Tips Cerdas Memanfaatkan THR dengan Tepat

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Tunjangan Hari Raya atau THR menjadi hal ditunggu-tunggu para karyawan di saat menjelang Idul Fitri. THR merupakan pendapatan secara non upah yang harus dibayarkan perusahaan maupun instansi pemerintahan kepada pegawai atau karyawannya jelang hari raya keagamaan di Indonesia. THR harus dibayarkan pihak perusahaan atau instansi pemerintahan setidaknya tujuh hari jelang hari raya.

    Menurut surat edaran Menteri Ketenagakerjaan RI, pemberian THR keagamaan kepada pekerja, atau buruh merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan pekerja atau buruh beserta keluarganya dalam merayakan hari raya keagamaan, seperti Idul Fitri. Sehingga menjadi kewajiban yang harus dilaksanakan perusahaan untuk memberi THR bagi pekerja atau buruhnya.

    Pekerja atau buruh yang telah memiliki masa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih berhak menerima THR sebesar 1 bulan upah dari perusahaan. Sedangkan untuk pekerja atau buruh dengan masa kerja sebulan atau di bawah setahun berhak menerima THR secara proposional berdasarkan penghitungan yang telah ditentukan.

    THR sangat dinantikan para pekerja agar dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hari raya Idul Fitri, seperti membeli baju lebaran hingga makanan yang disajikan kepada keluarga dan tamu di hari lebaran.

    Sayangnya, seringkali THR justru habis untuk sesuatu yang tidak begitu dibutuhkan. Akibatnya, tak jarang seseorang justru harus mengeluarkan biaya lebih untuk menutupi kekurangan dalam memenuhi kebutuhan lebaran. Untuk itu, kepiawaian dalam mengelola pengeluaran THR sangat dibutuhkan agar tidak sia-sia karena sesuatu yang tidak diperlukan.

    Nah, Garuda Cyber Indonesia akan berbagai tips cerdas dalam memanfaatkan THR secara tepat menjelang hari raya Idul Fitri. Berikut tips memanfaatkan THR dengan tepat seperti sudah dirangkum Garuda Cyber Indonesia:

    1. Tentukan Post Pengeluaran Penting

    Saat menerima THR, kebanyakan orang akan berpikir akan memanfaatkannya untuk berburu baju lebaran, terlebih lagi mendekati lebaran banyak diskon yang ditawarkan. Namun, hal ini justru membuat pengeluaran penting lainnya tidak terpenuhi.

    Sebab itu, sebaiknya tentukan dahulu post pengeluaran penting sebelum menggunakan THR untuk berbelanja pernak-pernik lebaran. Post pengeluaran penting yang harus dibayarkan di antaranya zakat, sedekat dan biaya bulanan.

    Dengan menentukan post pengeluaran yang bersifat penting, THR dapat dimanfaatkan secara tepat dan tidak habis begitu saja oleh hal-hal yang sebenarnya tidak diperlukan.

    1. Berbagi ke Keluarga

    Setelah menentukan dan menuaikan pengeluaran penting seperti zakat, sisa THR lainnya dapat Anda manfaatkan untuk berbagai kepada keluarga, seperti orang tua, adik ataupun keponakan ketika Anda

    Momen berbagi THR kepada keluarga ini dapat Anda lakukan ketika mudik. Anda cukup menyediakan pecahan uang kecil untuk dibagikan kepada keponakan-keponakan sebagai THR lebaran.

    1. Berburu Diskon

    Pengeluaran yang penting sudah ditentukan, zakat sudah dibayarkan, dan pecahan uang kecil untuk THR keponakan saat mudik sudah disiapkan. Nah artinya Anda sudah menyelesaikan kebutuhan wajib ketika lebaran. Dengan begitu, sudah saatnya untuk memanjakan diri sendiri dengan THR yang tersisa.

    Anda dapat mengalokasikan sisa THR untuk berbelanja kebutuhan pribadi. Agar mendapat belanjaan yang banyak dan sesuai kebutuhan, Anda dapat memanfaatkan momen diskon yang kerap digelar di pusat perbelanjaan, seperti midnight sale dan berburu diskon di e-commerce atau toko online.

    1. Perbarui Perlengkapan Lebaran Sebelumnya

    Setelah memanfaatkan THR untuk memanjakan diri sendiri, sisa THR dapat Anda gunakan untuk memperbarui perlengkapan lebaran yang digunakan tahun lalu. Misalnya, Anda dapat melakukan modifikasi pada stoples kue lebaran atau pernak-pernik lebaran lainnya.

    1. Investasi

    Kebutuhan lebaran telah dipenuhi, namun THR Anda masih bersisa? Agar tetap aman dari pengeluaran yang tidak diperlukan sebaiknya investasikan uang THR Anda dapat bentuk tabungan atau emas.

    Dengan berinvestasi emas, selain membuat Anda modis saat lebaran, emas menjadi investasi menjanjikan untuk jangka panjang. Terlebih lagi, harga emas kerap mengalami kenaikan.

    Dengan memanfaatkan uang THR secara tepat, Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan THR saat mendekati THR. Melalui pengelolaan yang baik, uang THR dapat Anda manfaatkan untuk hal-hal yang sangat penting dan memenuhi kebutuhan pribadi Anda untuk lebaran. Bahkan, Anda dapat menghemat uang THR hingga usai lebaran.(V0l-Yl)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Cerdas Memanfaatkan THR dengan Tepat
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar