Tips Mengatur Keuangan untuk Mahasiswa

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sebagai seorang mahasiswa kamu sebaiknya tetap pintar dalam mengatur keuangan agar kamu tidak kewalahan memikirkan keuangan setiap bulannya. Meskipun kamu adalah seorang mahasiswa dan belum memiliki pekerjaan namun kamu sebagai seorang mahasiswa harus cermat karena kamu adalah seseorang yang sudah dikatakan dewasa maupun sudah beranjak dewasa. 

    Bayangkan saja ketika sudah saatnya untuk membayar uang kuliah semester depan dan kondisi orang tua kamu yang mengalami kesulitan untuk memberikan biaya untuk membayar uang kuliah tersebut, serta kamu juga tidak mempunyai strategi mengelola keuangan. Oleh karena itu, yuk simak tips mengatur keuangan untuk mahasiswa berikut ini :

    1. Buat Pos-Pos Anggaran

    Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah membuat pos-pos anggaran ketika kamu sudah mendapatkan uang saku pada awal bulan, pada umumnya keperluan-keperluan seperti sabun, shampo, dan keperluan lainnya akan dit anggung oleh orang tua. Jadi kamu dapat memanajemen uang saku yang didapat untuk makan, ongkos, fotokopi dan lain sebagainya. Tapi sekiranya kamu mendapatkan uang saku setiap hari atau mingguan kamu tetap harus menggunakannya kepada keperluan seperti diatas tadi.

    1. Hemat Ongkos Dan Makan

    Tips selanjutnya kamu dapat menghemat uang ongkos dan uang makan, namun kamu mungkin bingung bagaimana cara untuk menghemat ongkos dan makan tersebut, nah kamu dapat mencoba cara yang satu ini seperti jika pengeluaran kamu biasanya 25 ribu karena menggunakan ojek online, untuk menghemat biaya ongkos tersebut cobalah menggunakan angkutan umum yang biaya penggunaanya akan lebih murah bayangkan saja jika menggunakan angkutan umum kamu mengeluarkan biaya 10 ribu maka kamu dapat menghemat biaya sampai 15 ribu, begitu pun untuk makan jika kamu punya uang makan 25 ribu maka coba lah makan di warteg yang akan membuat biaya makan jadi lebih murah lagi dan uang makannya dapat kamu tabungkan.

    1. Memanfaatkan Fasilitas Yang Disediakan Untuk Mahasiswa.

    Trik yang satu ini juga akan sangat membantu bagi kamu seorang mahasiswa, kenapa tidak seperti yang kita tahu ada di beberapa restoran atau tempat belanja yang biasanya memberikan promo potongan harga bagi kamu seorang mahasiswa, oleh karena itu janganlah gengsi untuk menggunakan fasilitas ini.

    Lumayankan mendapatkan diskon sebesar 10-15 % ketika ingin melakukan sesuatu. Dan juga ketika kamu ingin menjalani seminar, simposium, konferensi ilmiah dan lain sebagainya akan memberikan registrasi bagi mahasiswa. Maka manfaatkanlah status kamu sebagai seorang mahasiswa untuk memperoleh potongan-potongan harga ini.

    1. Bila memungkinkan cobalah untuk membuat bisnis kecil-kecilan.

    Ketika kamu sedang dalam bangku kuliah cobalah untuk membuat suatu bisnis sampingan, ada banyak bisnis untuk mahasiswa yang dapat lakukan oleh karena itu pilihlah bisnis sampingan yang cocok dengan kamu agar tidak mengganggu aktivitas belajar pada universitas kamu dengan kamu menjalani bisnis sampingan kamu dapat membantu masalah finansial kamu dan meringankan beban orang tua kamu.

    1. Mengalokasikan dana untuk menyumbang untuk kemanusiaan.

    Walaupun kamu sedang menghemat pengeluaran tapi alangkah baiknya jika kamu memberikan sedikit uang saku kamu, karena pada nyatanya jika memberikan bantuan kepada satu sama lain akan memberikan kebahagiaan tersendiri bagi kamu yang memberi maupun bagi orang yang menerima. Kebahagiaan ini adalah kebahagiaan sesungguhnya karena bukan kebahagiaan yang semu atau sementara.

    Oleh karena itu untuk mendapatkan kebahagiaan yang sesungguhnya ini kamu tentu harus menanamkan ikhlas dalam diri kamu namun sebaliknya jika kamu mencoba memberi tetapi tidak dilandasi dengan ikhlas kamu malah akan mendapatkan ketidaktenangan dan tidak akan bahagia.

    Demikianlah tips mengatur keuangan untuk mahasiswa yang wajib kamu terapkan agar ketika berada di akhir bulan tidak menjadi kalang kabut karena telah kehabisan uang. Cobalah untuk menerapkan nya secepatnya dan janganlah menunda-nundanya.(Rifki)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Mengatur Keuangan untuk Mahasiswa
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar