Penetapan Pangsa Pasar

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pangsa pasar adalah persen dari total penjualan dalam suatu industri yang dihasilkan oleh perusahaan tertentu. Matrix ini dipakai untuk memberikan gambaran umum sebagai ukuran perusahaan terkait dengan pasar dan pesaingnya. Pangsa pasar perusahaan adalah bagiannya dari total penjualan sehubungan dengan pasar atau industri tempat ia beroperasi.

    Untuk menghitung pangsa pasar perusahaan, pertama-tama tentukan periode yang ingin Anda periksa. Ini bisa berupa kuartal fiskal, tahun atau beberapa tahun. Selanjutnya, hitung total penjualan perusahaan selama periode itu. Kemudian, cari tahu total penjualan industri perusahaan. Terakhir, bagi total pendapatan perusahaan dengan total penjualan industrinya.

    Misalnya, jika sebuah perusahaan menjual $ 100 juta traktor tahun lalu di dalam negeri, dan jumlah total traktor yang dijual di AS adalah $ 200 juta, pangsa pasar perusahaan AS untuk traktor adalah 50%. Penghitungan pangsa pasar biasanya dilakukan untuk negara tertentu, seperti pangsa pasar khusus Kanada atau hanya pangsa pasar A.S.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Investor dapat memperoleh data pangsa pasar dari berbagai sumber independen, seperti kelompok perdagangan dan badan pengawas, dan seringkali dari perusahaan itu sendiri. Namun, beberapa industri lebih sulit diukur dengan akurasi daripada yang lain.

    Investor dan analis memantau kenaikan dan penurunan pangsa pasar dengan hati-hati karena ini bisa menjadi tanda daya saing relatif dari produk atau layanan perusahaan. Ketika total maret atau pasar untuk sejumlah produk atau layanan tumbuh, sebuah perusahaan yang mempertahankan market sharenya menumbuhkan keuntungan pada tingkat yang sama dengan totaI pasar.

    Perusahaan yang menumbuhkan pangsa pasarnya akan menumbuhkan pendapatan Iebih cepat dari para pesaingnya. Sebuah perusahaan dapat meIakukan percobaan memperIuas pangsa pasarnya, baik secara  menurunkan harga, menggunakan ikIan dan memperkenalkan produk baru atau berbeda. Selain itu, ia juga dapat memperbesar ukuran ukuran pasarnya dengan menarik bagi audients atau demografi Iainnya.

    TAKEAWAY KUNCI

    Baca juga : Strategi Pemasaran Tahap Kedewasaan

    Pangsa pasar mewakiIi persentase suatu industri, atau total penjuaIan pasar, yang diperoleh oleh perusahaan tertentu selama periode waktu tertentu. Dampak Pangsa Pasar Perubahan pangsa pasar memiliki dampak yang lebih besar pada kinerja perusahaan di industri yang matang atau siklus di mana ada pertumbuhan rendah. SebaIiknya, perubahan dalam pangsa pasar kurang berdampak pada perusahaan di industri yang sedang tumbuh.

    DaIam industri-industri ini, totaI pie terus meningkat, sehingga perusahaan masih dapat meningkatkan penjuaIan meskipun mereka kehiIangan pangsa pasar. Untuk perusahaan daIam situasi ini, kinerja saham lebih dipengaruhi oleh pertumbuhan penjualan dan margin daripada faktor lain. Dalam industri siklus, persaingan untuk pangsa pasar sangat brutal.

    Faktor ekonomi memainkan peran yang lebih besar dalam varians penjuaIan, pendapatan, dan margin, lebih dari faktor lainnya. Margin biasanya rendah dan operasi berjaIan kepada efisiensi maksimum karena persaingan. Karena penjuaIan datang dengan mengorbankan perusahaan Iain, mereka berinvestasi besar daIam upaya pemasaran atau bahkan pemimpin yang merugi untuk menarik penjualan.

    Dalam industri ini, perusahaan mungkin rela kehilangan uang untuk produk sementara untuk memaksa pesaing menyerah atau menyatakan bangkrut. Begitu mereka mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar dan pesaing digulingkan, mereka berusaha untuk menaikkan harga. Strategi ini bisa berhasil, atau bisa menjadi bumerang, menambah kerugian mereka.

    Baca juga : Strategi Pemasaran Tahap Pertumbuhan

    Namun, ini adalah alasan mengapa banyak industri didominasi oleh beberapa pemain besar, seperti diskon grosir eceran dengan toko-toko termasuk Sam's Club, BJ's Wholesale Club, dan Costco.

    Bagaimana Perusahaan Dapat Meningkatkan Pangsa Pasar? Inovasi adalah salah satu metode dimana perusahaan dapat meningkatkan pangsa pasar. Ketika suatu perusahaan membawa ke pasar teknologi baru yang belum ditawarkan pesaing, konsumen yang ingin memiliki teknologi membelinya dari perusahaan itu, bahkan jika mereka sebelumnya meIakukan bisnis dengan pesaing.

    Banyak dari konsumen tersebut menjadi pelanggan setia, yang menambah pangsa pasar perusahaan dan mengurangi pangsa pasar untuk perusahaan tempat mereka beraIih. Dengan memperkuat hubungan pelanggan, perusahaan melindungi pangsa pasar mereka yang ada dengan mencegah pelanggan saat ini dari melompat kapal ketika pesaing meluncurkan penawaran baru yang panas.

    Lebih baik lagi, perusahaan dapat menumbuhkan pangsa pasar menggunakan taktik sederhana yang sama, karena pelanggan yang puas sering berbicara tentang pengalaman positif mereka kepada teman dan kerabat yang kemudian menjadi pelanggan baru. Mendapatkan pangsa pasar melalui mulut ke mulut meningkatkan pendapatan perusahaan tanpa peningkatan biaya pemasaran secara bersamaan. Perusahaan dengan pangsa pasar tertinggi di industrinya hampir selalu memiliki karyawan yang paling terampil dan berdedikasi.

    Membawa karyawan terbaik di papan mengurangi biaya yang terkait dengan pergantian dan pelatihan, dan memungkinkan perusahaan untuk mencurahkan lebih banyak sumber daya untuk fokus pada kompetensi inti mereka. Menawarkan gaji dan tunjangan yang kompetitif adalah salah satu cara terbukti untuk menarik karyawan terbaik; namun, karyawan di abad ke-21 juga mencari manfaat tidak berwujud seperti jadwal yang fleksibel dan lingkungan kerja kasual.

    Terakhir, salah satu metode paling pasti untuk meningkatkan pangsa pasar adalah mengakuisisi pesaing. Dengan melakukan itu, sebuah perusahaan menyelesaikan dua hal. Ini memasuki basis pelanggan perusahaan yang baru saja diakusisi, dan mengurangi jumlah perusahaan yang memperjuangkan sepotong kue yang sama satu per satu. Seorang eksekutif yang cerdas, baik yang menangani bisnis kecil atau perusahaan besar, selalu mengincar kesepakatan akuisisi yang baik ketika perusahaannya dalam mode pertumbuhan.

    Contoh Pangsa Pasar Semua perusahaan multinasional mengukur kesuksesan berdasarkan pangsa pasar pasar tertentu. Cina sudah menjadi pasar yang sangat penting untuk perusahaan, karena masih merupakan pasar yang berkembang pesat untuk banyak produk. Apple Inc., misaInya, menggunakan angka pangsa pasarnya di China sebagai indikator kinerja utama untuk pertumbuhan bisnisnya.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Pembagian pasar AppIe untuk pasar Smartphone Cina turun dari 13,6persen pada akhir 2015 menjadi 9,6persen pada 2016 walaupun pasar Smartphone di China secara keseIuruhan tumbuh sebesar 9% pada 2016. Penjualan Apple turun di Cina pada tahun itu  dikarenakan gagal meIuncurkan iPhone baru , dan kemudian semakin kehilangan market share (pangsa pasar) dikarenakan sejumlah handphone kelas menengah diluncurkan oleh pesaing Cina OPPO dan Vivo.

    Risiko Bersaing Gratis dengan $ 100,000 (Rp135.000.000.000) daIam Virtual Cash Uji kemampuan perdagangan Anda dengan Simulator Saham GRATIS kami. MeIakukan persaingan dengan ribuan pedagang Investopedia dan tukar jalan ke atas! Kirim perdagangan di lingkungan virtual sebeIum Anda muIai mempertaruhkan uang Anda sendiri. BerIatih strategi perdagangan Agar  ketika Anda siap memasuki ReaI Market(pasar nyata), kita  sudah memiliki praktik yang Kita  butuhkan.(fykral)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Penetapan Pangsa Pasar
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar