Karakteristik dan Ruang Lingkup Akuntansi Manajemen

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Peran Akuntansi manajemen di dalam sebuah perusahaan, adalah sebagai cabang yang membuat atau menampilkan informasi yang bersifat sangat penting. Baik dari pihak internal maupun dari pihak exsternal. Setiap perusahaan atau organisasi setidaknya memiliki Seorang planning (Mengarahkan rencana), dan organization (Mengelola perusahaan dari berbagai sumber) , dan controlling ( sebagai seorang pengendali di dalam sebuah perusahaan dan sebuah perusahaan pasti memiliki performance Report yang bertugas untuk membuat laporan kinerja.

    Perbedaan Akuntansi Keuangan dengan Akuntansi Manajemen :

    1. Akuntansi Manajemen Ditujukan untuk kepentingan dalam (Internal )  perusahaan , Akuntansi Keuangan ditujukan untuk kepentingan luar ( eksternal ) perusahaan.
    2. Akuntasi keuangan lebih banyak menyajikan data tentang keuangan, Akuntansi manajemen lebih banyak ke sifat yaitu lebih detail dan terperinci.

    Konsep Akuntansi Manajemen

    • Planning dan organization
    • Controlling

    Ruang Lingkup Manajemen

    1. Organisasi dan Tujuan Organisasi.
    2. Strategi.
    3. Struktur Organisasi.

    Peran Akuntansi Manajemen di dalam sebuah Organisasi

    1. Organisasi dan sasarannya.
    2. Akuntansi manajemen sebagai tempat untuk berbagai Tipe Informasi.
    3. Akuntansi manajemen sangat penting bagi pihak – pihak yang ada di organisasi.

    Karakteristik Akuntansi manajemen di antaranya :

    1. Sebagai sistem yang mengelola keuangan sebuah perusahaan

    Akuntansi manajemen hampir mirip dengan akuntansi keuangan tetapi akuntansi manajemen pekerjaannya lebih mendekati daripada akuntansi keuangan, Akuntansi manajemen hanya sebagai penyedia informasi yang bersifat kuantitatif dan termasuk bagan alir dokumen, dan uang sebagai ukuran yang mempermudah pihak manajemen untuk mengelola perusahaan dan membuat masalah menjadi lebih sedikit, dan bisa mempercepat menyelesaikan masalah .

    1. Sebagai penyedia Informasi bisnis

    Akuntansi manajemen bisa mengurangi informasi yang tidak pasti yang didapatkan dari kuantitatif. Informasi di akuntansi manajemen memiliki istilah yaitu “Accounting is a business language “ , jadi akuntansi adalah dasar landasan bagi seorang manajer untuk menjalankan bisnisnya . Jadi yang sebagai penetap keluaran dan masukan keuangan perusahaan adalah akuntansi manajemen, sehingga manajer tidak lagi pusing dalam pengeluaran dan pemasukan.

    1. Sebagai Score Keeping ( Sebagai Pencatat Skor )

    Disini akuntansi memiliki tugas untuk membantu dan mencatat segala bentuk aktivitas, Dan aktivitas yang di catat bisa digunakan untuk bahan pada saat rapat atau meeting , tetapi seorang akuntasi manajemen harus memiliki standar dalam mencatat, Standarnya adalah Harus Teliti , dan relevan, dan memiliki kemampuan yang handal, dan hal tersebut di perlukan supaya tidak terjadi kekeliruan dalam kinerja di sebuah perusahaan.

    1. Sebagai Attention Direction ( Objek Perhatian Manajemen )

    Seorang akuntansi manajemen harus bisa memberikan sebuah informasi yang sesuai rencana, jika tidak sesuai dengan rencana maka akan memerlukan perhatian dari pihak manajemen untuk mencegah terjadinya penyimpangan yang berlama – lama atau berkepanjangan.

    1. Sebagai Problem Solving ( Sebagai Pemecah Masalah )

    Akuntansi manajemen harus bisa memberikan informasi yang berguna bagi pihak manajemen untuk mengambil keputusan berdasarkan informasi yang diberikan. Dengan informasi yang diberikan oleh Akuntansi Manajemen bisa membuat pihak perusahaan mengambil keputusan dengan bijak, dan juga bisa mencegah terjadinya defisit anggaran.(Ridwan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Karakteristik dan Ruang Lingkup Akuntansi Manajemen
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar