Manfaat Serai Dan Jeruk Nipis dan Teh

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Serai memiliki Nama ilmiah Cymbopogon citratus yang tergolong dalam suku rumput rumputan sering di manfaatkan sebagai bumbu dapur untuk menambah aroma harum dalam masakan. Serai memiliki bentuk rumpun yang lebar dan memiliki anakan memiliki ukuran 0.5- 15 cm x 50 – 100 cm. Jeruk nipis memiliki nama ilmiah Citrus × aurantiifolia yang tergolong dalam suku jeruk- jerukan.

    Tanaman ini tersebar di kawasan asia dan amerika tengah. Jeruk nipis memiliki pohon yang bisa mencapai tinggi 3 sampai dengan 6 meter. Memiliki banyak cabang dan berduri, biasa nya buah jeruk nipis digunakan dalam masakan seperti bakso Selain buah nya daun nya juga digunakan sebagai bumbu masakan. Tanaman Teh memiliki nama ilmiah Camellia sinensis merupakan sebuah tanaman yang di ambil daun dan puck daunnya untuk membuat teh yang biasa kita minum.

    Selain digunakan sebagai bahan masakan dan minuman serai, jeruk nipis, dan teh memiliki manfaat lain yang berguna bagi kehidupan kita sehari hari, Berikut ini merupakan manfaat lain dari ketiga bahan di atas:

    Manfaat dari serai, jeruk nipis, dan teh adalah untuk kesehatan. Serai, Jeruk nipis dan teh bisa membantu dalam menyembuhkan maupun mencegah berbagai macam penyakit sebagai berikut:

    1. Mengatasi depresi

    Serai dapat mengatasi masalah depresi. Serai memiliki kandungan antidepresan dapat menurunkan gejala dari depresi seperti cemas, stres, dan gangguan tidur atau yang sering di sebut insomia.

    Aroma dari daun serai di yakini bisa menenangkan dan dapat merelaksasi otot dan saraf yang tegang sehingga konsumsi serai dan daun teh sebelum tidur dapat membantu anda tidur dengan nyenyak.

    1. Menghindari gigitan nyamuk

    Aroma yang di hasilkan daun serai dapat menenangkan sehingga di sukai oleh manusia akan tetapi wangi dari daun serai ini di benci oleh serangan, Daun serai memiliki aroma yang tidak disukai oleh nyamuk sehingga banyak digunakan untuk menjadi varian produk pengusir nyamuk.

    1. Membersihkan mulut

    Jeruk nipis bisa digunakan sebagai pembersih mulut kandungan asam dari jeruk nipis dapat membantu dalam membersih nikotin yang melekat di mulut dan gigi perokok.

    1. Menegah timbulnya penyakit batu ginjal

    Jeruk nipis bisa digunakan untuk mencegah timbulnya penyakit batu ginjal. Kandungan sitra yang tinggi yang terdapat dalam jeruk nipis bisa membantu penderita batu ginjal yang memiliki kekurangan kandungan sitra dalam tubuh.

    1. Membantu menurunkan kadar gula darah

    Bagi kamu yang memiliki kandungan gula darah di sarankan untuk mengkonsumsi olahan serai. Kandungan yang terdapat di dalam daun serai dipercaya bisa mengeluarkan racun yang terdapat di dalam pangkreas sehingga bisa meningkatkan fungsi kerja dari pangkreas. Untuk informasi para penderita diabetes terjadi di akibatkan berkurangnya fungsi pangkreas dalam memproduksi insulin dalam tubuh untuk proses metabolisme

    1. Mengatasi ketombe

    Ketombe merupakan gangguan rambut yang biasa di alami. Masalah ini bisa di atasi dengan daun serai dan jeruk nipis, Anda dapat menggunakan minyak dari serai dan buah jeruk nipis di kulit kepala untuk mengatasi ketombe.

    1. Menurunkan berat badan

    Berat badan yang berlebih merupakan masalah bagi seberapa orang. Khasiat dari rebusan serai, jeruk nipis dan teh dipercaya dapat menurunkan berat badan. Selain menurutkan berat badan kandungan detoksifikasi dalam rebusan ini bisa mengeluarkan toksin dan lemak jahat, Proses ini dari detoksifikasi juga bisa melancarkan buang air besar.

    Itu tadi merupakan informasi tentang manfaat dari serai, jeruk nipis dan teh, semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi anda.(Zulkarnain)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Serai Dan Jeruk Nipis dan Teh
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar