumasan Campur
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar