Prospek Kerja Jurusan Sosiologi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sosiologi adalah program studi yang mempelajari tentang interaksi antar manusia yang berpengaruh pada struktur organisasi atau sosial pada masyarakat. Pada umumnya, mereka ini akan mencari penyebab dari perubahan yang terjadi di masyarakat, kemudian mengkajinya, setelah itu baru diberikan solusi.

    Sosiologi mencangkup hal yang luas. Banyak program studi yang berkembang seperti Sosiolagi Ekonomi, Sosiologi Lingkungan, Sosiologi Industri, Sosiologi Pembangunan dan lain-lain. Jurusan ini sangat cocok bagi kamu yang suka dengan penelitian yang mengharuskan kamu terjun langsung kelapangan.

    Bagi kamu yang telah masuk ke jurusan ini namun masih bingung pekerjaan apa yang kiranya bisa ditekuni oleh lulusan Sosiologi, kami akan membuka pemikiran anda mengenai prospek kerja jurusan Sosiologi  yang bisa anda lakoni, sebagai berikut :

    1. Instansi Pemerintah

    Di pemerintahan sendiri banyak yang membuka lowongan kerja bagi mahasiswa lulusan sosiologi. Contohnya seperti Departemen Sosial, Bappenas atau Bappeda, Depdiknas, Deptan dan masih banyak lagi. Kamu akan ditempatkan di bidang pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan kamu. Kamu bisa naik posisi atau jabatan, namun diperlukan kualifikasi gelar.

    1. Advice Worker

    Advice worker bertugas memberikan saran serta informasi tertentu yang rahasia kepada klien yang berhubungan dengan masalah-masalah pada masyarakat. Seorang advice worker biasanya juga berlaku sebagai penasihat yang mencangkup permasalahan hukum serta masalah keuangan. Tetapi yang lainnya juga ada yang khusus untuk menangani masalah tertentu. Biasanya saran ataupun  informasi yang di berikan bisa dengan email, telepon atau face-to-face. Advice worker bisa bekerja pada pemerintahan maupun swasta.

    1. Konselor

    Konselor merupakan orang yang membantu mengeksplorasi perasaan orang lain berdasarkan pengalaman mereka. Konselor saat membantu kliennya harus mempertimbangkan cara-cara alternatif. Para konselor harus menyediakan waktu mereka untuk mendengarkan keluhan klien yang berbeda-beda. Bukan lah nasihat yang diberikan konselor kepada kliennya, namun membantu untuk membuat pilihan pada permasalahan mereka.

    1. Human Resources Officer

    Tujuan dari human resources officer tidak lain adalah memastikan setiap karyawan berada di posisi atau jabatan yang sesuai dengan kemampuan dan skill dari masing-masing karyawan. Para karyawan juga diberi kesempatan agar dapat meningkatkan kinerja agar tercapai dari tujuan bisnis yang dimiliki perusahaan. Para human resources officer turun langsung dalam perekrutan karyawan baru, pembayaran, negoisasi, kondisi kerja serta karyawan setara hak-hak nya.

    1. Pengajar atau Dosen

    Jika anda ingin menjadi seorang pengajar atau dosen, anda harus menamatkan pendidikan anda hingga S2 terlebih dahulu. Sudah banyak yang menjadi pengajar, anda bisa mengikuti jejak mereka. Menjadi seorang pengajar harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas. Tidak sembarangan orang yang diterima mengajar di kampus-kampus.

    1. Staff SDM

    Anda dapat menjadi staff (SDM) sumber daya manusia jika mendaftar pada perusahaan swasta atau BUMN. Jika anda memiliki keinginan yang kuat dan kepandaian dalam berbahan hal, anda akan mendapatkan pekerjaan yang pastinya dapat anda lakoni dengan baik.

    1. Community Development Worker

    Seseorang yang bekerja pada bidang ini umumnya harus bisa membawa perubahan serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat di daerah tertentu. Mereka-mereka ini selalu  terlibat di dalam ketidakadilan serta proyek-proyek yang dianggap tidak menguntungkan dari berbagai segi di masyarakat sekitar.

    Demikian prospek kerja jurusan sosiologi yang dapat kami paparkan. Semoga pemaparan kami dapat membatu anda mencari minat serta bakat anda yang terpendam.(Taufiq)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Jurusan Sosiologi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar