Prospek Kerja Jurusan Bisnis Islam

Daftar Isi

     

    LancangKuning.com - Prospek kerja jurusan bisnis Islam ini adalah program studi atau jurusan terbaru. Prodi ini biasanya berada pada bawah fakultas ilmu ekonomi dan bisnis, prospek kerja ini mempelajari tentang suatu hubungan bisnis dan peraturan bisnis dari perspektif agama Islam. Bisnis Islam ini anda akan merencanakan bagaimana menganalisa, dan membuat suatu keputusan sebuah bisnis keuangan secara halal dan juga mengikuti syariat agama Islam.

    Setiap melakukan kegiatan bisnis tentunya memiliki orientasi dan etika. Bisnis Islam ini mengatur orientasi dan etika ke dalam bisnis untuk menghindari, judi, riba, dan memonopoli bisnis, yang bertujuan menciptakan bisnis halal dan berkah. Tidak hanya mempelajari tentang syariat tetapi mempelajari tentang ilmu dalam mengelola bisnis.

    Prospek kerja bisnis Islam ini baik untuk mengingat bagaimana bisnis atau syariah yang meningkat dari tren bisnis syariah di negara-negara eropa dan juga semakin membaik dan di akui.

    Berikut ini adalah prospek kerja lulusan jurusan bisnis Islam.

    1. Lembaga Keuangan dan Perbankan Syariah

    Semakin meningkatnya popularitas dari perbankan syariah, yaitu biasanya menjadi sebuah atau suatu peluang yang sangat baik bagi anda lulusan bisnis Islam. Ada beberapa bank-bank konvensional pun dimulai dari pembentukan syariah tersendirinya. Di perusahaan lembaga keuangan dan perbankan syariah ini anda akan bekerja di berbagai bidang baik dari operasional maupun di bidang manajemen.

    Selain dari perusahaan syariah pun ini akan ikut naik dan akan menunjukkan tren yang signifikan dari kesadaran masyarakat maupun keluarga yang ingin menjalankan secara syar’i.

    1. Pengusaha

    Prospek kerja jurusan bisnis Islam ini pada umumnya juga mempelajari tentang ilmu bisnis, sehingga  anda juga bisa menerapkan apa saja yang anda pelajari tentang bisnis Islam tersebut dan akan terjun ke dunia wirausaha.

    Pengusaha adalah orang pribadi dan persekutuan yaitu badan hukum yang akan menjalankan sebuah jenis perusahaan, dan melakukan sebuah usaha pengusaha tidak bisa berjalan dengan sendirinya. Pengusaha tersebut membutuhkan tenaga kerja yang bisa membantu untuk menjalankan suatu bisnis. Jika perusahaan dikelola dengan cukup besar, maka tenaga kerja yang diperlukan akan lebih banyak. Yaitu usahanya masih bisa dikendali dengan sendirinya.

    1. Pegawai Negeri

    Prospek kerja lulusan bisnis Islam ini anda juga bisa berprofesi sebagai pegawai negeri. Dan anda juga bisa bekerja di berbagai bidang yang terutama di bidang instansi pemeritah dan sesuai dengan kompetensi yang anda miliki. Ada beberapa instansi yang cocok dengan prospek kerja ini yaitu kementerian agama dan kementerian keuangan.

    1. Akademis

    Setelah lulus dari bisnis Islam, anda juga bisa bekerja di tenaga pengajar yang ada di beberapa instansi pendidikan yang berkaitan. Peluang ini akan menjadi tenaga pendidikan seperti sebagai seorang dosen dan pekerjaan ini sangat terbuka lebar bagi anda lulusan bisbis Islam.

    Yaitu suatu kemampuan yang bisa diukur secara tepat karena ilmu pengetahuan tersebut memiliki sifat pasti dan bisa diuji tentang kebenarannya. Ukurannya bisa berbentuk nilai ataupun sering juga dikatakan dengan prestasi akademik.

    1. Perusahaan Swasta/BUMN

    Bagi anda lulusan bisnis Islam, anda juga bisa bekerja di perusahaan swasta BUMN, dan juga bisa bekerja di berbagai bidang perusahaan dan sesuai dengan kompetensi yang anda miliki.

    Nah, dari ke lima prospek lulusan Bisnis Islam ini adalah tempat yang cocok bagi anda lulusan jurusan ini, artikel di atas menjelaskan setiap prospek kerja yang ada.(Nanda)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Jurusan Bisnis Islam
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar