Akreditasi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Hang Tuah Pekanbaru

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Akreditasi, kata yang tak asing lagi di dunia pendidikan di jenjang sekolah hingga universitas baik negeri maupun swasta. Biasanya, kebanyakan sekolah maupun perguruan tinggi akan menuliskan peringkat akreditasi untuk meyakinkan para calon peserta didik di sekolah maupun perguruan tinggi.

    Lalu, apa itu akreditasi? Akreditasi merupakan pengakuan secara formal yang diberikan pemerintah melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) terhadap lembaga seperti perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Sederhananya, akreditasi diartikan sebagai nilai terhadap perguruan tinggi untuk sejumlah kriteria yang akan diperbaharui setiap sekali dalam 5 tahun.

    Melalui akreditasi pula, pemerintah menstandarisasi serta menjamin kualitas atau mutu pada alumni perguruan tinggi tersebut. Selain itu, akreditasi bertujuan untuk memberikan jaminan bahwa sebuah perguruan tinggi telah memenuhi standar sesuai ketetapan BAN-PT.

    Dengan adanya akreditasi, perguruan tinggi akan berupaya untuk mempertahankan, meningkatkan hingga melakukan perbaikan terhadap mutu. Dan yang paling penting, akreditasi sebagai bahan pertimbangan untuk para calon mahasiswa saat akan menentukan perguruan tinggi.

    Dengan demikian, akreditasi sangat penting bagi para calon mahasiswa untuk mengetahui standar mutu pendidikan pada lembaga atau perguruan tinggi. Tak hanya untuk perguruan tinggi sebagai lembaga penyelenggara kegiatan perkuliahan, akreditasi juga diberikan untuk program studi atau prodi pada perguruan tinggi tersebut.

    Sayangnya, tidak banyak perguruan tinggi atau lembaga pendidikan, terutama swasta yang sudah memiliki akreditasi resmi dari BAN-PT. Nah, untuk kamu yang saat ini akan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi di Riau tidak perlu khawatir. Sebab sebagian besar perguruan tinggi baik negeri dan swasta telah mengantongi akreditasi resmi dari BAN-PT, salah satunya Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Hang Tuah Pekanbaru.

    Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Hang Tuah Pekanbaru merupakan salah satu perguruan tinggi atau institusi pendidikan yang fokus pada ilmu kesehatan di Pekanbaru.

    Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Hang Tuah Pekanbaru memiliki visi terwujudnya instusi yang unggul dan berkompeten dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi kesehatan berbasis teknologi secara tepat guna serta mampu bersaing pada tingkat nasional maupun regional di tahun 2036.

    Sedangkan misinya, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Hang Tuah Pekanbaru bertekad untuk melaksanakan pendidikan kesehatan yang bermutu dalam menghasilkan lulusan profesional serta berorientasi pada peningkatan kesehatan masyarakat.

    Kemudian, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Hang Tuah Pekanbaru juga mengemban misi untuk mengembangkan ilmu dan teknologi kesehatan melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Selanjutnya, melaksanakan penjaminan mutu yang konsisten dan berkelanjutan.

    Pada bidang akademik, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Hang Tuah Pekanbaru juga memiliki misi untuk mewujudkan atmosfir akademik yang kondusif melalui kinerja akademik. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi, dan mengembangkan teknologi tepat guna pada bidang kesehatan.

    Untuk mengetahui akreditasi pada setiap Prodi di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Hang Tuah Pekanbaru, Garuda Cyber Indonesia telah merangkumnya sebagai berikut ini:

    Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Hang Tuah Pekanbaru

    Program Studi

    Strata

    Tahun

    Peringkat

    Kadaluarsa

    Ilmu Kesehatan Masyarakat

    S2

    2018

    B

    2023-07-07

    Kesehatan Masyarakat

    S1

    2018

    B

    2023-11-30

    Teknik Gigi

    D-III

    2017

    B

    2022-10-27

    Kebidanan

    D-III

    2016

    B

    2021-01-31

    Hingga saat ini, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Hang Tuah Pekanbaru telah mencetak lulusan terbaik di bidang kesehatan dan sudah mengabdi untuk menyehatkan masyarakat. Melalui lulusannya, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Hang Tuah Pekanbaru membantu menyehatkan masyarakat.

    Nah, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Hang Tuah Pekanbaru sangat tepat untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan dengan minat dan bakat pada bidang kesehatan, terutama jika sebelumnya kamu sudah menempuh pendidikan ilmu kesehatan sekolah menengah kesehatan pula.

    Menariknya, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Hang Tuah Pekanbaru yang beralamatkan di Jalan Mustafa Sari No. 5, Tangkerang Selatan, Bukit Raya, Pekanbaru ini tak hanya memiliki program Diploma III, tapi juga membuka program Strata 1 atau S1 hingga S2 untuk kamu yang ingin melanjutkan ke jenjang Magister.(V0l1-Yl)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Hang Tuah Pekanbaru
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar