Pantangan Makanan yang Harus Dihindari Saat Asam Lambung

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Asam lambung atau refluks terjadi ketika asam lambung bocor, ke arah yang salah, dari lambung ke kerongkongan. Gejala refluks asam berkisar dari mulas hingga sulit menelan - atau tidak ada gejala sama sekali. Ini bisa menyakitkan, tidak nyaman dan tidak nyaman bagi penderita. kontributor terbesar untuk refluks sebenarnya adalah bagaimana orang makan. 'Kebanyakan orang makan dengan cepat, tidak mengunyah makanan mereka dengan benar dan cenderung makan sambil sibuk melakukan hal-hal lain, sehingga mereka tidak santai ketika makan. Namun pencernaan bekerja paling baik ketika tubuh santai.

    Makan berlebihan juga merupakan masalah yang sangat besar dalam hal refluks. Terutama ketika makan di luar karena ukuran porsi biasanya terlalu besar. Orang-orang lupa bahwa perut mereka hanya seukuran kepalan tangan mereka. Namun, banyak dari kita yang mencoba memasukkan lebih banyak makanan dari pada yang ada di sana.

    Apa yang menyebabkan asam lambung?

    Ketika Anda menelan makanan, ia bergerak turun ke kerongkongan, dan melewati cincin otot yang disebut sphincter esofagus bagian bawah (LOS), ke dalam perut. Tugas LOS adalah mengontrol apa yang masuk ke perut, dan untuk mencegah isi perut keluar lagi.

    Namun, LOS adalah otot, dan seperti otot lainnya, nadanya dapat bervariasi. Refluks asam terjadi ketika LOS menjadi rileks secara tidak normal, dan memungkinkan aliran mundur isi lambung kembali ke kerongkongan.

    Sejumlah faktor dapat memengaruhi nada dan fungsi LOS - mulai dari kelebihan berat badan hingga merokok atau minum obat. Makanan dan minuman tertentu juga dapat memperburuk refluks bantuan, meskipun masih ada sedikit kontroversi dalam komunitas medis tentang makanan yang dapat menyebabkan atau memperburuk gejala refluks sebagian besar karena ini tampaknya sangat bervariasi antar individu. Sebelum menghilangkan makanan penderita refluks regular untuk terlebih dahulu melihat bagaimana mereka makan. Duduklah untuk makan dan tarik napas sejenak sebelum Anda mulai membantu tubuh Anda rileks.

    Makan perlahan dan kunyah makananmu dengan baik. Ini juga akan memberi Anda kesempatan untuk menyadari ketika Anda kenyang dan membantu mengurangi kemungkinan makan berlebihan. Ini benar-benar tempat pertama untuk memulai. Dan ini masih merupakan saran yang bagus untuk diikuti saat mencoba untuk memotong makanan tertentu juga.

    Makanan ketika asam lambung yang harus dihindari

    Makanan berikut semuanya telah dikaitkan dengan refluks asam, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan. Namun, itu tidak berarti penderita tidak akan menemukan manfaat dari mengurangi atau menghindari beberapa, atau semua, makanan ini.

    1. Makanan tinggi lemak

    Lemak memperlambat pengosongan lambung, sehingga ada lebih banyak kesempatan untuk perut penuh dan buncit, yang meningkatkan tekanan pada LOS. Ini dapat meningkatkan risiko gejala refluks. Pelanggar tinggi lemak umum termasuk makanan yang digoreng seperti ikan dan keripik, serta potongan daging berlemak yang memiliki banyak lemak seperti domba.

    2. Makanan pedas

    Sementara beberapa orang menemukan bahwa rempah-rempah memperburuk gejala-gejalanya, bukti untuk ini beragam. Individu harus memperhatikan toleransi bumbu mereka sendiri.

    3. Jeruk

    Seperti segelas jus jeruk, atau banyak jus lemon yang diperas di atas makanan. Walaupun jus jeruk mungkin tidak menyebabkan naiknya asam lambung, beberapa orang menemukan bahwa itu bisa membuat mulas dan gejala lainnya sementara lebih buruk.

    4. Bawang

    Bawang bisa menjadi salah satu pelanggar terburuk bagi individu yang menderita refluks parah. Bawang putih juga bisa, tetapi tidak seperti biasanya. Namun, kombinasi bawang dan bawang putih bersama sering kali dapat menimbulkan masalah.

    5. Peppermint

    Sementara teh mint setelah makan malam sering direkomendasikan sebagai obat pencernaan, bagi mereka yang menderita refluks asam, ini sebenarnya bisa memperburuk gejala. Mengapa? Karena peppermint melemaskan LOS, dan memungkinkan asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan.

    6. Cokelat

    Ada beberapa bukti bahwa cokelat dapat memperburuk gejala refluks asam, tetapi ini sering tergantung pada dosis. Bagi sebagian besar individu, sejumlah kecil cokelat biasanya ditoleransi.

    7. Alkohol

    Ini dapat meningkatkan produksi asam lambung, dan mengendurkan LOS, menyebabkan atau memperburuk refluks asam.

    8. Kopi

    Bukti menunjukkan bahwa kopi untuk sementara waktu dapat merilekskan LOS, dan memperburuk gejala refluks asam dan mulas.

    9. Minuman berkarbonasi

    Terlalu banyak minuman bersoda dapat menyebabkan gas menumpuk di perut dan distensi lambung (kembung), dan jika perut Anda buncit, ada peningkatan tekanan pada LOS, yang menyebabkan refluks.(Indri)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pantangan Makanan yang Harus Dihindari Saat Asam Lambung
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar