Alasan Mengapa Pendidikan Itu Penting

Daftar Isi

    Foto: google

    LancangKuning.Com, PEKANBARU - Berbicara mengenai pendidikan semua pasti sudah mengetahui bahwa begitu pentingnya pendidikan bagi manusia. Dengan adanya pendidikan maka manusia atau seseorang dapat mempunyai pengetahuan, kemampuan, dan Sumber Daya Manusia yang tinggi.

    Pendidikan merupakan proses memahami sesuatu yang dimana tadinya tidak mengerti menjadi mengerti dan juga proses yang berguna seseorang menjadi manusia yang lebih berkarakter. Pendidikan, kemampuan, pengetahuan dan wawasan sangat dibutuhkan dalam memulai atau melamar suatu pekerjaan.

    Pendidikan adalah pondasi utama yang membangun bangsa Indonesia menjadi lebih baik, dengan sistem pendidikan yang bagus maka akan melahirkan para pemuda yang cerdas, baik secara akademis maupun akhlaknya. Karena pendidikan perpaduan antara IMTAQ (Iman dan Taqwa) dan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi).
    Pendidikan jika boleh diibaratkan seperi pisau, apabila terus diasah dengan sistem pendidikan yang baik maka akan terlahirlah pemuda bangsa yang hebat, begitupun sebaliknya.

    Era zaman dahulu dan sekarang memang telah berubah, namun pendidikan adalah hal nomor satu yang masih menjadi prioritas untuk memajukan suatu negara hingga saat ini. Bayangkan jika sistem pendidikan disebuah negara berjalan tidak baik, maka sudah pasti negara tersebut berada dibawah ambang kehancuran.

    Karena pastinya hampir seluruh rakyatnya hancur moralnya, pengetahuan yang minim, dan tingkat kejahatan yang tinggi karena banyak rakyat yang miskin karena tidak pintar sehingga tidak bisa bekerja.

    Beberapa ulasan dibawah ini pentingnya pendidikan itu bagi manusia:

    Untuk Karir atau Pekerjaan

    Pendidikan sangat penting karena untuk melengkapi seserang dengan keahliannya yng diperlukan dalam dunia kerja serta membantu seseorang dalam mewujudkan tujuan karir. Keahlian merupakan pengetahuan yang mendalam mengenai suatu bidang tertentu yang dapat membuka peluang karir bagus untuk masa depan.

    Sehingga dengan adanya pendidikan yang layak dan baik maka dapat membantu seseorang sebagai manusia untuk mewujudkan impian.
    Dalam masalah karir, alasan utama mengapa pendidikan begitu penting adalah bahwa hal itu yang menjadi kebutuhan dasar bagi banyak perusahaan, bahkan merupakan syarat utama dalam mencapai pekerjaan.

    Banyak perusahaan yang membutuhkan karyawan dengan tingkat pendidikan yang tinggi, bahkan untuk peran yang sebelumnya tidak memerlukannya, seperti posisi asisten administrasi. Semakin rendah tingkat pendidikan seseorang, semakin sedikit pintu yang terbuka bagi seseorang untuk berkarir.  

    Pendidikan merupakan persyaratan untuk mempersempit bidang pelamar, terutama dalam situasi dimana terdapat banyak pelamar kerja. Ketika menyeleksi calon karyawan, pengusaha lebih memilih mereka yang telah menyelesaikan tingkat pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.

    Menjadi Manusia Yang Lebih Baik Dan Berkarakter

    Pendidikan membuat seseorang sebagai manusia untuk berpikir, menganalisis serta memutuskan. Menumbuhkan karakter pada diri sendiri juga merupakan tujuan dengan adanya pendidikan, sehingga menciptakan Sumber Daya Manusia yang lebih baik.

    Pendidikan membuka pikiran dan memperluas cakrawala seseorang hal ini memungkinkan seseorang untuk memahami tugas-tugas sebagai warga negara dan mendorong seseorang untuk mengikutinya. Suatu kenyataan yang tidak dapat disangkal bahwa orang yang berpendidikan adalah warga negara yang lebih baik, tapi tentunya bukan masalah titel melainkan juga dari sisi perilaku, hakikat pendidikan adalah membangun karakter yang biak.   

    Membantu Dalam Kemajuan Suatu Bangsa untuk kemajuan suatu bangsa pendidikan sangat berperan penting didalamnya.

    Sehingga manusia yang baik membutuhkan suatu pendidikan, dalam dunia kompetitip dan bersaing, pendidikan adalah jalan untuk dapat brsaing. Sebagian besar menyadari dengan adanya pendidikan yang baik maka akan menghasilkan manusia yang baik. Tidak hanya pendidikan saja namun juga memerlukan keahlian yang cukup dalam membuat maju suatu bangsa.

    Memberi Pengetahuan, Memperluas pengetahuan seseorang dan mengajarkan seseorang untuk toleren terhadap pandangan lain.

    Orang yang berpendidikan akan lebih mudah untuk memahami sudut pandang yang berbeda dari orang yang tidak berpendidikan. Pendidikan memperluas lanskap mental seseorang dan cara kedepan untuk mencapai pencerahan yang lebih besar, tujuan akhir dari setiap manusia dalam kehidupan.
    Sebuah efek langsung dari pendidikan adalah dengan adanya mendapatkan pengetahuan yang luas.

    Pendidikan memberikan pelajaran yang begitu penting bagi manusia mengenai dunia sekitar, mengembangkan perspektif dalam memandang kehidupan. Pendidikan yang sebenarnya diperoleh dari pelajaran yang diajarkan oleh kehidupan kita, maka dari itu banyak pemerintah yang menganjurkan pendidikan yang baik di mulai sejak dini, agar seseorang kelak dewasa mempunyai Sumber Daya Manusia yang baik.

     Memberikan Pencerahan Dalam Kehidupan. Dengan adanya pedidikan dapat menghapuskan keyakinan yang salah dalam di dalam pikiran seseorang, selain itu juga apat membantu dalam menciptakan suatu gambaran yang jelas mengenai hal disekitar kita, juga dapat menghapus semua kebingungan.

    Orang dengan pendidikan yang tinggi biasanya akan lebih bijak dalam menyelesaikan suatu masalah, hal ini di karenakan mereka sudah mempelajari mengenai ilmu pendidikan dalam kehidupan. (LKC)
     

    Laporan: Rilis Yessi Amalia

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Alasan Mengapa Pendidikan Itu Penting
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar