Teknologi Militer Canggih Asli Buatan Indonesia

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Indonesia adalah salah satu negara dengan sistem persenjataan militer yang disegani oleh dunia. Semua alat utama sistem persenjataan atau Alutsista yang digunakan oleh tentara indonesia tak semuanya berasal dari luar negeri, tentara Indonesai juga menggunakan senjata yang dibuat di dalam negeri sendiri. Bahkan teknologi militer buatan Indonesia telah dipercaya dan dipakai oleh Negara lain seperti Singapura, Filipina, Korea Selatan, Rusia, Amerika Serikat dan masih banyak negara lain yang memakai senjata yang dibuat oleh indonesia.

    Kita sebagai warga Indonesia harus bangga dengan teknologi militer buatan dalam negeri sendiri, meskipun belum sehebat sukhoi dari negara Rusia atau pun pesawat tempur dari Amerika. Faktanya, Indonesia juga merupakan negara satu-satunya di Asia Tenggara yang mampu menciptakan pesawat terbang sendiri. Berikut adalah hasil teknologi milite canggih yang berasal dari negara indonesia.

    1. Panser Anoa

    Yang pertama adalah Panser Anoa. Panser Anoa adalah kendaraan yang berlapisan baja buatan Indonesia yang terkenal di dunia. Teknologi seperti Panser Anoa adalah tek salah satu nologi alutsista buatan Indonesia yang paling laris terjual di berbagai Negara. Selain digunakan untuk kebutuhan dalam negeri, Panser Anoa juga diketahui banyak dipesan oleh negara lainnya seperti negara Malaysia dan Negara Oman. Kendaraan tempur sudah teruji dan sering dipakai pada misi perdamaian PBB.

    2. Smoke Warhead

    Smoke Warhead adalah produk militer yang berasal dari Indonesia yang dikabarkan mengungguli produk buatan Rusia dan Amerika Serikat. Smoke Warhead merupakan kepala roket berdiameter 70 mm yang dipakaikan dengan roket pasangan pada pesawat Super Tucano. Smoke Warhead ini berfungsi sebagai memberikan informasi kepada pilot mengenai dimana posisi jatuh roket dengan cara mengeluarkan asap selama dua menit. Perusahaan yang membuat alat ini mengaku telah membuat Smoke Warhead hingga ribuan dan telah mengekspor ke Negara lainnya.

    3. Kapal Cepat Rudal 60

    Kapal Cepat Rudal 60 atau disingkat KCR60 merupakan alutsista buatan yang berasal dari Indonesia yang patut diberi jempol karena kecanggihan dan ketangguhannya. Kapal ini mempunyai panjang 60 meter, lebar 8,1 meter, tinggi geladak 4,85 meter, dan beratnya adalah 460 ton, kapal ini bisa membawa kru sebanyak 55 orang. Meski kapal ini diklaim sangat efisien dalam bahan bakar, ia mampu memberikan tenaga sesuai yang diharapkan. Selain itu KCR60 didesain dengan tahan terhadap hentakan senjata sehingga saat menembakan senjata dari atas kapal posisi KCR60 akan tetap stabil. Kapal ini  banyak dipakai oleh TNI Angkatan Laut untuk melindungi wilayah kelautan Indonesia dari serangan musuh.

    4. Smart Eagle II

    Smart Eagle II merupakan pesawat tanpa awak yang berasal dari Indonesia yang pertama diproduksi oleh PT. Aviator Teknologi Indonesia yang berguna untuk kepentingan Intelijen Indonesia. Pesawat canggih ini dengan mesin 2 tak berdiameter 150cc mampu terbang selama 6 jam. Pesawat ini pertama kali diuji coba di salah satu tempat di pantai selatan Jawa Barat. Hebatnya lagi pesawat ini dilengkapi dengan color TV Camera dan mampu berguna pada malam hari dengan menggunakan Thermal Imaging alias THIS Camera untuk penginderaannya.

    5. Pesawat CN-235 MPA

    Pesawat CN-235 merupakan pesawat yang berjenis Maritime Patrol Aircraft (MPA) yang produksi oleh PT. Dirgantara Indonesia yang menjadi salah satu alutsista yang paling mencari vvvvegara lain. Pesawat asli buatan Indonesia ini dilengkapi dengan sistem peralatan militer yang lumayan canggih di antaranya ialah sistem penjejak panas, radar warning receiver, dan Magnetic anomaly detection system. Selain itu, pesawat ini dilengkapi dengan peluru kendali atau rudal dan torpedo lainnya. Beberapa negara seperti negara Korea Selatan dan Senegal pernah membeli pesawat ini, dan saat ini TNI Angkatan Laut sendiri sudah memakai pesawat ini untuk berbagai keperluan dalam menjaga wilayah Indonesia.(Ilham)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Teknologi Militer Canggih Asli Buatan Indonesia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar