Apa Itu VPN di Android dan Kegunaannya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Mungkin anda sudah tahu apa itu VPN atau yang belum tahu, VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network yaitu sebuah teknologi jaringan yang menciptakan koneksi jaringan aman dari jaringan public internet yang biasa digunakan. Sebagian besar beberapa perusahaan besar ataupun lembaga-lembaga Negara serta pendidikan, karena dengan menggunakan VPN atau virtual private network dapat memungkinkan pengguna nya untuk dapat terhubung ke jaringan pribadi meski mereka berada di daerah yang jauh.

    Namun saat ini banyak pengguna pribadi menggunakan akses internet VPN agar internet mereka aman dan ip, dns mereka gunakan tidak diketahui oleh perangkat, apalagi sudah ada tersedia VPN gratisan.

    Fungsi utama dari VPN itu sendiri adalah dapat membuat koneksi internet yang aman dan semua data yang anda kirim dan anda terima (download) telah dilindungi oleh server VPN, jika anda menggunakan VPN dan membuka web browser maka akan melewati server VPN lebih dulu dan ip anda tidak akan diketahui oleh siapa pun.

    Karena setiap anda menggunakan VPN maka anda akan menggunakan dns dan ip dari server VPN tersebut. Jika anda ingin mempercepat koneksi internet dengan cara menggunakan VPN itu tidak akan bisa, karena VPN hanya sekedar server jaringan tidak untuk mempercepat jaringan yang ada, jika kalian menggunakan jaringan pribadi mungkin lemot sama halnya jika kalian menggunakan VPN, jadi tidak akan berpengaruh pada kecepatan internet.

    Mungkin ada hal negative juga saat anda memakai VPN yang gratisan, karena di setiap VPN gratisan terdapat keyloger, apa itu keyloger ? keyloger adalah penyimpanan data ke database VPN seperti anda login facebook dengan menggunakan VPN gratis maka data username dan password anda akan bisa di lihat oleh developer pembuat VPN, atau mungkin anda login e-banking dengan menggunakan VPN lalu username dan password e-banking anda akan bisa di buka oleh developer VPN karena data tersebut sudah masuk ke dalam database VPN gratisan tersebut.

    Jadi berhati – hatilah jika memakai VPN gratisan , usahakan untuk menggunakan VPN yang premium atau berbayar. Fungsi VPN secara umum adalah sebagai berikut :

    1. Dapat menyembunyikan alamat ip

    Dengan menggunakan VPN maka alamat ip atau alamat address smartphone anda yang sebenarnya tidak akan bisa di ketahui public atau siapa pun karena itu sudah di sembunyikan oleh server VPN

    2. Dapat mengubah alamat ip

    Jika anda menggunakan VPN lalu anda dapat mengganti atau mengubah alamat ip anda sendiri

    3. Dapat menyembunyikan lokasi anda

    Dengan VPN anda dapat menyembunyikan lokasi anda berada saat itu dan anda dapat memilih lokasi Negara mana yang anda mau, jadi orang tidak akan tahu lokasi anda sebenarnya berada di mana

    4. Dapat mengakses situs web yang diblokir

    Kalian dapat mengakses situs – situs yang diblokir dengan menggunakan VPN

    Contoh – contoh penggunaan VPN (Virtual Private Network)

    1. Beberapa antivirus selalu menawarkan fitur VPN untuk mencegahnya pengguna mengakses situs – situs berbahaya yang mungkin dapat masuknya virus ke dalam smartphone atau komputer bagi penggunanya

    2. Mengakses situs yang di Black List ip pengguna yang sebenarnya. Banyak terdapat beberapa situs yang menganggap ip Indonesia yang merugikan karena sebagian menganggapnya adalah spam, ini hal nya kenapa anda tidak dapat mengakses situs tersebut maka itu lah diperlukan bantuan dari VPN.(Gilang)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Apa Itu VPN di Android dan Kegunaannya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar