Pengertian dan Cara Kerja Mail Server

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Di era digital ini sudah hampir semua hal yang dilakukan dalam kehidupan ini dapat diselesaikan dengan cara online. Pada dasarnya setiap pembaruan teknologi tentunya difungsikan untuk mempermudah pekerjaan manusia dan menjadikan pekerjaan lebih ringan dan cepat dalam kerjanya. Salah satunya yang tidak boleh di lupakan adalah penggunaan email. Email atau bisa disebut pesan elektronik merupakan sebuah kebutuhan yang tidak lepas dari manusia khususnya dalam kerja bisnis, individu, bahkan perusahaan-perusahaan besar.

    Karena penggunaan secara chatting atau sejenisnya dirasakan kuran pas dalam perjanjian untuk pekerjaan, jadi berkirim email adalah menjadi lebih cukup penting bagi bisnis dan pekerjaan.

    Pengertian mail server

    Mail server adalah sebuah server yang berbasis cloud computing yang digunakan untuk mengirim dan menerima email dalam satu jaringan server. Mail server ini dapat mengolah, mengumpulkan dan mengirimi data-data serta informasi. Mail server menggunakan layanan client server jadi client dapat mengakses server mail melalui aplikasi.

    Komponen mail server

    Komponen mail server ini perlu untuk anda ketahui karena komponen mail server ini penting dalam proses menerima dan mengirim email dengan lancer. Email server pada dasarnya memiliki dua aplikasi yaitu SMTP( Simple Mail Transfer Protokol ), dan POP ( Post Office Protokol ).

    Komponen mail server ada tiga yaitu;

    1. MUA (Mail User Agent)

    Mail User Agent ini memiliki program utama yang terkait dengan proses membaca dan membuat email tersebut. Jadi mu bertugas sebagai membaca email, menerima email dan perintah perintah untuk membuat dan mengirimi pesan. Ada beberapa MUA juga di lengkapi dengan multipurpose internet mail Extension ( MIME ) adalah sebuah program yang digunakan untuk mengirimi email yang berisi file-file atau attachment attachment tertentu.

    1. MTA ( Mail Tranport Agent )

    Mail Tranport Agent ini sebuah komponen mail sever yang bertugas untuk mengurus bagian program pengiriman email. MTA akan melakukan fungsi-fungsi yang harus dilakukan seperti menerima dan memproseskan pesan-pesan yang telah masuk memalui jaringan yang berbagai macam.

    1. MDA ( Mail Delivery Agent )

     Mail Delivery Agent merupakan bagian dari komponen mail server yang bertugas untuk pengiriman pesan email. Dan Mail Delivery Agent ini juga memiliki 2 komponen utama yaitu sebuah database dan jaringan untuk mengirim pesan mail. Selanjutnya delivery agent ini yang berfungsi untuk mengirim pesan email sesuai dengan jaringan yang dipilih

    Cara kerja web mail server

    Sebenarnya mail server memiliki 2 server yang memiliki fungsi yang berbeda-beda yaitu server yang berfungsi sebagai outgoing server atau bisa disebut sending email dan incoming server atau bisa disebut receiving email. Outgoing server di handle oleh sever SMTP pada port 25 dan sedangkan incoming server di handle oleh server POP3 pada prt 110 atau IMAP  pada port 143. Port ini adalah seperti koneksi yang berfungsi sebagai pintu buka dan tutupnya akses , koneksi serta distribusi dari transmisi data yang di peroleh computer satu ke computer maupun jaringan lainnya. Atau bisa di logikakan seperti berikut

    Sender->User Agent -> waiting list email -> MTA -> user mailbox -> user agent -> receiver

    Cara kerja mail server ini cukup sederhana anda bisa memahami logika yang dibuat diatas.(Satria)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian dan Cara Kerja Mail Server
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar