Konsep dan Cara Kerja SEO

Daftar Isi

    LancangKuning.com - SEO ( Search Engine Optimization ) merupakan suatu teknik yang bertujuan untuk memaksimalkan nilai Relevan halaman website agar meningkatnya peringkat dan pengunjung dari Search Engine Google. SEO dilakukan melalui jalannya yang sistematis atau analisa implementasi, dan report, artinya melakukan Teknik SEO yang termasuk kedalam kategori Blackhat SEO/ Greyhat SEO dan atau Whitehat SEO. Setiap teknik yang digunakan memiliki kelebihan dan kekurangan apabila dijalankan.

    Contohnya Blackhat SEO melakukan tindakan yang berbahaya untuk mempercepat ranking sebuah website pada pencarian Search Engine. Whitehat adalah tindakan tindakan yang natural dan relevan dalam menjalankan dan meningkatkan ranking sebuah website. Dan yang terakhir adalah Greyhat SEO adalah perpaduan antara kedua teknik sebelumnya yang bertujuan untuk meningkatkan ranking website.

    Manfaat SEO

    SEO memberikan banyak dampak baik bagi para pemilik website atau blog. Dampaknya tergantung apa tujuannya sendiri, contohnya website affiliate dan ditambah dengan cara SEO maka akan memberikan dampak meningkatnya penjualan produk affiliate. Dan ada juga website yang jualan online dipadukan dengan SEO maka akan memberi dampak meningkatnya pengunjung, dan penjualan juga akan meningkat, serta konsumen akan sering mengunjungi website anda. Berikut manfaat dari SEO :

    • Pengunjung website menjadi ramai
    • Pelanggan akan berdatangan ke website
    • Meningkatnya pendapatan anda sebagai publisher
    • Cache penelusuran di Search Engine menjadi utama
    • Penjualan produk menjadi meningkat
    • Terdapatnya simbol balik ke website affiliate produk

    Cara kerja SEO      

    1. Crawling

    Perayapan atau crawling merupakan suatu proses pengambilan semua halaman web yang terhubung kepada situs web tersebut. Tugas ini dilakukan oleh software atau perangkat lunak yang disebut crawler atau spider maupun Googlebot di dalam mesin pencarian Google.

    1. Indexing

    Indexing adalah proses pembuatan indeks untuk semua halaman web yang telah diambil dan disave atau disimpan kedalam database pencari. Pada dasarnya,proses pengindeksan merupakan identifikasi dari tulisan dan kata-kata atau deskripsi yang menjadikan halamantersebut bisa masuk kedalam database mesin pencari dengan kata kunci tersebut.

    1. Processing

    Pada saat mesin pencarian mendapatkan request dari pengguna, contohnya ;dengan mengetikkan kata kunci “cara kerja seo” kedalam request search dengan halaman lainnya dari berbagai macam situs web yang terindeks pada database mesin pencarian.

    1. Calculating Relevancy

    Dalam suaru halaman web tentunya mempunyai jumlah lebih dari satu kata kunci yang dimasukkan kedalam mesin pencari, contohnya pada kata kunci “pengertian ceo” hingga mesin pencari melakukan proses dengan cara menghitung relevan dari setiap halaman yang telah terindeks untuk kata kunci yang diterima.

    1. Retrieving Result

    Dan langkah yang terakhir di sistem mesin pencarian adalah mengambil hasil yang sangat relevan dari kata kunci yang telah dijalankan sebelumnya, setelah itu ia akan menampilkan ke dalam daftar hasil yang ada di browser.

    Setiap bulan mesin pencarian sering melakukan pembaruan terhadap puluhan algoritma yang berhubungan dengan teknik relevansi untuk memberikan tampilan hasil pencarian. Hal ini dilakukan agar pencarian yang ditampilkan benar – benar menampilkan hasil yang diminta pengguna atau kata kunci yang dimasukkan.

    Meskipun prinsip dasarnya dari sistem dari sistem pencarian pada mesin pencari adalah hal yang sama, akan tetapi yang menjadikan pembeda adalah algoritma relevansi yang digunakan hingga menyebabkan hasil mesin pencarian yang sedikit berbeda.

    Berikut adalah beberapa tentang yang bisa dipelajari tenteng SEO. Website dengan domain dan hosting yang bagus maupun tidak akan mempengaruhi SEO.(Ilham)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel  Konsep dan Cara Kerja SEO
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar