Prospek Kerja Lulusan Sastra

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Siapa yang tidak kenal dengan jurusan sastra di negara Indonesia. Karena di indonesia banyak orang yang suka bikin puisi dan orang-orang indonesia terkenal dengan romatisnya. Jadi bagi kalian yang mengambil jurusan sastra juga memiliki peluang kerja, adapun seperti berikut ini :

    1. Menjadi seorang Penulis Novel atau Cerpen Sastra

    Peluang yang pertama yaitu untuk menjadi seorang novelis atau seorang cerpen sastra, Bagi kalian yang suka menulis dan membaca, alangkah bagusnya memilih jurusan ini karena kalian bercita-cita menjadi seorang novelis. Biasanya seorang novelis digaji lebih dari 2Jutaan per bulan.

    1. Menjadi Seorang guru Bahasa Indonesia

    Jika kalian seorang yang lulusan sastra bisa bekerja sebagai guru Bahasa Indonesia. Bagi kalian yang suka mengajar orang lain maka profesi menjadi guru sangat cocok bagi kalian. Biasanya seorang guru bahasa Indonesia di gaji di atas 3 jutaan per bulannya.

    1. Menjadi Seorang Penerjemah Bahasa

    Sebagai lulusan dari jurusan sastra kalian juga bisa menjadi seorang penerjemah bahasa, biasanya seorang penerjemah bahasa di gaji sekitar 6 jutaan per bulannya.

    1. Menjadi Seorang Jurnalis

    Menjadi seorang jurnalis juga bisa dilakukan bagi lulusan jurusan sastra, Biasanya seorang jurnalis di gaji sekitar 7 sampai 8 jutaan per bulannya.

    1. Menjadi Seorang Dosen Di jurusan Bahasa Indonesia

    Sebagai lulusan jurusan sastra juga bisa menjadi seorang dosen di jurusan bahasa indonesia, Biasanya menjadi seorang dosen Bahasa Indonesia akan digaji sekitar 4 sampai 5 jutaan per bulannya.

    1. Menjadi seorang yang menulis script Film

    Menjadi seorang penulis Script Film bisa dibilang hal yang menarik bagi kalian lulusan jurusan sastra, karena Penulis Script Film ini gajinya terbilang lumayan tinggi yaitu bisa mencapai 20 juta per bulannya.

    1. Menjadi seorang pengusaha Percetakan

    Bagi kalian lulusan jurusan sastra yang suka berkecimpung dalam dunia bisnis atau usaha bisa menjadi seorang pengusaha percetakan, penghasilan per bulannya bisa mencapai puluhan juta.

    1. Menjadi seorang editor

    Bagi kalian yang suka protes maka pekerjaan ini sangat cocok bagi kalian, pekerjaan ini lumayan bagus dan gaji per bulannya bisa mencapai sekitar 3 jutaan.

    1. Menjadi Seorang Artis atau Pemeran Drama

    Peluang kerja ini bisa kalian lakukan jika kalian ingin menjadi artis atau menjadi seorang pemain drama di dalam sebuah acara, pekerjaan ini biasanya digaji belasan juta per bulannya.

    1. Menjadi Seorang Leksikografer

    Bagi kalian Lulusan Jurusan sastra bisa bekerja sebagai seorang leksikografer yaitu sebagai mengedit kamus-kamus yang salah (kamus besar). biasanya pekerjaan ini digaji per bulannya sebesar 3 jutaan.

    1. Menjadi seseorang yang Alternatif di Operasional Lembaga Budaya

    Walaupun kalian baru lulus, kalian juga memiliki peluang untuk bekerja di lembaga budaya ini, karena lembaga pendidikan pada saat ini belum banyak, maka seseorang bisa menyampaikan atau menampilkan bakatnya. Namun lembaga Budaya memiliki tujuan dan potensi untuk membuat lowongan pekerjaan yang positif.

    1. Menjadi Seorang Content Writer ( Bisnis Startup )

    Di pekerjaan ini tidak hanya seorang sastrawan yang dibutuhkan tetapi juga membutuhkan seorang Content Writer karena Content Writer berpusat dengan sebuah website.  Maka dalam pekerjaan ini seorang Sastrawan sangat diperlukan untuk membuat karya tulis menjadi menarik.

    1. Memiliki peluang untuk bekerja di Kantor kedutaan yang Besar

    Bagi kalian yang baru lulus dari jurusan sastra, Bisa memilih untuk bekerja di kedutaan besar, karena di kedutaan besar memiliki peluang yang besar bagi seorang sastrawan. Dalam pekerjaan ini tidak hanya membutuhkan kepandaian berbahasa asing tetapi juga membutuhkan bahasa lain, Minimal bahasa yang harus dikuasai adalah 3 yaitu : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan bahasa untuk menyesuaikan dimana kalian bekerja.(Ridwan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Lulusan Sastra
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar