SMAN 1 Tambang Ajarkan Siswa Budidaya Lebah Madu

Daftar Isi

    Tambang, Lancangkuning.com - Siapa yang tidak tau dengan lebah, hewan penghasil madu ini tentu saja memiliki segudang manfaat. Karena memiliki segudang manfaat tersebut maka SMAN 1 Tambang membudidayakan hewan berkelompok ini. 

    Sejak awal tahun 2015 sekolah yang berada di jalan Pekanbaru-Bangkinang ini sudah membudidayakan lebah madu di area sekolah. Ide ini terinspirasi oleh banyaknya serabut tebu yang ada di daerah tambang Seperti yang disampaikan kepala sekolah, Drs Khairullah MPd kamis (18/8).

    "Banyaknya serabut tebu yang dibuang Penjual es tebu keliling membuat Kami terinspirasi membudidayakan lebah, sebab tebu juga termasuk pakan lebah," ungkapnya.

     

    Penyediaan bibit lebah dilakukan dengan pembuatan tempat pemancing yaitu glodog (klutuk). Sebelumnya Khairullah dan guru-guru telah belajar bagaiman cara beternak lebah di tempat pembudidayaan lebah di Kampar. Setelah  memperoleh ilmunya, sekolah langsung memperaktekan pembudidayaan lebah tersebut di sudut-sudut sekolah. Hasilnya sekolah sudah beberapa Kali panen madu.

    Khairullah menambahkan, tujuan dari kegiatan ini ialah mengajarkan siswa agar bisa beternak madu. "Kelak, jika siswa-siswi sudah lulus. Kalau mereka tidak ingin lanjut ke perguruan tinggi mereka bisa mempraktekannya di rumah mereka. Karena ini juga merupakan bisnis yang menjanjikan," tambah Khairullah. (Zal)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel SMAN 1 Tambang Ajarkan Siswa Budidaya Lebah Madu
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar