Khasiat dan Manfaat Jantung Pisang

Daftar Isi

    LancangKuning.com – Jantung pisang bisa dikatakan salah satu jenis sayuran yang sering digunakan oleh para ibu-ibu sebagai bahan masakan yang hasilnya berupa sayur jantung pisang. Bagi orang jawa sebutan untuk jantung pisang yaitu tutut gedang atau otot gedang. Kelezatan dan rasa enak hasil olahan jantung pisang menjadi sayuran cukup diperhitungkan.

    Tidak hanya buah pisang saja yang banyak dan bisa dinikmati oleh kebanyakan orang, ternyata bagian dari pohon pisang lainnya juga sering dikonsumsi dan dimanfaatkan oleh ibu-ibu yaitu jantung pisang.

    Jantung pisang ini juga sering kita jumpai di pasar tradisional, dimana jantung bisa ini berasal dari bunga majemuk bakal buah pisang dengan warna kemerahan dan biasanya pemilik pisang memangkas jantung ini dengan tujuan buah pisang bisa lebih besar.

    Tidak hanya lezat dan enak saja ternyata jantung pisang juga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan menurut penelitian pada 25 gram jantung pisang memiliki 31 kkal kalori, 1.2 gram protein, 7.1 gram karbohidrat dan 0.3 gram lemak. Jantung pisang juga memiliki kandungan Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C serta memiliki kandungan mineral yang penting seperti kalsium, fosfor dan Fe/Zat Besi.

    Dengan banyaknya kandungan yang baik pada jantung pisang ternyata jantung pisang ini memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat dan khasiat jantung pisang untuk kesehatan :

    1. Cocok Untuk Program Diet

    Jantung pisang merupakan pilihan yang tepat dan cocok sekali dikonsumsi oleh mereka yang tengah menjalankan program diet rendah lemak. Alasan kenapa jantung pisang sangat cocok karena dengan mengkonsumsi jantung pisang akan memberikan efek rasa kenyang lebih lama bila dibandingkan nasi atau makanan lainnya. Tidak hanya itu saja, jantung pisang memiliki kandungan fiber tinggi sehingga sangat berkhasiat sekali dalam melancarkan pencernaan dan kesehatan perut. Selain itu indeks glemik jantung pisang tergolong rendah sehingga sangat cocok atau baik bagi mereka penderita diabetes.

    1. Melancarkan darah, cegah stroke dan jantung

    Jantung pisang juga memiliki khasiat lainnya yaitu bisa mencegah adanya serangan penyakit jantung ataupun stroke. Sifat anti koagulan yang ada pada jantung pisang mampu melancarkan sirkulasi darah karena sifat ini akan mencegah terjadinya penggumpalan pada dara. Dengan mengkonsumsi jantung pisang dengan teratur setidaknya bisa mencegah terserang penyakit jantung atau stroke, karena kita sama-sama tahu bahwa membutuhkan biaya yang cukup mahal untuk pengobatan jantung dan stroke ini.

    1. Jantung Pisang Enak Dimakan

    Meskipun semua pohon pisang memproduksi jantung pisang, namun tidak semua jantung pisang enak dan nikmat jika diolah menjadi sayuran atau makanan. Kita contohkan jantung pisang dari pohon pisang ambon. Banyaknya kandungan tannin pada pisang tersebut menimbulkan rasa yang agak pahit.

    Namun disarankan untuk mengkonsumsi jantung pisang batu, pisang kepok, pisang siam atau pisang kluthuk karena memiliki rasa yang gurih. Adanya kandungan senyawa protein yang tinggi pada pisang tersebut mampu mengalahkan rasa pahit dari tannin, hal itulah yang menyebabkan jantung pisang ini sangat enak dan lezat untuk dimakan.

    Itulah beberapa manfaat serta khasiat yang bagus untuk kesehatan mengenai jantung pisang. Selain enak untuk sayuran, jantung pisang juga bagus untuk mencegah stroke, penyakit jantung bahkan juga bagus untuk program diet.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Khasiat dan Manfaat Jantung Pisang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar