Kedudukan Manajer Keuangan Dalam Struktur Organisasi Perusahaan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kedudukan dari manajemen keuangan dalam struktur  organisasi yaitu sangat penting. Hal ini adalah tanggung jawab untuk memanajemen suatu keuangan yang tidak hanya untuk mencari dana dan mengelola kas, akan tetapi lebih dari itu tanggung jawab ini hampir saja sama dengan keputusan yang akan dibuat oleh organisasi perusahaan lain. Sehingga disebabkan karena dari semua keputusan yang bisa memiliki konsekuensi dan bermuara pada bidang-bidang keuangan.

    Dalam suatu struktur organisasi perusahaan, secara umum biasanya perusahaan ini lebih menggunakan bentuk organisasi yang lebih fungsional. Yang mana tugas dan wewenang serta tanggung jawab yang akan di mulai dari direktur utama. Direktur utama akan menjalankan perusahaan setelah menerima tugas, wewenang, tanggung jawab dari dewan komisaris. Yang akan mewakili para orang-orang yang memegang saham atau RUPS.

    Dalam menjalankan suatu perusahaan direktur utama akan membawahi direktur yang fungsional. Seperti produksi dan operasi, direktur pemasaran, direktur keuangan, direktur personalia atau SDA atau sumber daya manusia. Dari masing-masing tersebut akan menjalakan sebuah tugas dan wewenang yang sesuai dengan departemen atau bagiannya. Serta akan bertanggung jawab penuh kepada direktur utama tentunya. Salah satu dari jabatan direktur yaitu direktur keuangan yang aka bertanggung jawab penuh kepada direktur utama. Dari masing-masing tersebut akan berkaitan dengan aspek keuangan dan tugas dari direktur keuangan yaitu melakukan pekerjaan analisa keuangan yang akan dibantu oleh bendahara perusahaan tersebut.

    Ada beberapa tugas dan tanggung jawab manajer keuangan yang dikerjakan secara terperinci yaitu sebagai berikut:

    1. Perencanaan dan peramalan dari bidang keuangan.
    2. Keputusan dan juga investasi dan pembiayaan.
    3. Bersama-sama dengan para manajer lain berusaha untuk meningkatkan efesiensi operasi perusahaan.
    4. Penggunaan pasar uang dan pasar modal.
    5. Mengelola sumber-sumber dana yaitu kas, piutang, dan persediaan.
    6. Membuat keputusan dari struktur permodalan dan modal.

    Kaitan manajemen keuangan dengan akuntansi

    Akuntansi dapat didefenisikan sebagai proses pencatatan. Dari penggolongan ringkasan dan penyajian, dari cara-cara yang pada umumnya transaksi keuangan yang akan terjadi di dalam perusahaan atau unit dari organisasi yang lainnya. Dan mengadakan penafsiran terhadap lainnya akuntansi ini akan memiliki hubungan yang sangat erat dengan manajemen sebuah keuangan, akan tetapi akuntansi tidak sama dengan namanya manajemen keuangan. Akuntansi dan manajemen memiliki fokus yang sangat berbeda-beda dari perbedaan utama yaitu antara akuntansi dan manajemen keuangan yang akan berkaitan dengan penanganan data dana dam pembuat keputusan.

    Akuntansi manajerial ini merupakan ciri-ciri pengendalian dari suatu fungsi keuangan, yang akan menyediakan sebuah informasi keuangan agar digunakan  untuk pengambilan keputusan tentang masa depan perusahaan. Akuntansi manajerial akan mencangkup dan mempersiapkan laporan yang akan digunakan untuk manajemen untuk mengambil sebuah keputusan internal. Yaitu seperti pembuatan anggaran, penempatan pada harga, penganggaran modal, pengkajian kinerja, analisa BEP, penetapan harga dari transfer, dan analisa tingkat pendapatan. Informasi akuntansi manajerial yang penting bagi direktur atau manajer keuangan. Atau juga hasil analisa manajemen keuangan dan tidak hanya untuk digunakan sebagai pengambilan manajemen internal, akan tetapi juga dari pihak lain yaitu seperti kreditur, investor, serikat buruh, pemerintahan, maupun pihak-pihak lainnya.

    Dari pengertian diatas bisa disimpulkan bahwa akuntansi yang akan digunakan oleh para direktur atau manajer keuangan untuk pembuatan tentang penggunaan agar bisa terpenuhi tujuan dari perusahaan tersebut dan akan memperkirakan pendapatan dari masa yang akan datang, fungsi dari manajemen keuangan yang akan menganalisis informasi akuntansi untuk memperbaiki keputusan yang bisa mempengaruhi dari perusahaan. Nah, dari artikel diatas menjelaskan tentang kedudukan manajer keuangan dalam struktur organisasi perusahaan.(Nanda)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kedudukan Manajer Keuangan Dalam Struktur Organisasi Perusahaan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar