Kelebihan dan Kekurangan Homeschooling

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Bagi kalian yang punya masalah atau tidak bisa pergi ke sekolah umum, Kalian bisa mencoba sekolah yang bernama HomeSchooling.

    1. Mengenal HomeSchooling

    HomeSchooling adalah Sekolah mandiri atau istilah yang terkenal yaitu HomeSchooling ini adalah sebuah Pendidikan alternatif yang biasanya diberikan kepada orang yang ada masalah di masa remajanya atau terkendala. Orang tua bisa mendatangkan homeschooling ke rumah dengan mendatangkan staff yang memiliki kirikulum yang sama dengan sekolah umum.

    1. HomeSchooling di Indonesia

    Hal ini sudah menjadi wajar di Indonesia karena anaknya mendapatkan perhatian full dari seorang pengajar (satu guru satu anak). Homeschooling di Indonesia di atur dalam UU sisdiknas  dan HomeSchooling termasuk ke dalam aset Pendidikan. Di dalam peraturan Pendidikan Indoensia No !29  tahun 2014 mengatakan bahwa rumah  atau HomeSchooling sebagai sebuah layanan Pendidikan yang bisa dilakukan oleh orang tua supaya membuat suasana menjadi kondusif.

    1. Kelebihan HomeSchooling

    Banyak yang bilang HomeSchooling membuat anak menjadi pintar, Karena belajar tanpa harus menunggu, dan HomeSchooling juga mengajarkan anak sampai pandai jika mengalami kesulitan. Keuntungannya tidak hanya ini masih banyak lagi:

    1. Orang tua dan anak bisa menentukan kapan dan berapa lama belajar. Dan hal ini sangat menguntungkan bagi anak-anak yang sibuk, contohnya artis.
    2. Manfaat lainnya adalah orang tua bisa menentukan apa topik dan bagaimana cara belajar yang disukai oleh anaknya. Hal ini bisa membuat seorang anak mengembangkan bakatnya.
    3. Kebanyakan sekolah umum menetapkan jamnya, biasanya jadwalnya padat.  Berbeda dengan HomeSchooling yang membiarkan siswanya mengatur waktu belajarnya. Dan hal ini bisa memberikan waktu istirahat yang banyak kepada siswanya.
    4. Dengan adanya HomeSchooling orang tua bisa memantau terus perkembangan anaknya. Dengan adanya HomeSchooling anak bisa terhindar dari pergaulan yang buruk semasa remajanya.
    5. Potensi anak akan lebih mudah muncul, karena HomeSchooling fokus mengajar pada satu anak.
    6. HomeSchooling bisa menjalin hubungan erat yang sangat kuat antara orang tua dan anak.
    7. Membuat anak terhindar dari pergaulan yang sangat jelek: membuli, menyontek, tawuran, serta penggunaan obat-obat terlarang dan pornografi.
    8. HomeSchooling membuat seorang anak mudah dalam menumbuhkan kepercayaan dirinya, Karena tidak ada yang membandingkannya dengan sekolah lain.
    9. Biaya dan alokasi Pendidikan bisa dikontrol dan mudah diatur.
    1. Kekurangan HomeSchooling

    HomeSchooling tidak hanya memilki keuntungan, tetapi HomeSchooling jua memilki banyak kekurangan, Contohnya :

    1. Anak yang bersekolah HomeSchooling biasanya cenderung suka sendiri (kehidupan social yang kurang), Dan hal ini menyebabkan dia susah bergaul dan berinteraksi dengan orang lain.
    2. HomeSchooling belum mempunyai standarisasi Kurikulum.
    3. HomeSchooling tidak memiliki daya saing, karena di sekolah umum biasanya diadakan lomba antar sekolah yang bertujuan untuk mencari bakat siswanya yang hebat.
    4. Siswa HomeSchooling biasanya memiliki kesulitan kalo bekerja di dalam sebuah tim.
    5. Jika terjadi masalah keluarga (perceraian orang tua) hal ini bisa menyebabkan proses belajar HomeSchooling terganggu.
    6. HomeSchooling membutuhkan keterlibatan full orang tua dalam pembelajarannya.
    7. Orang yang belajar dengan cara HomeSchooling biasanya tidak mendapatkan dukungan ataupun motivasi dari pihak luar, Karena HomeSchooling masih belum banyak dijadikan sebagai sebuah pilihan.(Ridwan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kelebihan dan Kekurangan Homeschooling
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar