Dampak Negatif Begadang Bagi Wanita

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Apa itu begadang? Mungkin kata ini merupakan kata yang tidak asing pada saat ini. Namun mungkin ada beberapa orang yang tidak mengenal istilah ini, begadang merupakan suatu hal yang biasa dilakukan oleh seseorang dengan maksud atau tujuan tertentu yang dilakukan hingga larut malam.

    Hal yang menyebabkan orang selalu beraktivitas hingga larut malam dipengaruhi oleh banyak faktor, namun faktor utamanya pada saat ini adalah kebiasaan orang itu sendiri. Yang dimana aktivitas tersebut dilakukan secara terus menerus dan berulang, maka hal tersebutlah yang dikatakan dengan kebiasaan. Selain karena kebiasaan, terkadang juga kebanyakan orang begadang karena mengerjakan suatu hal, baik itu karena mengerjakan pekerjaan kantor, tugas sekolah, laporan kampus, dan bahkan bermain game atau lain sebagainya.

    Pekerjaan kantor yang biasanya membuat orang mengerjakan pekerjaan tambahan diluar kantor hingga larut malam. Dan kebanyakan mahasiswa selalu mengerjakan tugas atau laporannya pada saat tengah malam, hal ini mereka lakukan karena mereka kerap berpikir bahwa ide selalu muncul tiba-tiba pada saat tengah malam. Karena otak mempunyai gelombang yang bernama gelombang teta. Gelombang ini biasanya bisa memberikan inspirasi atau ide baru, dan pikiran menjadi terbuka akan berbagai hal yang dimana gelombang ini muncul pada saat malam hari, khususnya menjelang tidur.

    Maka dari itu mahasiswa selalu menerapkan Sistem kebut semalam atau biasa disebut dengan SKS. Sistem ini merupakan sistem yang dimana mahasiswa selalu mengerjakan tugas H-1 dari deadline pengumpulan tugas yang telah ditentukan. Hal inilah yang menyebabkan mahasiswa rela begadang demi tugas tersebut. Namun kebiasaan begadang ini tentu saja mempunyai dampak negatif bagi orang yang melakukannya, terutama bagi wanita. Apa dampak negatif tersebut?

    Berikut beberapa dampak negatif begadang bagi wanita :

    1. Gangguan Kesuburan

    Wanita yang sering begadang akan mengalami gangguan pada produksi sel telur. Kualitas sel telur akan menjadi rendah meskipun sel telur bisa dihasilkan setiap ovulasi, dan hal ini juga akan membuat peluang terjadinya kehamilan akan semakin rendah. Selain itu wanita akan mengalami terlambat menstruasi disebabkan endometrium tidak terbentuk dan ovulasi belum terjadi.

    1. Depresi

    Meskipun hal ini jarang terjadi, namun bagi wanita yang sering begadang juga bisa menyebabkan depresi. Karena terlalu sering tidur larut malam bisa membuat tubuh menjadi cepat lelah. Hal tersebut bisa membuat konsentrasi bekerja akan menurun kemudian pekerjaan tidak bisa dikerjakan secara maksimal. Dan kondisi ini akan membuat kita mengalami stres yang berlebihan.

    1. Mempercepat Penuaan Dini

    Begadang akan membuat kita kurang tidur, kemudian wajah akan terlihat tua dan tulang akan cepat kropos. Ketika kita kurang tidur produksi hormon kortisol akan semakin meningkat.

    1. Kanker

    Risiko terkena kanker akan meningkat karena begadang. Karena kebiasaan kurang tidur atau sering berkerja hingga larut malam akan mengalami risiko terkena kanker yang tinggi. Terjadinya kanker disebabkan karena begadang berkaitan dengan kerusakan sel tubuh dan mengalami stres.

    1. Risiko Kematian

    Risiko kematian bisa terjadi karena kekurangan tidur yang disebabkan oleh bergadang. Tidur hanya 5 jam risiko kematian akan meningkat sebesar 12 persen.Hal ini meningkat karena disebabkan oleh penyakit pembuluh darah dan penyakit jantung.

    Nah sudah tau bukan apa saja dampak negatif bagi wanita? Itulah beberapa dampak negatif begadang bagi wanita. Sebenarnya bukan hanya dampak bagi wanita saja, tetapi juga berdampak kepada orang yang suka begadang. Jadi jika kamu tidak ingin mengalami hal tersebut, sebaiknya kamu kurangi begadang. Karena begadang akan menimbulkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan.  Mungkin begadang boleh dilakukan jika mempunyai tujuan dan maksud yang penting atau urgent dan jangan terlalu sering melakukan hal tersebut.(Mega)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Dampak Negatif Begadang Bagi Wanita
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar