Prospek Kerja Lulusan SMK Jurusan Teknik Gambar Bangunan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sekolah Menengah Kejuruan merupakan sekolah yang langsung terjun kelapangan. Sekolah Menengah Kejuruan ini lebih ke praktek dari pada materi. SMK ini sangat berbeda dengan SMA. Perbedaan tersebut dari segi pelajarannya maupun cara belajarnya. Karena SMA ini kita lebih banyak materi dibandingkan praktek. Pada saat kelas 2 SMK , siswa tersebut dianjurkan untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) / PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) di sebuah Instansi / Perusahaan.

    Siswa SMK ini lebih di tekankan ke dunia pekerjaan. Banyak sekali lulusan SMK ini langsung bekerja di suatu tempat sesuai dengan bidangnya masing – masing dari pada melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Akan tetapi, masih banyak juga yang melanjutkan pendidikannya ke Perguruan Tinggi. Di SMK ini sudah jurusan salah satunya seperti, Multimedia, Rekayasa Perangkat Lunak, Manajemen, Teknik Informatika, Akuntansi, Teknik Sipil, Teknik Gambar Bangunan (Arsitektur) dan lain sebagainya.

    Untuk lulusan dari jurusan Teknik Gambar Bangunan ini peluang kerjanya cukup besar dan masa depan pasti akan cerah. Karena dari dulu hingga pada saat sekarang ini mengenai bangunan tidak akan ada habisnya, baik itu dalam pembuatan rumah, jalan, jembatan maupun gedung-gedung lainnya.  Maka dari itu, untuk lulusan dari Teknik Gambar Bangunan peluang kerjanya sangat besar, salah satunya yaitu :

    Drafter

    Drafter ini tugasnya yaitu untuk menggambar sebuah bangunan dan membantu konsultan dalam menuangkan ide – ide arsitek atau pun teknik sipil kedalam kertas, sedangkan di kontraktor ini tugasnya untuk membuat gambar kerja yakni dengan mendetailkan suatu gambar dari yang merencanakan supaya mudah untuk dipahami dan dijadikan sebagai pedoman pelaksanaan.

    Quantity Surveyor / Estimator

    Tugasnya yaitu untuk menghitung volume pekerjaan suatu bangunan, kebutuhan material dan juga membuat laporan pekerjaan.

    Pelaksana Proyek

    Bertugas untuk mengawasi tukang bangunan, menjelaskan suatu gambar, serta memantau jalan dalam pelaksanaan pekerjaan sebuah proyek supaya berjalan sesuai dengan apa yang sudah direncanakan sebelumnya. Pada proyek yang berskala besar seperti gedung yang tinggi / bertingkat, maka akan diadakannya pembagian tugas pelaksana dengan personil khusus, seperti pelaksana besi, Bekisting, Cor, finishing, Mekanik Elektrikal dan lain sebagainya.

    Mandor

    Mandor ini hampir sama dengan pelaksana proyek, tapi ruang lingkupnya lebih kecil yakni memimpin para tukang bangunan supaya melaksanakan pekerjaan sesuai dengan arahan.

    Kontraktor / Pemborong Bangunan

    Seseorang maupun perusahaan yang telah diberikan tugas oleh owner / sang pemilik bangunan  untuk mengerjakan sebuah pembangunan dengan harga, waktu, dan syarat yang tekah disepakati di dalam kontrak kerja.

    Konsultan Perencana / Jasa Desain Rumah

    Tugasnya yaitu merencanakan suatu bangunan sehingga akan menghasilkan sebuah gambar, rencana kerja serta rencana anggaran biaya (RAB).  Selain itu juga dapat membuka usaha di bidang perencanaan, seperti jasa untuk mendesain sebuah rumah, pembuatan maket, gambar 3 Dimensi dan lain-lainya.

    Developer / Pengembang Perumahan

    Bertugas membangun sebuah kawasan ataupun bangunan untuk dijual sehingga akan mendapatkan keuntungan.

    Webmaster Blog Bertema Bangunan

    Pada zaman informasi ini akan membangun sebuah blog di Internet juga dapat dijadikan sumber penghasilan sekaligus untuk membagikan suatu ilmu tentang bangunan yang telah dipelajari di sekolah supaya bermanfaat untuk yang akan membutuhkannya.(Ririn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Lulusan SMK Jurusan Teknik Gambar Bangunan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    100%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar