Lenyapkan Stress dengan Teknik Relaksasi Sederhana Ini

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Stress bisa menyerang siapa saja dan kapan saja tanpa kita mengundangnya dan tanpa permisi. Bisa dikatakan stress ini persoalan yang sudah biasa untuk kita saat ini. Banyak orang yang mengaku stress menjalani hidupnya, ada saja permasalahan yang mereka hadapi hingga menimbulkan rasa stress ini. Jika rasa stress ini terus berlanjut tentu saja tidak bagus untuk kesehatan.

    Namun, kita tidak perlu khawatir jika mengalami stress segeralah melakukan relaxi dan jangan biarkan rasa stress berlarut-larut. Relaksasi ini adalah salah satu cara yang bisa mengurangi ketegangan dan kecemasan. Dengan melakukan relaksasi meskipun stress tidak sepenuhnya hilang namun setidaknya mampu meredakan rasa tress yang kita alami.

    Sebenarnya tidak butuh banyak waktu dan tenaga dengan pergi ke spa untuk meredakan stress. Melainkan ada banyak cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan stress. Berikut beberapa relaksasi sederhana cukup dengan waktu kurang 15 menit yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan stress :

    1. Meditasi

    Melakukan meditasi beberapa menit per hari mampu membantu mengurangi kecemasan yang kita rasakan. Caranya cukup mudah, dengan duduk tegak dimana posisi kedua kaki dilantai dan mata tertutup. Fokuskan perhatian pada kalimat positif “aku merasa damai” atau “aku mencintai diriku sendiri” dengan suara keras atau pelan. Untuk menyelaraskan mantra yang dibaca dengan napas letakan satu tangan di perut dan biarkan pikiran yang mengganggu melayang bersama hembusan angin.

    1. Bernafas dalam-dalam

    Istirahatkan diri anda 5 menit dari rutinitas yang menyibukan diri dan fokus dengan pernapasan. Cobalah duduk tegak dengan mata tertutup dan tangan diperut, tarik napas perlahan napas melalui hidung. Mulai rasakan napas dari purut dan teruskan hingga ke atas kepala. Begitu juga sebaliknya saat mengeluarkan napas.

    1. Kompres

    Cara ini juga bisa dilakukan untuk menghilang stress yaitu meletakkan kompres hangat pada bagian leher dan bahu sekitar 10 menit dan tutup mata serta rilekskan otot-otot wajah, leher, dada bagian atas dan pungung. Untuk melepaskan ketegangan kamu bisa menggunakan bola atau roller busa untuk memijat wajah.

    1. Be Present

    Untuk membantu kita lebuh tenang kita bisa mencoba untuk menghabiskan waktu dengan sadar dan fokus pada seluruh indera yang kita miliki. Perhatikan bagaimana rasanya udara di wajah ketika berjalan serta bagaimana perasaan kaki menyentuh tanah dan hal lainnya.

    1. Sharing dengan teman

    Saat ini banyak sekali cara sharing yang bisa kita lakukan salah satunya melalui media sosial. Bisa dikatakan media sosial salah satu cara terbaik untuk menghilangkan stress. Namun, kamu tetap harus ingat jangan asal dan sembarangan curhat di media sosial. Meskipun demikian tetap disarankan untuk sharing kepada orang terdekat seperti teman atau keluarga secara langsung.

    1. Dengarkan tubuh anda

    Untuk mengetahui sejauh apa rasa stress yang kita alami pahamilah apa yang tubuh kita rasakan. Berbaring telentanglah atau juga bisa dengan duduk dimana posisi kaki di lantai. Mulailah dengan jari-jari kaki hingga ke kulit kepala. Perhatikan apa yang dirasakan tubuh kita dan sadari dimana posisi merasa tegang dan stress

    1. Bergerak

    Semua kegiatan olahraga apapun itu baik itu lari, joging, yoga dan berjalan juga bisa mengurangi depresi dan rasa cemas. Dengan berolahraga makan otak akan terbantu dalam melepaskan zat kimia sehingga membuat tubuh memiliki kesempatan untuk berlatih mengatasi stres. Cara sederhananya bosan dengan berjalan di lingkungan kompleks rumah atau latihan sederhana.

    1. Bersyukur

    Teknik ini mungkin adalah teknik yang paling manjur yaitu selalu bersyukur. Buatlah list yang bisa membuat kamu untuk mengingat hal baik apa saja yang sudah kamu alami sehingga kamu mensyukuri apa yang sudah kamu dapatkan.

    Kalau perlu kamu bisa membuat jurnal atau catatan kenikmatan apa saja yang sudah dapatkan sehingga ketika rasa stress mulai menghampiri kamu bisa membuka kembali catatan itu agar bisa meredakan rasa stress tersebut.

    Nah, itulah beberapa cara relaksasi sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan atau mengatasi rasa stress.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Lenyapkan Stress dengan Teknik Relaksasi Sederhana Ini
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar