Prospek Kerja Lulusan Agribisnis

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Prospek kerja agribisnis adalah prospek kerja yang paling luas di banyak negara yang di dukung banyak oleh sector teknologi. Agribisnis adalah ilmu untuk mempelajari usaha dan memajukan bidang pertanian serta social ekonomi secara lanjut. Prospek ini meliputi pertanian, perikanan perkebunan, dan kehutanan. Selain itu, dalam manajemen agribisnis yang ada di dunia akademik dalam produksi beserta dengan distribusi pertanian bisa dijelaskan sebagai salah satu kegiatan agribisnis. Kuliah di jurusan ini banyak membahas tentang tatacara dalam mengelola lingkungan, sehingga bisa lebih efektif dan pastinya lebih jauh mengguntungkan.

    Berikut beberapa prospek kerja jurusan lulusan agribisnis

    1. Menjadi staff pengajar atau Dosen

    Jika anda adalah mahasiswa agribisnis yang hebat dan memiliki prestasi yang baik dan bagus, menjadi seorang dosen adalah salah satu pilihan yang tepat untuk anda. Dan tentunya anda harus mengambul mata kuliah pascasarjana terlebih dahulu setelah menyelesaikan S1. Dan jangan ragu dengan biaya yang anda cari di saat ini banyak beasiswa S2 dan S3 yang bisa anda lamar.

    1. Peneliti di LIPI atau instansi yang lain

    Ilmu pengetahuan hari demi hari akan selalu menunjukkan perkembangan yang signifikan seperti ilmu pemuliaan tanaman yang mampu meningkatkan produktivitas pertanian itu sendiri dengan cara mempercepat masa panen. Serta masih banyak lagi aspek peneliti lainnya maka dari itu prospek kerja jurusan ini adalah seorang peneliti atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

    1. Wirausahawan atau Pengusaha

    Ilmu yang sudah ada pada dasarnya sudah di pelajari selama anda belajar di kampus bisa anda publikasikan di dalam kehidupan masyarakat dengan cara berbisnis di produk yang memilika kaitan erat dengan pertanian. Setelah lulus nant anda juga bisa membangun sebuah usaha rintisan atau startup dan jika ingin berhasil nanti anda harus bisa membaca masalah yang di hadapi oleh masyarakat dan mencari solusi terbaik yang bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan cara bisnis kamu yang telah di pelajari

    1. Bekerja di instansi pemerintah

    Lulusan agribisnis bisa mendaftar di berbagai macam instansi seperti di kementerian pertanian, kementerian perdagangan, hingga kementerian perindustrian di perusahaan BUMN

    1. Bekerja di sector swasta

    Untuk sector swasta anda akan bekerja dengansystem kontrak yang lama bekerja nya sudah diketahui saat sudah diterima bekerja di perusahaan itu. Dan tidak hanya itu anda juga bisa bekerja di berbagai perusahaan yang bergerak di bidang komoditi atau anda juga bisa membuka usaha sendiri  jika anda mempunyai tekad yang kuat.

    1. Bekerja di Lembaga swadaya masyarakat (LMS)

    Di Indonesia hasil pertanian masih banyak belum menunjukkan perkembangan yang banyak hal itu dikarenakan pengelola lahan pertanian belum mempunyai pengetahuan yang luas tentang cara meningkatkan hasil pertaniannya. Maka dari itu, seorang yang lulusan agribisnis Bersama dengan orang-orang lulusan pertanian bisa menjadi salah satu cara mengatasi masalah tersebut salah satunya adalah dengan memberikan penyuluhan mengenai masalah yang terkait kepada masyarakat khususnya petani yang menggarap lahannya.

    1. Konsultan pertanian

    Anda juga bisa menjadi konsultan pertanian yang bisa memberikan pengetahuan wawasan pada masyarakat luas terkait dengan ilmu agribisnis yang anda miliki. Seorang konsultan hanya memberikan arahan dan bimbingan serta analisis adalah mendapatkan bayaran yang sebanding dengan kemampuan tersebut.

    1. Bekerja di BAPPEDA

    Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah berkontribusi membangun masyarakat luas untuk mengetahui mengenai mengelola pertanian. Dan anda juga bisa menjadi petugas BAPPEDA yang mensejahterakan masyarakat.

    Jadi itulah prospek kerja di agribisnis yang bisa kamu jadikan referensi untuk kerja setelah lulusan dari perkuliahan nanti.(Satria)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Lulusan Agribisnis
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar