Fakta Tentang Homeschooling

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sekolah merupakan tempat bagi seorang anak untuk mendapatkan pendidikan. Namun tahukah kamu? Ada cara lain untuk mendapatkan pendidikan diluar sekolah, yaitu dengan homeschooling. Proses belajar seperti ini merupakan alternatif bagi para orang tua yang menginginkan anaknya belajar sesuai dengan bakat dan minat. Dengan homeschooling, seorang anak bebas untuk belajar dengan nyaman.

    Homeschooling merupakan salah satu metode pendidikan dimana orang tua lebih memilih anaknya untuk belajar di rumah. Ada banyak fakta unik  mengenai homeschooling yang mungkin belum diketahui. Berikut fakta tentang homeschooling, antara lain:

    1. Mengatur Jadwal Belajar Sesuai Keinginan

    Ini merupakan salah satu fakta yang perlu diketahui. Berbeda dengan pendidikan formal, pada homeschooling bebas untuk mengatur jadwal belajar. Umumnya di sekolah, seorang anak hanya mengikuti jadwal mata pelajaran dan dituntut untuk mengikuti peraturan yang ada. Sedangkan pada homeschooling, seorang anak bebas untuk membuat jadwal pelajarannya dan belajar dengan caranya sendiri.

    1. Belajar Dengan Santai

    Jika di sekolah seorang anak belajar secara formal dan baku, berbeda dengan homeschooling yang proses belajarnya lebih santai. Dengan homeschooling, seorang anak lebih banyak menghabiskan waktu dengan keluarga dia. Jika di sekolah seorang anak terkekang dengan peraturan, maka di rumah tidak akan demikian. Dengan proses belajar yang lebih santai, seorang anak akan lebih rileks dan materi yang sedang dipelajarinya akan lebih mudah dipahami.

    1. Terhindar Dari Pergaulan Bebas

    Pada saat homeschooling, orang tua memantau langsung kegiatan yang dilakukan oleh anaknya secara langsung. Orang tua dapat menanamkan sikap moral yang baik terhadap anaknya tanpa adanya gangguan dari luar. Tak hanya itu, orang tua juga dapat mengevaluasi anaknya saat belajar di rumah. Anak homeschooling tidak akan terkena bullying, menggunakan narkoba, tawuran dan perilaku meyimpang lainnya karena setiap kegiatannya selalu diawasi oleh orang tua.

    1. Lebih Perhatian Terhadap Anak

    Jika di sekolah 1 guru harus memberikan perhatian terhadap anak muridnya yang jumlahnya lebih dari satu, namun jika homeschooling, perhatian seorang guru hanya untuk 1 murid saja. Itu dapat memberikan anak kepercayaan diri yang lebih. Karakter anak pun akan lebih mudah dipahami oleh guru homeschooling.

    1. Menumbuhkan Kepercayaan Diri

    Seorang anak umumnya akan lebih sulit percaya diri karena pada saat sekolah, mereka akan merasa dibandingkan dengan murid lain. Homeschooling sama sekali tidak melakukan hal demikian. Tak ada waktu untuk membanding seorang anak dengan anak lain karena ia belajar sendiri.

    1. Bakat Lebih Berkembang

    Pada saat homeschooling, kamu bebas memilih materi pelajaran yang kamu sukai. Jika kamu suka bermain bernyanyi, pembelajaran kamu hanya tentang menyanyi, namun jika kamu menginginkan belajar hal yang lain tentunya juga bisa. Karena proses pembelajaran homeschooling lebih bebas dibanding pendidikan formal.

    1. Menjadikan Anak Lebih Kreatif dan Mandiri

    Karena ia belajar sendiri, itu memungkinkannya ia menjadi seorang yang mandiri dan akan lebih kreatif. Kamu bebas untuk memilih waktu dan cara belajar yang menjadikan kamu lebih kreatif. Ketika sedang menyelesaikan sebuah permasalahan dan kamu mampu menyelesaikannya, itu akan memupuk kepercayaan diri. 

    Itulah fakta tentang homeschooling yang perlu kamu ketahui. Kita tidak perlu terpaku dengan pendidikan formal. Masih banyak cara untuk mendapatkan pendidikan dan mengembangkan bakat anak tanpa bersekolah. (Taufiq)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fakta Tentang Homeschooling
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar