Tips Berpuasa Bagi Orang Penderita Hipertensi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Puasa adalah salah satu kewajiban bagi umat islam, puasa biasanya di laksanakan mulai dari tanggl 1 Ramadhan hingga 1 bulan ke depan, selama berpuasa umat muslim di larang makan dan minum dari waktu imsak hingga waktu azan maghrib, namun di balik itu semua pasti ada keistimewaan yang di dapatkan oleh umat islam yang menjalankan ibadah puasa.

    Tidak hanya keistimewaan berupa pahala saja, berpuasa sangat baik bagi kesehatan tubuh, salah satu nya bagi penderita hipertensi ( Tekanan darah tinggi), biasa nya hipertensi di akibatkan karena terlalu banyak mengonsumsi alkohol, merokok, obesitas atau adanya riwayat keluarga.

    Pada dasarnya penderita hipertensi tetap dapat melaksanakan ibadah puasa selama mereka dapat menjaga tekanan darah mereka agar tetap stabil , adapun tips puasa bagi penderita hipertensi sebagai berikut.

    1. Berbuka Dengan Makanan Sehat.

    Wajib bagi penderita hipertensi untuk selalu mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi dan rendah kolestrol, maka dari itu di saat berbuka puasa di sarankan untuk mengkonsumsi sayur sayuran dan tidak mengkonsumsi makanan yang banyak lemak dan bersantan, karana hal itu dapat menyebabkan tekanan dari akan naik.

    1. Hindari Mengkonsumsi Garam Berlebihan

    Garam adalah salah satu bahan penyedap makanan, jika tidak ada garam rasa makanan itu akan hambar atau bisa saja terlalu manis, namun untuk penderita hipertensi usahakan tidak mengonsumsi garam berlebihan, makanan yang telah melalui tahap fermentasi seperti ikan kaleng, atau makanan cepat saji.

    1. Hentikan kebiasaan meminum kopi dan teh manis

    Bagi kamu pecinta kopi atau teh maka kurangi lah untuk mengkonsumsi itu, ubah lah kebiasaan itu seperti mengantinya dengan meminum jus buah atau jus sayuran, dan perbanyaklah minum air putih.

    1. Perbanyak Konsumsi Buah Dan Sayur

    Selama berpuasa maka perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayur sayuran, buah dan sayuran adalah salah satu makanan yang banyak mengandung zat kalsium yang baik untuk tubuh, karena pada dasarnya zat kalsium dapat menurunkan tekanan darah pada tubuh,­­­­

    1. Rutin Berolahraga.

    Walaupun sedang berpuasa olahraga juga wajib di lakukan, olahraga dapat mencegah timbulnya stroke, serangan jantung bagi penderita hipertensi, dan juga berolahraga juga dapat membuat jantung lebih sehat, usahakan untuk tetap berolahraga walaupun di bulan puasa selama 30 menit per hari, tidak harus melakukan olahraga berat, cukup dengan olah raga ringan seperti marathon atau bersepeda.

    1. Perbanyak Minum Air Putih

    Ketika berpuasa tubuh sering kali mengalami dehidrasi dan menjadi kendala sendiri, maka pastikan tubuh anda selalu cukup menerima asupan air putih cukup baik, momen sahur dan berbuka puasa adalah waktu yang tepat untuk kita dapat menyeimbangi asupan air yang di perlukan oleh tubuh, seperti menerapkan ola 2-4-2 atau lebih jelasnya 2 gelas di saat berbuka, 4 gelas di saat makan malam dan 2 gelas di saat sahur, maka dengan menerapkan system tersebut tubuh anda akan cukup menerima asupan air.

    Selain melakukan beberapa hal di atas pastikan anda juga berkonsultasi kepada dokter selama berpuasa untuk mencegah penyakit penyakit lain akan muncul.(Abrar)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Berpuasa Bagi Orang Penderita Hipertensi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar